curug bidadari bogor

Kawasan Sentul ternyata emang nyimpen banyak keseruan buat kita liburan. Salah satunya yang bakal kita sambangin kali ini. Namanya Curug Bidadari, sebuah air terjun alami di kawasan bentang tebingnya Sentul Bogor, yang udah dikelola profesional sama Sentul Paradise Park jadi lebih komersial dan modern.

Meski gue bilang modern, gak lantas kawasan curug kehilangan kesan alaminya. Curug alias air terjun ini tetap keren dan natural sebagaimana awalnya. Cuman dengan sedikit sentuhan jadi lebih ramah untuk kita sambangin. Intinya jadi gak terlalu perawan lah maksudnya. Jadi kalau lagi nikmatin wisata Bogor, selain The Jungle Waterpark dan Taman Wisata Matahari, loe juga kudu ke air terjun Bidadari ini!

Sejak di kelola profesional, curug Bidadari Bogor ini berganti nama jadi Air Terjun Bidadari Sentul Park. Kalo menurut peta letaknya di tenggara sejauh 20 km dari Sentul Sirkuit. Kalo dari Jakarta jarak tempuhnya bisa sampe 3 jam.

Cukup masuk tol Jagorawi, keluar di kawasan Gunung Putri truss masuk ke arah Jalan Bojong Koneng dan masuk ke dalam kawasan Sentul Paradise Park. Dari sini ikutin aja papan petunjuk karena lokasinya sedikit ngumpet di tengah persawahan dan pemukiman. Beruntung pengelola udah bikin akses menuju Curug Bidadari Bogor ini jauh lebih nyaman buat dilaluin.

Truss kayak gimana penampakan Curug Bidadari Bogor ini? gue bilang sih keren banget. Pengelola dengan pintar tetap mempertahankan unsur alami dari curug dengan sejumlah fasilitas yang bikin liburan kita tetep nyaman.

Curug ini sendiri tingginya sampe 50 meter dengan arus air yang lumayan kenceng. Air terjun jatuh di kolam berukuran lebih kecil dan seolah tersembunyi di balik batu raksasa. Dan omong-omong, tuh batu raksasa ternyata asli original, sudah ada dari sananya. Malah tadinya gak terbelah, tapi sekarang terbelah untuk lewat jalur pengunjung. Belahan batu ini dibuat tangga buatan untuk pengunjung bisa mendekat ke kaki air terjun.

Sentul Paradise ParkDi depan batu raksasa ini dibangun kolam besar dengan kedalaman beragam. Ini jadi kolam yang dipakai untuk berenang pengunjung. Ada persewaan ban baik untuk anak-anak atau untuk orang dewasa sekedar buat bisa mengambang di air kolam. Dari kejauhan kolam berbentuk seperti bulan sabit karena emang dibangun ngikutin lekuk dari batu raksasa yang ngelengkung.

Tepat di atas kolam besar ini ada jembatan buat pengunjung yang gak pengen berenang di kolam tapi pengen jajal mendekat ke kolam utama dimana air terjun jatuh. Ini yang menurut gue bikin tempat ini berkesan banget, kita lewatin jembatan dan undakan yang membelah batu raksasa. Lumut-lumut yang padat di sekitaran tebing bikin kesan lebih cantik pada tebing dimana air terjun berada.

curug bidadari bogorAda jembatan lagi yang tepat ada di atas kolam utama. Jadi loe gak harus selalu basah-basahan nyebur kolam kalo pengen mendekat ke air terjun. Paling sedikit basah kena embun yang muncul di sekitar air terjun aja.

Dari sisi lain jembatan ada seluncuran yang dibuat khusus menyambungkan antara area tebing yang tinggi ke kolam besar di depan batu raksasa. Seluncuran ini tinggi sekitar 7 meter keliatannya. Lumayan lah buat seru-seruan bareng.

air terjun bidadariBuat pengunjung juga disediain wahana Flying fox tepat di sisi kiri kolam besar. Lokasi flying fox bisa loe capai dengan naik tebing landai di sisi kiri kolam. Dimulai dari tempat yang lumayan tinggi, pengunjung bisa nikmatin cantiknya Curug Bidadari Bogor dari atas.

Yang asiknya lagi menurut gue, tempat ini juga udah terfasilitas dengan sangat baik. Pengelola sengaja bangun kawasan gubuk-gubuk penjaja kuliner dan camilan di sekitar area kolam dan air terjun. Susunan gubug lagi-lagi dibuat ngikutin lekuk kolam, jadi keliatan melengkung.

Wisata Bogor Curug Bidadari SentulGubug kedai makanan dibuat terkesan tetap alami, dengan material bambu, anyaman dan ikatan ijuk. Jadi sama sekali gak ngerusak suasana alami dari Curug Bidadari Bogor. di sisi lain ada beberapa gazebo dengan desain serupa untuk tepat istirahat para pengunjung. Tiap gazebo disewakan dengan harga 200 ribuan untuk tiap 2 jam. Ada juga gazebo besar dengan tarif sewa 300 ribu per 2 jam.

Kita bisa sewa gazebo ini sejak di pintu masuk.  Di sini kita bakal dikenain tiket masuk Curug Bidadari Bogor 20 ribu di hari biasa atau 30 ribu di hari libur plus biaya sewa gazebo kalo emang berminat. Tapi dari info yang gue dapet antar sesama pengunjung, mereka bilang tiket di sini bisa sampe 40 ribu atau 50 ribuan kalo lagi musim liburan.

Di bagian kanan area kolam ada dua bangunan bambu yang ketutup. Ini adalah aula dengan kapasitas 100 orang sama 700 orang. Jadi bisa juga bakal tempat gathering or kumpul keluarga bareng  di sini.

Yang sedikit menyulitkan mungkin cuman karena lokasinya di kaki tebing. Loe kudu turun dulu menyusurin jalan setapak landai buat sampe ke area kolam dan air terjun. Buat orang tua jalur semacam ini mungkin akan melelahkan. Tapi buat kita yang berjiwa muda, tempat seru dan alami macam Curug Bidadari gini, layak banget jadi obat stress yang seru.

gambar curug bidadari bogor berbagai sumber

Curug Bidadari Bogor Air Terjun Dengan Fasilitas Terbaik

Curug Bidadari Bogor Air Terjun Dengan Fasilitas Terbaik