pantai depok jogja

Ada waktu singkat buat liburan sebentar ke Jogja dan gue pengen cari tempat liburan yang serba lengkap di mana ya? Semalam Piknikman abis menelusuri sisi romantis Jalan Malioboro Jogja yang terkenal itu. Sekarang gue cari wisata alam, yang bisa sambil kulineran dan seru buat disambangin. Dan according salah satu mas-mas petugas hotel, gue dikasih saran buat jalan ke Pantai Depok.

So berdasar info mas-masnya tadi, Pantai Depok ini adalah kawasan pantai di daerah Bantul yang terkenal sebagai pusat kuliner dan pasar ikan. Lokasinya gak seberapa jauh dari Pantai Parangtritis, Lokasi pantai malah sebenarnya masih satu garis lurus, tepat berurutan Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai kecil Sewu Cemara dan terakhir Pantai Depok. Membentang dari arah timur ke barat.

Buat sampe ke sana juga kita cuman perlu ngikutin jalur menuju arah Parangtritis. Di Jogja kita mudah banget kok buat sampe ke kawasan wisata ini. jalan menuju Parangtritis udah dikasih nama dengan sebutan jalan Parangtritis atau dalam bahasa lokal disingkat jadi jalan Paris. Telusurin aja jalan ini sampe di gerbang masuk.

Dari sana gak jauh ada jalan ke kanan bertulis jalan Depok. Ikutin jalan ke kanan ini sampe kita temuin gerbang pantai Depok. Beruntung gue ke sini gak lagi musim liburan. Soalnya konon jalan ini bakal super padet kalo loe lewatin di musim liburan. Kawasan sekitar Parangtritis ini masih jadi destinasi populer buat turis yang ke Jogja.

Begitu masuk ke dalam kawasan Pantai Depok, hal pertama yang dengan mudah loe sadarin adalah pantai ini emang ramai banget dengan deretan warung makan dan kedai-kedai seafood.  Beberapa bergerumul di bagian tengah, dan beberapa langsung berhadapan sama ombak laut selatan.

Di bagian depan gak jauh dari pintu gerbang loe bakal ketemu sama bangunan besar terbuka yang ternyata jadi pusat pelelangan ikan. Kalo loe beruntung loe bisa dapet ikan dengan ½ harga dari harga di pasar. Bisa loe bawa pulang or loe minta masakin sekalian di lokasi.

pantai depok

Karena gue gak berkepentingan buat bawa ikan pulang, so gue mutusin langsung cari tempat makan yang letaknya berhadapan langsung sama laut selatan. Lumayan berangin duduk sila di lesehan kedai seafood ini. Tapi kayaknya di sini seninya.

Ada banyak penjaja layang-layang di sini. Itu bukti kalo emang di sini emang anginnya kenceng dan cocok buat maen layangan. Gue pernah denger sih kalo kawasan sekitar Parangtritis ini emang anginnya mantep. Ada  kawasan paralayang gak jauh dari sini yang jadi bukti nyata tentang itu.

pantai depok wisata bantul yogyakarta

Sekilas gue duduk di sini, seorang mbak-mbak udah nyambangin gue dengan daftar menu. Seperti dugaan, menu di sini udah jelas menu serba seafood.  Random aja gue pilih beberapa menu udang, cumi dan ikan. Kalo gak random gini gak tau rasanya kan bro?

Sebelum mbaknya masuk lagi ke dalam, dia sempet minta gue buat jalan-jalan aja dulu soalnya bisa lama. Ok..karena feeling gue kayaknya emang bakal lama, mending gue nurut aja sama mbak-mbaknya. Lagian gue belum laper-laper amat juga.

pantai depok jogja

So jadilah gue coba menjejakan kaki lebih dalam ke pasir hitam Pantai Depok. Ini yang unik dari pantai Bantul, tepatnya kawasan Parangtritis. Mungkin karena jadi muara sungai-sungai dari Merapi, kawasan pantai di sini pasirnya hitam berkilau gitu. Beda banget sama pasir di pantai Gunungkidul yang putih. Biar berpasir gelap, pasirnya lembut banget dan lumayan bersih. Kawasan pantainya juga landai, tapi kawasan kulinernya dibuat tinggi dengan tanggul mungkin buat menghindari kalo ombak selatan lagi rada garang.

Kawasan pantainya luas banget dan bentuknya lurus membentang. Konon karena luasnya area pantai ini loe bisa nikmati sunset dan sunrise sekaligus di tempat ini. Sayang gue dateng kesini kurang sore, jadi gak bisa liat sunset deh kayaknya.

pantai depok kuliner yogyakartaGue sempet utak-atik Google di sini, lumayan juga kawasan ini ternyata bukan area bebas sinyal.  So gue sempet nemu info soal landas pancu yang ada di sisi timur pantai. Kepo donk gue kayak apa tuh landas pacu yang konon suka buat tempat tongkrongan penggemar dirgantara di Jogja.

Dengan naik sewaan ATV yang banyak loe temuin di sini, gue coba jajal nyusurin kawasan Pantai Depok ini sampe ke sisi timurnya. Dan bener, ternyata di ujung timurnya ada area terbuka dengan landas pacu yang lumayan panjang, sekitar 400 meter.

pantai depok wisata jogja

Berhubung gue kesana udah agak sore, jadi disana udah mulai banyak orang kumpul. Tempat ini jadi semacam tempat uji terbang para penggemar pesawat mini.  Beberapa kali gue liat gimana canggihnya pesawat-pesawat replika ini terbang cuman dengan dikendalikan remote.

Keren sih…kapan-kapan gue mo cari ah tempat tongkrongan penggemar dirgantara gini di Jakarta. Apa gue ikutan sekalian ya? Kayaknya seru juga…

Ups…keasikan liat pesawat mini, tau-tau perut gue bunyi. Artinya gue emang kudu balik lagi ke kedai makan yang tadi. Waktunya makan gaes…maaf ya gue gak ngajak-ngajak…hehehe…

Pesan gue ya gaes…inget-inget bener tempat makannya, soalnya ternyata setelah gue balik lagi, tempat makan di sini rada mirip-mirip, gue sempet keder yang mana kedai yang tadi gue pilih. Untung mbaknya ngenalin gue…

Dan untung lagi, pilihan menu makanan yang gue tunjuk tadi Ok punya. Soal rasa gak istimewa banget, tapi ikannya pass seger jadi rasanya enak banget. So…kulineran dan piknik singkat gue ke Pantai Depok ini berakhir dengan sempurna.

gambar pantai depok berbagai sumber

Kuliner Pantai Depok Jogja Sajian Seafood Segar Yang Menggoda

Kuliner Pantai Depok Jogja Sajian Seafood Segar Yang Menggoda