kebun binatang ragunan gajah

Kalo loe semua lagi pengen liburan di kota Jakarta aja dan males buat perjalanan luar kota, coba deh jajal buat jalan-jalan liburan ke kebun binatang Ragunan. Meski lokasinya cuman di dalam kota, tempatnya tetep keren  dan sejuk layaknya hutan kota. Apalagi ada banyak binatang yang juga bakal bikin liburan loe makin seru.

Kadang kalangan gen Z suka males banget buat liburan ke kebun binatang Ragunan ini. kalo kalangan menengah sih malah tertarik biasanya, soalnya sambil ajak anak liburan kan? Anak mana sih yang gak girang diajak ke kebun binatang?

Padahal ya, ga ada jeleknya loh kalopun loe masih muda dan pengen jajal liburan ke sini. Bukan buat nengokin sodara ya boss…hehehe…tapi emang tempat ini aslinya nyenengin banget. Tempatnya super teduh, saking rapetnya tanaman di sini. Kadang kalo cuman ujan ringan aja gak kerasa soalnya gak nyampe tanah.

Tempatnya juga asli super duper luas, kebayang aja luasnya sampe 140 hektar. Jadi kita bakal lumayan olah betis kalo nyusurin semua kawasan. Koleksinya juga gak dikit, kalo dari data terakhir sih sekitar 2000 satwa.

Gak cuman berisi arena kandang yang jadi pusat aktivitas di kebun binatang Ragunan ini. ada beberapa wahana tambahan yang lucu juga dijajal. Ada wahana primata buat belajar lebih banyak soal primata.

Zona primata ini sengaja dibangun seolah primata lagi tinggal di dalam habitat aslinya. Jadi kesannya emang kayak alam bebas gitu. Ini yang unik, karena kita juga berinteraksi langsung sama primata yang udah jinak. Dijamin anak-anak bakal senang, atau bakal jerit jerit…hihihi…

kebun binatang ragunan burung pelikan

Di depannya zona Primata juga ada area refleksi yang biasanya sih disukain sama para bapak yang udah super pegel nemenin anaknya keliling kompleks Ragunan.  Ini tuh kayak formasi batuan tumpul yang ditempel di lantai. Batuan tumpul ini bakal kasih efek pijakan refleksi kalo diinjak. Lumayan loh…kan emang pijat refleksi dibilang sehat buat badan?

kebun binatang ragunan onta

Adalagi, zona lain yang ramah anak, namanya taman satwa anak. Di zona ini dikumpulkan satwa satwa yang sekiranya udah jinak dan bisa diajak berinteraksi sama anak anak tanpa bahaya. Di sini juga ada kolam gede diisi sama ikan Arapaima gigaz. Itu…ikan super gede asal Amazon…

kebun binatang ragunan gajah

Tips Liburan Seru Di Kebun Binatang Ragunan

Nah kalo loe dah mutusin buat main dan wisata ke kebun binatang Ragunan ini, ada tips-tipsnya biar liburan loe lancar dan ga ada masalah. Apa ajakah itu?

Naik angkot aja

Kalo loe ke Ragunan pake kendaraan pribadi sih sebenernya gak ada larangan. Cuman kadang kalo loe dateng di waktu liburan, susah banget dapet parkirannya. Soalnya di sini mendadak kayak lautan manusia gitu. So udah paling enak deh pake jalur trans aja, duduk manis langsung sampe.

Trans Jakarta jalur koridor 6 itu jurusan Ragunan – Dukuh lewat depan kebun binatang Ragunan. Bayarnya yang jelas super murah cuman Rp 3.500. atau coba aja jajal Commuter line. Turun stasiun Pasar Minggu truss naek angkot KWK S15A sampe deh depan Ragunan.

Datang pagi

Lokasi di dalam kebun binatang ini super luas, ada ribuan binatang, kebayang kan berapa lama loe harus menyusurin semuanya sampe puas? Jelas gak mungkin Cuma 1 apa 2 jam. Jadi kalo loe kesiangan sampe sini, ya pasti aja gak bakal puas. Soalnya tutup cuman sampe jam  4 sore aja.

Padahal kebun binatang ini buka dari jam 6 pagi. Loe gak papa deh piknik sarapan pagi di sini. Tapi bisa puas puas jalan-jalannya. Lagian kalo pagi kan belum panas, meski ada beberapa titik tu rindang banget ada juga yang agak panas kalo siang. Kalo berangkat pagi kan bebas panas, jadi makin nyaman jalan-jalannya.

kebun binatang ragunan Jerapah

Baiknya sih jangan di musim hujan

Namanya juga arena taman terbuka, kalo ujan ya udah pasti kebasahan deh. Mo bawa payung juga mungkin hilang sudah kenyamanannya. Makanya paling enak ya wisata ke kebun binatang Ragunan gak pas musim hujan.

Lagian beberapa jenis hewan tu malah sukanya ngumpet kalo lagi ujan. Emang loe aja yang pengen berteduh kalo ujan. Hewan juga ogah kali ujan-ujanan, sapa yang mo ngerokin mereka ntar? Hehehe…

Cari cara hemat energi

Jalan nyusurin kawasan seluas 140 hektar dengan rute yang keliling-keliling emang bakal bikin loe capek. Jadi kalo kayaknya loe udah lemes atau emang niat hemat energi coba buat sewa sepeda aja. Atau naik kereta keliling yang bayarnya juga cuman murah. Dari pada pulang dari kebun binatang Ragunan kakinya encok kan?

Bayar pake kartu e-money Jakcard

Pernah denger kartu Jakcard? Itu tuh semacam kartu e-money terbitan bank DKI. Di Jakarta dah mulai ya beberapa venue dibuat lebih praktis dengan pembayaran pake e-money gini. Termasuk di antaranya ya masuk kebun binatang ini. kalo gak ada bisa beli kok di loket khusus dengan harga 30 ribu, dengan saldo 20 ribu dan biaya kartu cuman 10 ribu.

Tapi kalo gak punya dan ga pengen beli juga ga papa sih, bayarnya juga cuman murah. Rp 4000 buat dewasa dan Rp 3000 buat anak-anak. Biaya tambahan kaya sewa sepeda juga cuman Rp 10.000 sampe Rp 15.000 aja. Ada lagi naik kereta keliling yang cuman Rp 7.500. Beberapa hewan juga siap ditunggangin cuman dengan biaya murah sekitar Rp 7.500 aja, murah meriah kan masuk kebun binatang Ragunan?

gambar dari berbagai sumber

Tips Rahasia Liburan Seru Di Kebun Binatang Ragunan

Tips Rahasia Liburan Seru Di Kebun Binatang Ragunan