Babakan Siliwangi

Coba loe semua cerita, apa yang pertama kali kepikir kalo lagi wisata ke kota Bandung? Kuliner kan? Pokoknya apaan aja yang siap isi perut. Gak heran sih, wisata kuliner di Bandung kan emang sesuatu banget. Ehmm…Tapi ternyata ada juga lho wisata alam Bandung.  Namanya Babakan Siliwangi.

Gak banyak yang tau emang sama tempat wisata satu ini. Kalo yang asli Bandung mah paham, yang teu ngerti ya urang tebih…kebanyakan orang mah taunya Bandung itu isinya pusat belanja sama wisata kuliner, factory outlet dan cafe.

Soalnya sebenernya, nih Babakan Siliwangi ini taman kotanya Bandung yang udah ada sejak  jaman penjajahan Belanda. Dulu kala namanya Lebak Gede. Dulunya kayak mo dibuat oase buat kota Bandung, membentang sekitar 3,8 hektar dengan beberapa wahana, mulai dari pemandian air panas Cihampelas sampe kebun binatang. Nahhh…tambah lagi, baru tau kan ada kebun binatang di Bandung?

Lokasi Babakan Siliwangi ini ada di area lembah sungai Cikapundung. Letaknya ya  ditengahnya kota Bandung.  Dikawasan sekitar jalan Tamansari, Lebak Siliwangi, Coblong Bandung.

Beda sama area Ruang Terbuka Hijau yang biasanya, Babakan Siliwangi atau biasa disingkat Baksil ini lebih mirip ama hutan kota. Jadi kalo loe semua kongkow kongkow cantik di sana dijamin berasa teduh dan adem banget.

Tapi ternyata bukan itu alasan tempat wisata alam Bandung ini jadi seru bingit. Sejak awal tahun 2018 kemaren udah dibangun forest walk. Jadi kayak semacam jembatan setinggi 3 -4 meteran gitu yang jadi jalan setapak buat pengunjung nyusurin area hutan.

Babakan Siliwangi Forest WalkTadinya, jalan setapak forest walk Babakan Siliwangi ini cuman sepanjang 600 meter aja. Jalurnya terbagi dua, satu ke arah kebun binatang satu ke arah Sabuga dan taman teras. Tapi belakangan, dua jalur ini disatuin dan jadilah jalur setapak forest walk sejauh 2 km. Katanya sih jalur forest walk ini yang terpanjang di Asia Tenggara.

Jadi penasaran kan kayak apa rasanya nyusurin hutan dengan jalur setapak terpanjang gini? Jajal dunk…jangan cuman penasaran…

Babakan Siliwangi Wisata Alam Bandung

Sekali-sekali kita jalan-jalan nyusurin wisata alam Bandung. Jangan melulu wisata kuliner sama belanja belanji aja. Tapi sebelum mulai jalan-jalan susur hutan kota ini, siapin dulu energi badan loe. Soalnya perjalanan bakal lumayan panjang, kalo gak fit bakal kecapekan juga di jalan. Sayang banget kan loe dah masuk di dalam ga sampe ujung jalur forest walknya.

Teruss satu lagi, bawa bekal!! Paling gak bawa minum sama cemilan lah. Kalo capek kan seru bisa duduk-duduk dulu di dek-deknya jalur forest walk. Dijamin banyak temennya, di sana  rame banget yang sampe niat bawa-bawa tiker plus nasi kotak trus piknik-piknik ala gue gitu…

Babakan SiliwangiNah sekarang kita bahas dulu dimana pintu masuknya gaes. Gerbang masuknya itu di jalan Siliwangi. Tepat di depannya itu ada tembok yang digambar mural gitu. Agak nyaru sih, tapi ada tulisan keterangannya kok.

Masuk ke dalam area Babakan Siliwangi ini gak bayar kok, alias gratis. Jadi cucok lah buat yang pingin wisata tapi lagi tongpes. Masuknya juga gampang, karena ini ruang terbuka untuk umum, jadi masuknya gak pake ribet. Masuk gerbang aja langsung deh keliatan jalur forest walknya dengan pagar kawat yang berwarna hijau itu.

Babakan Siliwangi Alias BaksilBeralaskan dek kayu yang berukuran sekitar 1, 5 meter kita bakal nyusurin hutan dari titik ini. Ada beberapa bagian jalur forest walk yang lurus membentang gitu. Tapi sebagian sih kelok kelok kanan kiri gitu. Jadi nii jalur forest walk ini dibangun dengan menyesuaikan tatanan vegetasi di Babakan Siliwangi sini.

Jadi kalo mentok pohon, jalurnya dibelokin. Kadang malah jalurnya jadi berlubang atau membelah gitu ditengah gara-gara ada tanaman atau pohon yang lewat pass di tengah jalur. Kadang jalur juga naik dan turun gitu ngikutin permukaan tanah dibawahnya.

Asli ini seru banget lho!! Loe gak bakal nyesel biar capek nyusurin hutan. Wisata alam di Bandung kota ternyata juga bisa seasik ini. Soalnya hutannya emang keren banget, masih asri dan tropis banget. Pohonnya rapet dan ragamnya macem-macem. Suasananya teduh banget soalnya seluruh jalur ini seolah berkanopi pepohonan.

Kalau kita beruntung, bisa ketemu sama macem-macem jenis burung dan hewan lain mulai dari tupai sampe serangga. Kadang tupai tau-tau melintas aja di depan kita. Siap-siap kaget deh…

Sensasional banget kan? Gak tiap hari kan loe bisa nyusurin hutan dengan semudah dan senyaman ini. apalagi pemerintah lokal juga menjamin keamanan pengunjung dalam hutan dengan menyebar forest ranger gitu buat jaga keamanan.

Asal loe gak nekad lompat turun dari dek jalur forest walk dan gak ngusilin binatang di area hutan sih kayaknya loe bakal aman-aman aja di dalam. Pastikan juga ya ga sembarangan buang sampah, kita harus ikutan menjaga kebersihan dan kelestarian wisata alam Bandung ini kan?

gambar forest walk babakan siliwangi dari berbagai sumber

Begini Rasanya Menyusuri Forest Walk Babakan Siliwangi Alias Baksil

Begini Rasanya Menyusuri Forest Walk Babakan Siliwangi Alias Baksil