museum angkut malang

Museum angkut Malang, satu lagi wahana wisata yang wajib hukumnya loe sambangin kalo loe lagi liburan ke Malang. Jangan cuman jalan-jalan ke jatim park aja dunk, kota ini juga punya museum yang keren banget dan fenomenal banget.

Dapet info kalo ternyata museum angkut Malang ini masih ada dalam satu grup sama perusahaan pengelola Jatim Park, bikin gue mahfum kalo museum ini beda banget dari museum yang pernah gue datengin sebelumnya.

Dan keistimewaan ini yang bakal gue share ke elo semua gaes. Gimana rasanya bertualang kecil di dalam museum ini berasa lagi bertualang di negeri dunia film. Mungkin itu sebabnya museum yang umurnya baru genep 4 tahun ini gak pernah sepi pengunjung. Biar dikata tiketnya tergolong mahal dibandingkan museum lain, sekitar 70 ribu di weekday dan 100 ribu di weekend.

Kalo loe mulai nginjekin kaki di kawasan museum seluas 3,8 hektar ini loe baru sadar, apa yang gue maksud dengan museum ini beda. Yups…penataan dari museum ini beda banget dari museum kebanyakan yang terkesan serius. Museum angkut Malang, mengedepankan konsep artistik dan kekinian dalam hal penataan ruang.

Yang gue maksud dengan kekinian udah jelas adalah fotogenik dan instagramable. Jadi setiap sudut dalam museum ini rasanya cocok banget loe jadiin latar foto selfie loe di Instagram. Perpaduan warna, desain dan dekoratif di dalamnya kena banget dan cantik banget.

Dan gak cuman dekorasinya yang keren dan kekinian, koleksi dari museum ini juga lengkap banget. Terbagi dalam 9 zona plus dua zona tambahan, museum angkut Malang ini tercatat punya koleksi sampe 525 jenis kendaraan.

museum angkut batu malangSemua koleksi ini terbagi dalam 9 zona ruang pamer dengan tema-temanya masing-masing. Dan 9 zona ini antara lain Hall utama yang diisi dengan resume semua kendaraan dari era ke era. Ada beberapa koleksi berharga kayak helikopter RI pertama, kereta kuda dari beberapaa kerajaan sampe model-model kendaraan aneh dari jaman dulu.

Di sini juga dibuat replika jembatan Golden Gate lengkap sama mobil-mobil kuno yang langsung nyambung ke area edukasi yang berisi informasi transportasi dan game-game transportasi.

museum angkut wisata malang

Di lantai 2 museum angkut Malang, ada zona alat transportasi yang jadi ruang pamer koleksi kendaraan-kendaraan kuno jaman dulu, terutama di Jawa Timur. Truss naik ke lantai 3, ada ruang terbuka di atap yang berbentuk serupa kayak bandara. Di Zona airport ini ada replika pesawat, beberapa fitur pesawat yang bisa loe jajal dan ada resto yang dibuat seolah dalam kabin pesawat.

Lanjut dari area bandara buatan ini loe bakal langsung turun dan ketemu area terbuka yang disulap ala-ala film cina kuno. Ini dikasih nama zona pecinan dan zona Sunda Kelapa yang emang mengangkat tema Jakarta tempo dulu. Loe bakal berasa habis melalui perjalanan waktu kalo sampe di zona ini.

museum angkut malang

Perjalanan loe lanjut ke area lain dari museum angkut Malang ini, namanya gudang batavia. Di sini loe bakal liat koleksi segala jenis mobil kuno dari masa ke masa. Alih-alih terkesan kayak gudang, suasana di sini malah disulap kayak loe lagi ada di film ala-ala mafia tahun 20an gitu.

Di zona ini loe bakal ketemu sama replika jalan Broadway, itu tuh jalan populer di New York yang dianggap ikonik banget. Di kanan kiri jalan broadway ala tahun 20an ini loe bisa belanja belanji makanan, camilan, or mungkin jajal beli souvenir lucu.

museum angkut batu

Lanjut bro…masih jauh perjalanan kita…

Tadi udah jalan-jalan ke New York tahun 20an, sekarang kita diajak jalan-jalan ke Eropa, dan masih dalam suasana ala-ala tempo dulu. Orang Malang kayaknya emang keranjingan yang vintage-vintage. Dari makanan tempo dulu macam es krim oen, sampe museum yang bergaya ala-ala tempo dulu, ada semua di sini.

Zona Eropa ini menurut gue agak lebih rumit karena ada beberapa desain dari berbagai belahan Eropa di hadirkan sekaligus di sini. Makanya area ini rada luas dari yang lain. Mulai dari Perancis, Italia sampe Jerman.

Ada replika bangunan macam menara Eiffel, menara Pissa, tembok berlin sampe gedung istana Buckingham. Di sini lagi-lagi kita bakal dikenalin sama kendaraan khas dari kawasan ini di masa lalu.

Dari kawasan ini kita bakal diajak balik lagi ke kawasan Amerika. Seolah lagi diajak jalan-jalan keliling dunia ya? Kali ini ke Las Vegas dan Hollywood. Ada banyak replika yang dibuat di sini untuk ngegambarin suasana kedua kota itu. Not bad sih, sayang area ini sempit banget…

Last…kita bakal masuk ke lorong kereta api. Kereta ini bakal gerak-gerak seolah lagi beneran dalam kereta. Dari sana kita bakal masuk ke pasar apung Nusantara  yang rada mirip-mirip sungai buatan gitu.

Bisa dibilang ini cara museum angkut Malang merepresentasikan tradisi transportasi di Indonesia, termasuk di luar Jawa yang familier sama konsep pasar apung gini. Loe bisa belanja belanji lagi di sini, soalnya ini bukan replika pasar, tapi emang area pertokoan yang kudu loe susurin pake kano yang bisa loe sewa dengan harga 10 ribu.

Kalo ada waktu, di area ini ada museum topeng yang bakal pamerin aneka koleksi topeng dari berbagai kawasan di Indonesia. Ada koleksi klasik dan bersejarah juga yang bisa loe liat di sini, kayak Quran  berumur 400 tahun dan singgasana kursi kerajaan Singosari yang dulu emang berkedudukan di Malang. Loe kudu bayar tiket 10 ribu lagi buat masuk museum ini.

Gini deh…asli susah gambarin suasana di museum angkut Malang ini dengan kata-kata. Saking keren dan kompleksnya ni museum, beda banget dari museum yang pernah gue sambangin sebelumnya. Jadi kalo loe penasaran, loe emang kudu dateng sendiri. Rasain sendiri deh keseruan di dalam museum angkut Malang ini. lokasinya gampang kok, Jalan Terusan Sultan Agung no 2, Ngaglik, Batu Malang.

gambar museum angkut malang berbagai sumber

Museum Angkut Malang Apa Benar Sebagus Foto Yang Pernah Loe Liat?

Museum Angkut Malang Apa Benar Sebagus Foto Yang Pernah Loe Liat?