Museum Serangga Taman Mini Indonesia Indah

Sebenernya gue udah pernah ngulas soal Taman Mini Indonesia Indah, kalau loe belum baca, silakan klik Mengenal Wajah Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah.  Tapi susah emang kalo kita coba ceritain asiknya jalan-jalan ke Tempat yang juga dikenal TMII ini dalam satu kali ulasan. Kayaknya buat bisa ngewakilin semuanya tentang tempat ini perlu beberapa kali bahasan deh.

Jadilah kali ini gue mo coba ungkap deretan museum yang ada di dalam Taman Mini Indonesia Indah. Dari laman resmi TMII yang gue sempet buka, sebenernya ada seenggaknya 18 museum yang berdiri di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah.

Agak cengok juga gue, apa sanggup gue masukin 18 museum sekaligus gitu. Tapi gak papa gue akan coba ulas sekilas-sekilas kayak apa isi dari masing-masing museum dalam Taman Mini Indonesia Indah ini.

Museum Indonesia

Ini salah satu museum yang menarik perhatian, desain bangunan ala kerajaan Bali bikin museum mudah dikenalin. Konsep yang gue tangkep, museum ini jadi ruang pamer tradisi dan budaya khas berbagai daerah di Indonesia secara general. Jadi ada pakaian daerah, rumah adat, karya seni kerajinan dan beberapa hal berbau tradisi lainnya.

Museum Purna Bakti Pertiwi

Museum ini semacam ruang pamer koleksi cinderamata pribadi dari sosok Soeharto, mantan presiden kedua Indonesia. Beberapa koleksi bukan di dapat Pak Harto dari kunjungan luar negeri tapi koleksi pribadinya sendiri sebagai penggemar kerajinan tradisional Jawa. Kalo loe masuk ke dalemnya loe bakal dibuat kagum dengan betapa kerennya koleksi pribadi Pak Harto ini.

Museum Komodo

Museum ini menonjol banget dengan desain bangunan seperti replika komodo. Ini salah satu museum yang paling gampang dikenalin. Di bagian mata Komodo sebenernya jadi semacam gardu pandang buat liat TMII dari ketinggian. Sedang di dalamnya sebenernya lebih sebagai museum hewan. Ada seenggaknya 150 macam hewan awetan yang dipajang di sini. Firasat gue isinya akan mirip sama museum zoologi di Bogor.

museum komodo taman mini indonesia indah

Museum Pusaka

Museum unik dengan desain setengah piramid ini dibuat untuk pamerin beragam senjata dan barang bernilai lain yang berkaitan sama sejarah dan budaya Indonesia. Museum ini katanya nyimpan berbagai senjata tradisional khas seenggaknya dari 26 propinsi di Indonesia. Yang bikin gue takjub, loe beneran bisa nemu beberapa senjata yang konon bertuah beneran dari era Majapahit, kerajaan Sunda dan Siliwangi juga dari kerajaan lain di Indonesia.

Museum Perangko

Ide dasarnya adalah mengumpulkan beragam jenis perangko dari berbagai sumber dari masa ke masa. Ada yang sadar gak kalo sebenernya perangko itu juga bukti sejarah. Ada tokoh dan peristiwa yang kadang sengaja dicetak dalam perangko untuk semacam penghormatan. Dan di sini kita bisa telusurin semuanya. Yang bikin gue sedih, menurut gue museum ini gak keurus. Padahal koleksinya udah keren lho.

museum peraga iptek taman mini indonesia indah tmii

Museum Peraga IPTEK

sekilas gue rasa ini idenya mirip dengan museum taman pintar yang ada di Jogja. gue belum pernah masuk ke taman Pintar, tapi dari gambaranya kayaknya mirip. Soalnya museum ini menghadirkan koleksi beragam alat peraga IPTEK dari yang simpel sampe yang rumit. Menurut gue sih ini bagus banget disambangin sama pelajar SD, SMP atau SMA.

