Bakso Cuanki Serayu Kuliner Khas Bandung

Untuk bisa menikmati Bakso Cuanki Serayu orang rela ngantri berjam-jam. Apa sih rahasianya? Apa benar seenak itu sehingga orang-orang pada rela ngantri?! Yuk ikuti penelusuran Piknikman!

Tadi Piknikman abis nyobain teropong bintang Observatorium Bosscha di Lembang, terus jalan-jalan menyusuri Forest Walk Babakan Siliwangi alias Baksil. Nah, sekarang saatnya wisata kulinerrrrr…..

Eh, sebelum lebih jauh… Loe tau bakso cuanki kagak? Bukannya apa sih… Bagi sebagian orang yang tinggal di luar Bandung dan sekitarnya, Bakso Cuanki masih terdengar asing. Kalau bicara bakso yang akrab di telinga ya Bakso Malang dan Bakso Wonogiri.

Padahal bakso cuanki merupakan salah satu kuliner khas Bandung yang populer banget. Kalo buat gue sih kuliner khas Bandung ini agak-agak ngingetin gue sama sajian bakwan malang ya…

Cuman perbedaanya, karena ada aroma ikan di kuahnya, rasanya jadi lebih gurih. Kaldu bakso cuanki emang ditambahin kaldu tulang ikan. Tapi aroma ikan di kuah sama sekali gak bikin Bakso Cuanki Serayu ini terasa amis. Mungkin karena kandungan bumbu di dalemnya bisa meminimalisir rasa amis dari kaldu ikan.

Isinya ada apa aja? Dalam satu mangkok bakso cuanki ada: bakso, semacam aci goreng, bakso goreng, tahu goreng sama siomay goreng.

Bakso Cuanki Serayu Kuliner BandungIni juga kayaknya bisa dibilang setipe kayak kuliner batagor yang lazim jadi jajanan ala urang Bandung. Cuman kali ini pake kuah. Karena berkuah, Bakso Cuanki Serayu ini malah jadi lebih seger dan cocok banget buat nemenin loe nongkrong di kota Bandung yang adem.

Infonya sih, makanan ini aslinya tu masakan orang tionghoa yang diadaptasi ke kuliner khas Sunda. Di masa tahun 60an, banyak penjaga bakso cuanki keliling yang aslinya dipunyai juragan tionghoa. Nah, pak Kusno salah satu penerus kuliner khas bandung ini lantas mencoba buka kios kecil bakso cuanki ini tahun 1990an. Awalnya kios kecil aja, sampe akhirnya sekarang jadi penjaja bakso cuanki tertua di Bandung.

Bakso Cuanki Serayu Kuliner Happening Bandung

Bakso cuanki di Bandung lumayan banyak, di kota ini cuanki lumayan banyak penggemarnya. Tapi Bakso Cuanki Serayu ini yang paling happening dan paling ngelegenda. Kuliner khas Bandung ini populer banget, sampe kalo loe sambangin tempatnya, loe bakal liat antrian panjang di depan kedai.

Kebayang gak sih cuman mo makan bakso cuanki aja sampe loe kudu ngantri-ngantri gak jelas. Antriannya aja bisa ngebentuk line sampe lebih dari 20 orang. Dah kayak antri sembako aja ya gaess… Gak kebayang kan? Ini beneran cuman ada di Bakso Cuanki Serayu!

Bakso Cuanki Serayu AntriMalah kalo bisa loe dateng berombongan. Jadi biar bisa ada yang pesen, ada yang parkir dan ada yang cari kursi. Biar antrinya gak lama-lama banget. Loe juga disaranin buat dateng lebih awal, meski secara tertulis dibilang tempat ini tutup jam 8 malem. Soalnya sering banget belum ada jam 8 malem Cuanki Serayu udah ludes. Apalagi kalo weekend, jam 5 aja udah habis-habisan gak tersisa.

Apa sih rahasia dari Bakso Cuanki Serayu sehingga orang rela ngantri? Kenapa kuliner khas Bandung ini bisa sehappening ini?

Bakso Cuanki Serayu Kuliner Khas Bandung

Pertama karena porsinya Cuanki Serayu yang gak pelit sama sekali. Dengan harga 17 ribu aja, loe dapet semangkuk penuh bakso cuanki lengkap. Ukuran tiap bagian, mo bakso, bakso goreng, pangsit, siomay goreng dan lain sebagainya gak ada yang kecil. Jadi makan semangkuk aja rasanya udah kenyang dan puas banget.

Truss rasanya gaess… ini nih yang legenda banget. Makanya bisa sukses bertahan lebih dari 20 tahun. Dari tahun 90an sampe sekarang rasa Bakso Cuanki Serayu masih ‘garang’ banget. Aci goreng di sini udah dicampur sama daging ikan dengan rasa yang gurih dan sama sekali gak ada amis amisnya. Bumbunya juga pass dan aromanya enak menggugah selera.

Bakso Cuanki Serayu Makan

Pokoknya emang juara sih menurut gue Cuanki Serayu ini. Lazim aja kalo sampe orang rela antri-antri buat icipin ini kuliner khas Bandung.  Gue juga sempet intip-intip review di google so far so good lah…

Nama Cuanki Serayu sendiri emang diambil dari kata Serayu tempat awal usaha ini berdiri. Tepatnya berdiri di jalan Serayu no Cihapit  Bandung. Bakso Cuanki Serayu juga buka satu cabang lain, masih di pusaran pusat kota Bandung. Lokasinya  di jalan Mangga  no 20 – 22 Cihapit bandung barat. Keduanya masih berlokasi di kawasan tengah kota, jadi gampang aja buat disambangin.

Kalo loe dateng ke cabang utamanya yang di jalan Serayu loe bakal mudah ngenalin dari tempatnya dari warna jingga kuning yang khas di kedainya. Di area luar juga loe temuin beberapa deret kursi dan meja buat pengunjung yang pengen nikmatin bakso cuanki di udara bebas.

Sayangnya, kedai Cuanki Serayu terbilang agak kecil dan gak punya tempat parkir yang layak. Bisa gue bilang praktis area parkir dari kedai ini cuman manfaatin area tepi jalan Serayu ini. Untung aja jalan Serayu gak terlalu rame.

Biar gitu gue harus akuin, kedai kuliner khas Bandung ini gak pernah sepi pengunjung.  Kendaraan roda dua dan roda 4 bakal keliatan berderet sepanjang jalan, dan biasanya semua itu pengunjung Bakso Cuanki Serayu. Kalo mereka aja rela ngantri panjang buat cicipin cuanki khas Serayu ini, masak loe gak coba juga?

gambar dari berbagai sumber

Resep Rahasia Kesuksesan Bakso Cuanki Serayu

Resep Rahasia Kesuksesan Bakso Cuanki Serayu