bakmi jawa mbah mo kuliner jogja

Kuliner malam di Jogja emang gak ada duanya. Tadi siang Piknikman abis menelusuri wisata Kotagede, malamnya pengin makan yang seger-seger. Ada banyak kuliner malam di Jogja yang kasih loe pengalaman rasa yang beda. Setidaknya ini yang gue rasain beberapa waktu lalu. Pas gue dapet kesempatan buat nyicipin bakmi jawa mbah Mo di kawasan Bantul.

Lokasinya emang lumayan jauh dari tengah kota. Kalo kata orang Jogja, tempatnya mblusuk banget.  Tepatnya di Jalan Parangtritis Km 11, Dusun Code, Trienggo, Bantul. Sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota titik 0 Malioboro.

Tapi banyak banget orang yang dengan sukarela berkendara lumayan jauh ke selatan cuma demi bisa nyicipin kuliner satu ini. tempat ini konon hampir gak pernah sepi pengunjung. Kalo bakmi jawa mbah Mo ini gak enak rasanya mustahil kan?

Bakmi jawa sendiri emang punya rasa yang lumayan beda. Bakmi yang selama ini kita kenal sebagai makanan oriental, disuguhkan dengan rasa yang njawani banget. Gue bukan ahli rasa, tapi emang gue yakin ada yang beda dari resep bakmi jawa ini sama bakmi yang biasa loe kenal.

Ada yang pekat di bumbunya, sampe mienya sendiri keliatan lebih basah. Rasanya juga lebih anget di perut, makanya bakmi jawa lebih sering dijual buat kuliner malam di Jogja. Enak kan nikmatin yang anget-anget gurih di tengah udara dingin Jogja malam.

Warung bakmi yang udah berdiri sejak tahun 1986 ini, malah dikenal jadi langganan banyak penjabat kalo pada dateng ke Jogja. padahal menurut sang empunya kedai, dulu kawasan bakmi mbah Mo ini sepi dan banyak hutan.

bakmi jawa mbah mo wisata kuliner bantul

Beruntung ada banyak bantuan promosi yang ngenalin usaha ini ke banyak kalangan. Sejak tahun 1990, usaha ini maju pesat banget. Gak cuman di kalangan pejabat, banyak wisatawan asing yang datang jauh-jauh ke Bantul karena dapet rekomendasi untuk kesini.

Apa sih yang bikin bakmi jawa mbah Mo ini beda? Rasanya dan bumbunya ternyata emang lain dari kebanyakan pilihan bakmi jawa di pasaran. Mbah Mo sengaja membuat bakminya gak terlalu manis, dan gak ditambahin kecap. Juga gak pake tomat dan merica.

bakmi jawa mbah mo wisata kuliner jogja

Karena gak pakai kecap, bakmi jawa di sini keliatan lebih pucat, malah terkesan kekuningan karena bakmi jawanya pake telur bebek yang biasanya emang punya kuning telur lebih pekat. Dan rasanya juga lebih gurih, karena telur bebek emang rasanya jauh lebih gurih dari telur ayam biasa. Mereka lihai banget ngolahnya, sampe rasanya sama sekali gak ada amisnya.

Rasa yang gak manis ini juga disukai konsumen. Karena banyak pengunjung dari luar Jogja tidak terlalu suka dengan kuliner Jogja yang lazimnya emang terasa lebih manis. Dan bakmi jawa mbah Mo ini sesuai dengan selera mereka.

bakmi jawa mbah mo mie goreng bakmie godogMie yang dipake untuk mie jawa ini juga pilihan, mereka secara khusus menggunakan jenis mie kuning tertentu yang kerasa lebih kenyal dan lebih legit. Ditambah potongan ayam kampung yang juga dikenal lebih legit, gak heran kan kalo bakmi jawa mbah Mo ini makin yahud rasanya.

Gue pribadi suka sama racikan bakmi mbah Mo ini. Gurihnya pekat banget, mienya kerasa basah dan nyemek, dan aromanya kuat banget. Mie rebusnya juga disajikan pake kuah yang kental dan pekat. Baru juga jadi kita dah ngiler sama aroma harumnya yang enak banget. Mienya besar dan kenyal, jadi makin bikin bakmi jawa ini kerasa enak.

bakmi jawa mbah mo kuliner jogja

Menurut sang empunya usaha, generasi kedua dari pemilik bakmi jawa ini, resep dari bakmi jawa racikan Mbah Mo ini asli dan gak ada perubahan. Aslinya ini adalah resep dari kakak mbah Mo yang sudah duluan jualan di kawasan sekitar Pojok Benteng.  Sang kakaklah yang mendorong mbah Mo untuk menekuni usaha bakmi jawa ini, dan sukses sampe sekarang.

Cara masak di sini juga masih pertahanin cara lama dengan tungku arang. Suasana kedai juga masih kerasa banget klasiknya. Kerasa banget konsep kedai ini sederhana dan tradisional. Justru suasana pedesaan ini yang bikin usaha ini  makin melegenda.

bakmi jawa mbah mo kuliner bantul

Buat nyicipin bakmi jawa mbah Mo ini loe juga gak harus ngorek kantong dalem-dalem. Harganya bersahabat banget menurut gue. Satu porsi mie gorengcuman kena harga 27 ribu dan kalo rebus cuman 21 ribu. Ditemenin teh gula batu yang rasanya seger banget itu dengan harga sekitar 7 ribuan.

Caranya buat jajal kuliner malam di Jogja  ini gimana? Loe bisa lewat jalan Bantul, persis depan Pojok Benteng kulon (barat). Sampe di ring road selatan masih dilanjut terus ikutin jalan Bantul sampe perempatan jalan Pramuka ada tanda suzuki Bantul di perempatan.

Terus ikutin jalur sampe ketemu pertigaan trirenggo. Dari sini akan terlihat plang penanda menuju lokasi bakmi jawa mbah Mo.  Agak susah sih, tapi kalo dah dicoba gak sesulit itu juga. Cuman ya tadi udah gue bilang, kata orang Jogja, tempatnya mblusuk…

gambar dari berbagai sumber

Bakmi Jawa Mbah Mo Kuliner Jogja Yang Melegenda

Bakmi Jawa Mbah Mo Kuliner Jogja Yang Melegenda