Museum Keprajuritan

Desain ala-ala benteng kerajaan Eropa bikin gue kepikat duluan. Di dalemnya loe bakal nemu beragam diorama, dan banyak petilasan masa perjuangan kemerdekaan Indonesia dari masa ke masa. Sebenernya agak mirip dengan diorama di Monas sih. Yang mencuri perhatian di sini adalah dua kapal tradisional khas Nusantara , kapal Pinisi dari Bugis dan kapal tradisional Banten yang gue gak afal namanya.

museum keprajuritan taman mini indonesia indah tmii

Museum Bayt Alquran

Museum ini lebih untuk memuat semua peninggalan sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Ada banyak koleksi menarik di sini, kayak Quran raksasa, Quran Braille, sampe Quran tertua di Indonesia dan Quran paling kecil di Indonesia. Gue yakin loe gampang nemuin museum ini, soalnya letaknya paling depan.

Museum Serangga

Seperti judulnya, museum ini jadi ruang pamer beragam jenis serangga yang diawetin. Termasuk beragam kupu-kupu, kumbang, lebah, capung dan masih banyak lagi. seenggaknya koleksinya sampe 600an buah. Dan yang bikin tambah bagus di sini juga ada sangkar raksasa yang berisi aneka kupu-kupu hidup cantik.

Museum Serangga Taman Mini Indonesia Indah

Museum Timor Timur

Dulunya ini tuh anjungan Timor Timur sebelum mereka berubah jadi negara Timor Leste. Setelah pisah, tempat ini diubah jadi museum buat mamerin koleksi lama TMII tentang budaya dan tradisi Timor Timur. Jadi sekilas konsepnya tetep kayak anjungan, cuman karena udah gak mewakili keberadaan propinsi lagi maka statusnya diubah jadi museum.

Museum Asmat

Kayaknya TMII kasih perhatian khusus untuk masyarakat Papua. Ada anjungan Papua yang udah pamerin koleksi dari tanah Papua. Eh ada lagi museum asmat yang lagi-lagi berisi koleksi barang kerajinan khas Papua. Tapi emang di museum yang masih satu kompleks sama taman bunga Taman Mini Indonesia Indah ini punya koleksi yang lebih lengkap.

museum asmat taman mini indonesia indah

Museum Hakka

Museum ini dibangun untuk menghormati keberadaan masyarakat Tionghoa di Indonesia. Jadi di museum ini jadi ruang pamer beragam koleksi lama dan baru masyarakat Tionghoa terutama kalangan Hakka, kelompok etnis tertentu dari Tionghoa. Di sini juga ada ruang khusus yang ceritain gimana masyarakat Tionghoa masuk Indonesia.

Museum transportasi

Museum ini dibangun oleh kementrian perhubungan untuk jadi ruang penyimpanan koleksi dunia transportasi di Indonesia dari masa ke masa. Museum ini sebenernya keren banget, dengan koleksi kendaraan yang banyak banget. Cuman beberapa tempat kurang keurus juga. Mungkin karena dibawah pengawasan kementrian terkait, jadi malah gak seprofesional kalo diurus langsung sama manajemen Taman Mini Indonesia Indah.

Museum Penerangan

Dulunya museum ini dibawah departemen penerangan. Dan sekarang udah beralih ke Depkominfo sebagai pengganti. Sama dengan museum transportasi, konsep dari museum ini adalah untuk mamerin perjalanan sejarah dunia pemberitaan dan informasi di Indonesia.

Selain beberapa museum di atas, di Taman Mini Indonesia Indah juga loe bisa temuin museum-museum lain yang sayangnya gak begitu populer dan jarang disambangin pengunjung. Beberapa museum itu antara lain museum telekomunikasi, museum Olahraga, museum Migas juga museum Listrik dan Energi.

Moga-moga aja pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah  untuk museum-museum ini bisa dimaksimalin lagi. Sayang kan kalo museum dengan koleksi penting macam gini di keurus dan mulai lapuk ke makan jaman. Dan gue yakin kalo dipromosiin dengan baik, museum-museum dalam Taman Mini Indonesia Indah ini bakal tetep diminatin. Jaman sekarang dateng museum juga gaul kan gaes.

gambar berbagai sumber

Beragam Koleksi Museum Di Taman Mini Indonesia Indah Nan Memukau

Beragam Koleksi Museum Di Taman Mini Indonesia Indah Nan Memukau