Asinan Bogor Ny Yenny buah

Sampe kota Bogor gak nyempetin nyicipin asinan bogor? Yakin??? Gak nyesel?? Abis ngademin otak di Telaga Warna Puncak Bogor, terus lanjut nikmatin bunga sakura di Kebun Raya Cibodas.

Sekarang giliran nyari yang seger di tenggorokan, manjain lidah, menuhin perut… Ini nih kuliner khas bogor yang udah kayak ikon banget buat kota seribu angkot ini. Yes, asinan… Rasanya kagak sah loe ke Bogor kalau belum nikmatin asinan khas Bogor ini.

Kadang emang ada di Bogor bikin kita gagal fokus. Niat hati ni keluar rumah mo makan apa…di jalan sepanjang mata memandang loe bakal di bikin ke grap sama penjaja kuliner lain. Yang bikin loe akhirnya menyerah dan berhenti di tengah jalan. Lupa sama tujuan utama loe di awal.

Gue gak kebayang kalo loe tinggal menetap di sini, tiap hari bawaannya jajan kali ya…Boros donk ya gue…

Aslinya emang terkenal kan kalo Bogor tu surganya kuliner. Dari yang murah meriah ala kaki lima sampe yang beneran berupa restoran seolah gak ada yang gak bikin loe ngiler. Dan kuliner khas Bogor itu emang gak jarang ngelegenda dan beken sampe keluar Bogor.

Makanya, pass gue ke Bogor dan sibuk kuliner sana sini, gue dibilang belum lunasin syarat sahnya piknik ke Bogor. Mo tau kenapa? Gara-gara gue belum jajal kuliner khas Bogor yang satu ini, gak laen gak bukan asinan Bogor.

 

Asinan Bogor Ny Yenny buahOk lah kalo begitu, biar syarat sahnya lunas gue harus cari kuliner asinan yang paling mak nyus se Bogor. Ada banyak banget gaes soalnya, penjual asinan tersebar merata di penjuru kota Bogor, bikin loe bingung yang paling enak dan ngelegenda yang mana.

Dan pilihan gue jatuh ke asinan Bogor Ny Yenny. Lokasinya gak jauh dari terminal Baranangsiang, tepatnya di jalan Bina Marga no 1, daerah Baranangsiang Bogor. Lokasinya juga gampang loe capai kalo loe dateng dari Jakarta, gak jauh dari pintu tol juga.

Asinan Bogor Ny Yenny Interior

Yang baru gue sadarin, ternyata lokasi asinan Bogor Ny Yenny ini tepat di depan sentra wisata kuliner Bogor. Ada banyak kedai dan tempat makan aneka kuliner di daerah ini. termasuk beberapa lesehan Sunda yang juga dikenal mak nyus.

Ini yang punya pinter banget ya cari tempat strategis gini. Lagipula asinan bogor ini sebenernya bukan satu-satunya menu. Kalo loe sampe di tampak muka resto loe bakal baca tulisan kalo tempat ini sebenernya resto. Dan menu asinan cuman salah satu menu andalan. Ada banyak menu lain yang basicnya adalah kuliner khas tionghoa modern.

Asinan Bogor Ny Yenny sayurOk…kita masuk aja bro…ngapain juga gue jadi ngoceh panjang gini..

Di bagian dalem konsep restonya sederhana sih yang semi terbuka. Buat gue mirip sama resto-resto makanan cina tahun 80-90an. Hehehe…tau gak kalo ternyata resto Ny Yenny ini buka  sejak tahun 1980. Dulunya khusus spesialis asinan Bogor, tapi per tahun 1984 jadi pemilik nambahin menu makanan cina dalam daftar. Jadi mungkin desain interior di dalam bukan sepenuhnya kebetulan.

Gue sebenernya ke sini emang mo beli asinan Bogor. Tapi terakhir gue inget, asinan itu asem banget dan bakal gak bagus kalo gue makan pas perut gue kosong. So gue putusin buat ngisi perut dulu sebelum makan asinan. Gue gak pengen jadi bubar acara piknik gue gara-gara salah makan.

Gak gue review ya boss menu makan siang gue ini. soalnya kan gue kesini mo makan asinan Bogor. Tapi yang bisa gue bilang, pilihan di sini lumayan unik, beberapa patut loe jajal soalnya mungkin ga gampang loe cicipin selain di resto ini. Cuman ada beberapa dibandrol lumayan mahal, bahkan sampe di atas 50 ribu perporsinya.

So Skip…

Ok gue kesini mo makan asinan Bogor, jadi karena gue dah ngisi perut, gue coba buat nyicipin menu asinan buah. Jadi ada dua asinan di sini ya gaes, asinan sayur dan asinan buah. Di asinan buah ada sawi, taoge rebus, wortel, kubis dan beberapa sayuran lain. Kalo yang buah, ada nanas, pepaya muda, bengkoang, dondong sampe ada ceremai manisan dan timun.  Ada butiran kacang tanah goreng buat nambah rasa.

Kalo buah dan sayurnya sih sebenernya gak banyak yang beda. Buah nya diiris agak tebel, tapi kerasa banget masih segernya.  Kalo sepenglihatan gue yang sayur seperti  beberapa diolah dulu baru dikemas di toples.

Kalo buah dan sayurnya biasa, terus yang beda apa? Kuahnya bro…ini antara pedas, manis, asin dan asam yang pass banget. Gue dah parno sama asemnya, ternyata asemnya gak sesadis yang gue bayangin. Tetep enak, tapi lebih ringan, ditambah manis yang menurut gue agak lebih dari asinan Bogor yang gue kenal. Pedesnya dapet, lumayan nendang, tapi gak sadis…masih bisa banget ditoleransi lidah gue.

Harga seporsinya sekitar 27 ribu, tapi porsinya juga gede kok, kalo buat cewek mungkin jadi rada kebanyakan. Info yang gue denger, emang harga asinan di resto Ny Yenny ini rada mahal dibanding asinan Bogor lain.

Biar gitu, terbukti kuliner khas Bogor ini masih banyak yang cari, udah jelas kalo rasa di sini emang sesuai dengan harganya. Dari buka jam 9 pagi sampe malem jam 8 malem tempat ini gak pernah kosong. Apalagi kalo weekend, dijamin tempat ini bakal super rame. Seperti tadi gue biang belum lunas piknik ke Bogor kalo belum beli asinan Bogor.

gambar dari berbagai sumber

Asinan Bogor Ny Yenny Balancing Yang Sempurna Dari Pedas, Manis, Asin Dan Asam

Asinan Bogor Ny Yenny Balancing Yang Sempurna Dari Pedas, Manis, Asin Dan Asam