Gili Meno Wisata Lombok

Inget bahasan gue soal Gili Air dan Gili Trawangan? Kali ini gue mo bahas soal pengalaman gue di tiga Gili yang terakhir, yaitu Gili Meno. Gak lama sih gue mampir ke Gili Meno, tapi lumayan lah buat gue ceritain ke loe semua.

Kalo yang loe cari adalah ketenangan, suasana yang sunyi dan damai atau nuansa romantis, kayaknya emang Gili Meno lebih pas buat loe pilih. Di sini emang jauh lebih sepi dari 2 Gili lain. tempatnya juga lebih tenang, lebih sediki t penduduk dan gak ada nuansa hingar bingar.

Tapi jangan takut, di pulau yang ada di tengah antara 3 Gili ini tetap ada deretan fasilitas lengkap kayak yang loe liat di Gili Trawangan dan Gili Meno. Jadi aktivitas liburan loe tetep nyaman dan gak garing.

Loe dengan mudah nemuin deretan penginapan yang nyaman dan berkonsep alami dekat dengan alam. Beberapa penginapan dibuat dalam konsep cottage yang punya jendela-jendela besar dan langsung berhadapan sama laut. Bahkan beberapa dengan cantiknya ngebingkai panorama sunset dan sunrise dari jendela kamar.

Konsep penginapan di sini kebanyakan memiliki nuansa privat. Gak salah sih, soalnya emang kebanyakan orang yang dateng ke sini sengaja datang buat cari ketenangan. Beberapa adalah pasangan bulan madu yang cari waktu privat berdua.

Gak cuman kamar-kamarnya yang kerasa lebih privat. Kawasan pantainya sendiri juga terasa lebih privat. Ini karena pengunjung di sini emang lebih dikit. Mungkin kebanyakan turis lebih suka pantai yang rame dan berukuran besar macam di Gili Trawangan daripada pantai sepi dan kecil seperti di Gili Meno.

Gili Meno Lombok

Biar dibilang paling kecil dari 3 Gili, pulau ini tetap punya pemandangan yang gak ada duanya. Pemandangannya cantik banget, lengkap dengan pasir putihnya yang landai dan berbulir sangat halus. Dan justru karena kecil ini pantai di Gili Meno cuman butuh waktu sekitar 1,5 jam buat bisa nyusurin seluruh garis pantainya.

Di sini juga ga ada kendaraan bermotor. Dan kalo loe turis dan butuh bawa alat atau bawaan banyak enaknya bawa pake andong yang dalam bahasa sasak bernama Cidomo. Di beberapa bagian juga gak dilengkapi sama layanan listrik memadai. Sedih juga ya pulau secantik ini kok ya ga ada listriknya.

Gili Meno Wisata LombokMeski ukurannya lebih kecil , piknik ke sini sama sekali gak bosenin. Karena di sini juga ada beberapa daya tarik yang jutru gak loe temuin di Gili-gili yang lain. termasuk di antaranya pesona bawah airnya yang cantik.

Meski ukuran taman airnya gak segede yang di Gili Air, di sini ada penangkaran penyu. So loe dengan leluasa bakal ketemu penyu yang berenang di samping loe pass lagi diving di sini. Bahkan penyu dengan mudah melintas di bawah loe pass loe jajal snorkeling di perairan Gili Meno

Gili Meno Wisata Patung Lombok

Atau pengen liat langsung gimana penangkaran penyunya? Boleh banget kok. Jadi di salah satu sisi dari Gili Meno terdapat area telaga air asin luas. Gak jauh dari sana itu loe bisa temuin area penangkaran penyu.

Penyu-penyu anakan di sini dibesarkan dalam akuarium raksasa. Kita bebas buat ngeliat keberadaan penyu-penyu anakan ini, asal gak ganggu apalagi sampe dipegang-pegang dan dimainin. Nantinya kalo dah siap, penyu-penyu kecil ini bakal dibebasin ke lautan lepas. Makanya loe bakal mudah banget liat penyu berenang di sekitaran perairan Gili Meno.

Gili Meno Wisata Pantai Lombok

Kalo puas liat-liat anakan penyu, loe bisa mampir sekalian ke telaga di tengah pulau. Cuman di Gili Meno loe bisa temuin telaga cantik gini di tengah pulau.Telaga ini cantik banget, dikelilingin sama rimbun tanaman perdu dan terkesan tenang banget.

Suasananya emang agak sepi, tapi kalo loe liat satu dua orang keliatan mondar mandir di dak kayu yang dibuat untuk lalu lalang pengunjung. Justru suasana sepi ini nih yang jadiin tempat ini disukain buat nenangin diri. Juga buat jadi spot romantis banyak pasangan yang dateng ke sini.

Masih gak jauh juga dari telaga ini loe bisa susurin jalan setapak buat sampe ke Gili Meno Bird Park. Loe bisa tanya sama penduduk lokal kalo bingung arah. Dijamin mereka bakal bantu loe dengan ramah, mereka udah biasa ngebantuin wisatawan seperti gini kok.

Back to taman burung gaes, taman burung ini sebenernya dibangun oleh pribadi dan bukan oleh penduduk atau pemerintahan lokal. Taman ini punya pendatang asal Australia yang milih menetap di sini. Beliau punya puluhan koleksi burung yang dipelihara baik di sebuah kurungan raksasa. Dan sengaja dibuka umum buat pengunjung.

Si pemilik juga punya kandang rusa dan kandang buaya air asin yang sengaja juga dibuka untuk umum bagi pengunjung pulau. Gak jauh dari kawasan taman burung berdiri juga penginapan yang masih dimiliki sama orang yang sama.

Sebagaimana dijelasin tadi, kawasan Gili Meno ini emang lebih tenang dan kerasa damai. Gak ada bar-bar yang buka 24 jam, dan bisa dibilang hampir gak ada kehidupan malam penuh hingar bingar di kawasan ini. Yang banyak malah spot-spot cantik romantis yang bikin pulau kecil ini juga jadi favorit pasangan bulan madu.

Jadi kalo yang loe semua cari labuhan buat nemuin tempat yang tenang, damai dan kerasa romantis, maka Gili Meno jelas layak jadi pilihan.

gambar berbagai sumber

Menikmati Gili Meno Yang Tenang, Sunyi Dan Romantis

Menikmati Gili Meno Yang Tenang, Sunyi Dan Romantis