Ayam Bakar Taliwang Pak Udin Khas Lombok

Namanya juga daerah Lombok, kayaknya satu kawasan hobinya makan pedes deh… Ada lombok dimana-mana, maksudnya di makanannya. Tempo hari Piknikman udah cicipin Sate Rembiga Ibu Sinnaseh. Dan sekarang salah satu masterpiece lain dari semua makanan pedes yaitu ayam bakar taliwang Pak Udin.

Ayam Taliwang merupakan hidangan khas Lombok berbentuk sajian ayam utuh, biasanya berukuran agak kecil yang udah dibumbu ungkep aneka rempah bumbu pedes sampe daging ayam empuk dan kuah rempahnya abis meresap ke dalam ayam. Abis itu ayam dipanggang sampe bumbu kering dan ayam kecoklatan.

Hasilnya, ayam bakal kerasa gurih banget, aroma rempah bakal melimpah di sini, sampe kecium begitu ayam bakar taliwang ada di depan mata. Dan rasa pedas bakal kerasa banget di sini. Beruntung bumbu pedas yang dipake biasanya cuman cabe kering dan cabe merah, tanpa rawit. Jadi pedesnya masih bersahabat.

Kalo loe masih suka yang lebih pedes, sajian ayam bakar taliwang Pak Udin bisa ditemenin sama sayuran plecing yang super pedes itu. Atau sama sambal beberuk yang berasal dari campuran sambel, terung mentah sama kacang panjang iris kecil. selintas mirip terancam tapi bukan pake bumbu sambel parutan kelapa tapi sambel plecing.

Ok…kurang lebih gitu gambaran yang namanya ayam bakar taliwang. Biar lebih afdol, loe kudu juga cicipin rasa aslinya di tempatnya langsung. Jadi begitu loe piknik ke Lombok, terutama ke Mataram, pastiin buat cicipin ayam taliwang Pak Udin.

Ada banyak pusat kuliner Lombok yang sajikan ayam taliwang. Tapi yang paling legenda udah pasti gak banyak. Salah satunya ya ayam bakar taliwang Pak Udin ini. Lokasinya di kawasan Cakranegara, tepatnya di JL. Gelatik No. 2B, Cakranegara, Mataram.

Ayam Bakar Taliwang Pak Udin Kuliner Khas Lombok

Dan ternyata lokasinya gak beneran tepi jalan besar, agak nyempil dikit. Tapi gak papa, gak susah juga kok buat loe cari, lokasinya masih terhitung tengah kota banget dan gak terus ngeblusuk banget. Di depannya juga masih jalan aspal besar yang bisa dilewatin mobil. Area parkirnya juga gak kecil banget. Ok lah buat tempat yang jadi jujugan turis.

Cuman tempatnya gak gitu gede. Masih lebih gede dari tempat sate rembiga sih, daya tampungnya jauh lebih banyak. Bentuknya cuman kedai biasa di kawasan ruko gitu. Tapi dari jauh juga udah keliatan ramenya, deretan mejanya sampe nyebar keluar buat nambahin kapasitas. Kalo loe suka udara sepoi-sepoi atau mungkin loe ngerokok, kayaknya pilihan makan di area luar bisa lebih enak.

Ayam Bakar Taliwang Pak Udin Kuliner Lombok

Sekarang bahas sajiannya ya bro…masak bahas kuliner yang dibahas malah tempatnya…

Taliwang di sini bisa disajiin dalam 3 pilihan, dibakar, digoreng atau digoreng truss dibakar. Pilihan yang terakhir bikin sajian ayam bakar taliwang Pak Udin kerasa kering, tapi katanya ayam taliwang kering macam ini makin maknyus rasanya.

Ayam Bakar Taliwang Pak Udin LombokSebagaimana gue bilang, ayam taliwang yang bener gak terlalu pedes, pedesnya ringan aja, sekedar rasa-rasa. Jadi pass ayam bakar taliwang sampe di depan meja loe ternyata emang gak terlalu merah kayak yang dibayangin. Satu porsi itu berarti satu ekor ayam kecil utuh. Karena masih ayam kecil, dagingnya jadi empuk.

Kalo lebih suka ayam taliwang yang bumbunya pedes, loe kudu pesen ayam plecing. Sebenernya ini ayam bakar taliwang Pak Udin, tapi pass proses bakar, bumbu olesnya ditambahin sama sambal plecing. Jadi pass disajiin loe bisa liat berlimpahnya biji tomat dan biji cabe di bumbu kering pada permukaan ayam bakar. Soal rasa dijamin pedesnya makin nendang.

Ayam Bakar Taliwang Pak Udin Khas LombokKurang pedes bro? Tenang aja…gak habis-habis pilihannya buat bikin loe makin ngos-ngosan kepedesan.

Soalnya standarnya, sajian ayam bakar taliwang pak Udin ini emang disajikan sama sambal beberuk yang terdiri dari potongan terung mentah disiram sambel, teruss lalapan timun sama sambel pelala. Ini semacam sambel terasi tapi lebih cair. Cuman biasanya, sambel pelala ini gak begitu pedes, lebih kayak kuah dari ayam taliwang.

Truss  loe bisa nambahin lagi dengan pesen plecing sayuran di sini. Plecing di sini berisi potongan kangkung rebus,tauge panjang rebus sama kacang panjang rebus yang disiram sama sambel plecing, taburan kacang dan serundeng. Kayaknya konsep sambel plecing sayuran di sini disajikan dengan lebih kompleks ya…??

Gimana udah cukup pedes kan?? Ayam bakar taliwang di kedai Pak Udin ini beneran mantap kok bro…gak salah kalo jadi rekomendasi di mana-mana dan jadi pilihan kuliner taliwang yang paling populer di Lombok. Apalagi seporsi di sini harganya cuman 22 ribu aja. Ini asli murah banget buat makanan kuliner khas.

Kesimpulan gue sederhana aja….loe gak boleh lewatin kuliner yang satu ini. Jalan sampe loe nyesel udah jauh-jauh piknik ke Lombok dan gak sempet cicipin masterpiece kuliner Lombok satu ini. Ayam taliwang yang asli Lombok kayak di ayam bakar taliwang pak Udin ini gak bisa digantiin dengan yang loe bisa beli di kedai-kedai kuliner Lombok yang ada di kota loe.

gambar ayam bakar taliwang pak udin berbagai sumber

Ayam Bakar Taliwang Pak Udin Khas Lombok Tantangan Buat yang Hobi Pedes

Ayam Bakar Taliwang Pak Udin Khas Lombok Tantangan Buat yang Hobi Pedes