danau segara anak wisata lombok

Selain Wisata Pantai Lombok, kawasan Lombok juga punya sebuah gunung berapi yang jadi salah satu simbol dari kawasan kepulauan ini. Tiap tahun ada ratusan ribu orang datang berkunjung ke puncak tertinggi Nusa Tenggara Barat ini. Tapi sebagian bukan menyambangi puncak Rinjani, tapi danau Segara Anak.

Danau Segara Anak ini adalah danau hasil proses pembentukan vulkanis dari gunung Rinjani. Jadi awal mulanya ini tuh semacam kaldera dari gunung Rinjani yang terendam air hujan dan ngebentuk danau alami. Dalamnya mencapai 230 meter dengan ukuran luas kurang lebih 11 km persegi. Dan berada di ketinggian 2.008 mdpl.

Makanya buat bisa sampe di kawasan danau Segara Anak ini kita kudu mendaki kawasan gunung Rinjani. Ini yang mungkin jadi tantangan buat wisatawan. Tapi uniknya, meski menantang tempat ini beken banget buat disambangin turis, mo yang lokal atau yang asing.

Masih pada inget kan jaman gempa kemaren sampe ada yang kejebak di kawasan danau Segara Anak ini ratusan orang. Ya katanya sih emang segitu banyaknya yang dateng tiap waktunya ke danau dataran tinggi ini. Saking kerennya, danau ini sempet nampang di mata uang tahun 98, masih pada inget gak???

Pass gue bilang ini menantang, ternyata tantangannya gak sembarangan gaes. Tempat ini baru bisa loe capai dengan berjalan kaki mendaki 2 hari. bukan di jalur yang nyaman, karena lebih tepatnya kita membelah hutan Rinjani.

Di mulai dari desa bernama Senaru, ini nyusurin jalur menuju kawah yang udah gak terlalu aktif. Dari puncak kawah ini kita bisa liat kok posisi danau dengan sangat jelas.  Loe yang suka daki bakal ngebuktiin sendiri, apa yang dibilang orang sebagai salah satu rute pendakian terbaik di Asia. Pemandangannya bikin loe berasa kecil di dunia ini. ada banyak banget bentang alam super keren yang patut loe syukurin ada di Indonesia.

danau segara anak

Sebenernya sih, di puncak kawah ini baiknya gak turun dulu langsung ke danau, tapi nikmatin dulu suasananya. Justru di kawah  ini bagian terbaik dari pendakian. Bagus kalo loe sampe di saat cuaca cerah, loe bisa liat Bali dan gili trawangan dari sini. Termasuk puncak gunung Agung di kawasan Bali Timur.

Kalo loe mau bisa juga naik lagi ke puncak gunung berupa area berkarang bernama puncak Dewi Anjani.  Dari sini udah jelas pemandangannya lebih dahsyat, termasuk loe bisa nikmati matahari terbit or tenggelam yang gak ada duanya, di ketinggian 3.726 mdpl.

danau segara anak wisata lombok

Nah dari puncak ini loe kudu turun dikit buat bisa mendekat ke danau Segara Anak. Di sekitaran danau dan kawah ini loe bisa coba buat kemping beberapa hari. banyak banget tenda yang dibangun di sekitar area ini, karena emang bentuknya lapang dan landai, jadi kondusif buat loe kemping.

Di salah satu sudut danau ada satu gunung kecil yang jadi puncak kawah aktif baru dari Rinjani.  Karena bentuknya yang seolah terpisah dari gunung utama, puncak ini dikasih nama tersendiri, jadi gunung Barujari. Beberapa orang menganggapnya anak gunung Rinjani.

danau segara anak wisata alam lombokDari tepi danau loe bisa nikmatin gunung kecil yang diem-diem sangar ini. Kalo loe inget beberapa waktu lalu rinjani sempet sedikit bergejolak, sebenarnya gunung kecil inilah yang berulah. Rinjaninya sih aman-aman aja, puncaknya juga gak sedikitpun berubah.

Selain menikmati anak gunung Rinjani, loe di sini juga bisa mancing. Loe boleh mancing dan bawa alat pancing loe. Konon ikan-ikan di sini rasanya lebih enak, seger dan gede-gede. Loe juga bisa berenang, suhu air di saat siang gak sadis banget, sekitaran 20o sampe 30oc. Jadi masih cukup bersahabat di kulit kita.

danau segara anak gunung rinjani

Di sekitar danau masih banyak satwa liar, tapi kebanyakan emang meninggalkan area yang banyak dirambah manusia. Jadi jarang bisa kita temuin di sekitar track resmi. Tapi asli lho gue gak nyaranin loe buat masuk kawasan di luar track resmi soalnya rawan ilang.

Untuk loe tau, sekitar danau banyak jurang, goa dan tebing-tebing. Jadi rawan banget loe ilang di dalam celah-celah pegunungan gini. Walau beberapa celah bisa loe samperin karena emang udah dibuka tracknya.  Loe bisa samperin beberapa goa, kayak goa susu, goa payung dan goa manik. Ada juga track menuju air terjun yang bersumber juga dari sungai-sungai danau Segara Anak.

Di sini juga ada beberapa sumber air yang kalo menurut kepercayaan suku Sasak dianggap bertuah.  Masyarakat setempat percaya air dari danau Segara Anak  memiliki manfaat menyembuhkan. Masyarakat lokal juga biasa berkunjung ke danau Segara Anak ini untuk aktivitas semacam tirakat dan peribadahan Hindu lokal.

Saran gue sih, kesini jangan pas hujan gaes. Track menuju danau Segara Anak ini lumayan curam dan licin di beberapa tempat. Gak yakin safe kalo loe lewatin pass musim hujan. Lagipula hujan-hujanan di ketinggian 2000 meter loe yakin???

gambar berbagai sumber

Danau Segara Anak Melihat Indahnya Indonesia Dari Ketinggian

Danau Segara Anak Melihat Indahnya Indonesia Dari Ketinggian