kebun raya cibodas gede pangrango

Kebun Raya Cibodas lebih keren dari Kebun Raya Bogor? Apa bener?! Apa aja yang bikin keren Kebun Raya botani Cibodas? Ada apa aja di dalamnya? Yuk ikuti perjalanan Piknikman!

Selama ini kalau denger kata kebun raya kebanyakan orang bakal inget sama kebun raya Bogor yang sebelahan sama Istana kepresidenan. Padahal tidak jauh dari Bogor adalagi kebun raya yang gak kalah keren, lokasinya deketan sama gunung Gede Pangrango. Namanya kebun raya Cibodas.

Beda dengan kebun raya di Bogor kota, kebun raya satu ini lebih berkonsep taman botanikal. Kawasannya juga lebih unik soalnya berkontur berbukit. Jadi bakal lebih seru kalo loe coba jelajahin semua. Apalagi lokasinya lumayan luas, sekitar 80 hektar.

Kebon raya Cibodas ini udah berdiri sejak jaman Belanda. Sebenernya dulunya emang dibuat sebagai cabang dari kebun raya Bogor. Yang dirikan namanya  Johannes Elias Teijsmann, seorang ahli Botani Belanda. Konon dulunya lokasi ini dibangun buat perkebunan Kina. Itu tu tanaman buat obat malaria. Emang di masa kolonial kan Indonesia masih jadi endemik malaria yang parah gitu.

Tapi rupanya kawasan Cibodas ini gak cocok buat ditanemin sama Kina. Udaranya terlalu lembab dan dingin. Lokasinya juga di ketinggian 1.275 mdpl, dan udaranya bisa sampe ke suhu 17oC. Kina yang ditanam gak berhasil tumbuh. Sampe akhirnya kawasan ini malah dialihkan jadi kebun botani.

Bertahap, tanaman di kebun raya Cibodas ini ditambah terus. Jadi sekarang kalo loe dateng ke sana loe bakal dimanjain sama beragam jenis kompleks botani, termasuk juga koleksi tanaman sebanyak 5.831 tanaman dari 1.206 jenis tanaman.

kebun raya cibodas taman sakura

Di dalam rumah kaca juga ada lagi koleksi tanaman langka dunia. koleksinya sampe 4000 jenis tanaman. Pokoknya kalo yang suka wisata alam sambil nambah pengetahuan puas deh jalan-jalan di sini.  Ada seenggaknya 350 jenis koleksi kaktus sama 360 jenis anggrek.

Kalo yang disamperin cuman rumah kaca mah kurang seru. Loe kudu puas-puasin sambangin semua lokasi wisata lain. Mulai dari auracarua Avenue, air terjun Cibodas, kebun sakura, air mancur, danau dan masih banyak lagi. Loe juga bakal nemuin koleksi tanaman tua yang umurnya dah ratusan tahun. Ada juga taman lumut dan paku yang bakal bikin loe takjub sendiri.

kebun raya cibodas gede pangrango

Ngomong-ngomong soal kebun sakura, yang satu ini jelas gak boleh loe lewatin. Di sini ada seenggaknya 435 pohon sakura yang gak kalah cantiknya sama musim semi di Jepang. Malah di sini lebih keren, soalnya di kebun raya Cibodas ini bunga sakura bakal mekar dua kali setahun. Pas bulan Januari –Februari sama bulan Juli- Agustus. Ini gara-gara perbedaan cuaca, suhu sama kelembaban udara.

Ada juga area hutan buatan dengan tanaman yang rada rapet kayak hutan beneran gitu. Di sana tanaman paku juga rapet di sekitar jalan setapak. Rasanya bakal beda banget suasananya. Kesan lebi syahdu bakal kerasa, apalagi loe juga bakal nangkep kecantikan cercah sinar matahari di celah-celah pohon-pohon tua itu.

kebun raya cibodas koleksi kaktus langkaTerus di tengah area taman loe bakal nemu aliran sungai dangkal yang asik buat mainan air. banyak pengunjung malah jadiin sungai pendek ini jadi jalan setapak. Jadi jalan-jalan nyusurin kawasan kebun raya sambil kaki direndem air.

Kalo menurut gue sih, jalan-jalan sehari aja  di sini gak bakal cukup deh buat bisa puasin nyambangin semua tempat di kebun raya Cibodas ini. saking banyak dan luasnya lahan di sini. Apalagi lokasinya keren banget, karena emang di kaki gunung Gede Pangrango yang berkelok. Jadi suasananya sejuk dan tenang banget.

kebun raya cibodas bunga sakura

Apalagi tempatnya juga nyaman banget buat liburan bareng. Loe bisa ajak temen-temen deket loe segank, atau loe ajak keluarga loe. Gelar tiker di padang rumput sambil piknik dibawah pohon yang rindang itu bareng-bareng dijamin bakal bikin loe gak pengen pulang.

Alamat dari kebun raya Cibodas ini di desa Cimacan, kecamatan Cipanas, Cianjur. Cuman beberapa kilometer aja dari pusat kota Bogor. Jadi walau udah masuk kawasan Jianjur masih banyak dianggap sama orang sebagai daerah wisatanya Bogor.

kebun raya cibodas curug ciismunKalo loe mo nyambangin  kebun raya Cibodas ini, loe kudu ngendarain mobil sekitar 1 – 2 jam perjalanan. Sayangnya lokasi sini gampang banget macet, apalagi kalo lagi musim liburan.  Sebenarnya jaraknya gak jauh, dari kota Jakarta ke arah perkebunan teh di puncak Pass. Terus sampe di pertigaan Paragajen, pilih arah ke Cibodas. Gak jauh dari sana loe bakal liat kok pintu gerbangnya yang gede banget itu.

Kalo dari kota Bandung, loe kudu berkendara dulu sampe daerah Cimacan, tepatnya di RSU Cimacan. Dari sana, ikutin jalur utama sampe ke pertigaan Paragajen. Dan kembali ikutin petunjuk pertama tadi.

Buat catatan ya yang pada pengen ngunjungin kebon raya Cibodas, masuk ke Kebun raya Cibodas bakal kena biaya 16 ribu. Dan jam buka dari kebun raya satu ini antara jam 08.00 – 17.00 WIB.

Eh…ada info nih, kalo loe dateng pas tanggal 11 April kawasan wisata ini bakal kasih tiket gratis. Hari itu adalah ultahnya si kebun raya keren ini. So…loe bisa bebas menyusuri kebun raya Cibodas yang seru ini tanpa biaya seharian. Asik kan?

foto kebun raya cibodas dari berbagai sumber

Kebun Raya Cibodas Lebih Keren Dari Kebun Raya Bogor?

Kebun Raya Cibodas Lebih Keren Dari Kebun Raya Bogor?