Museum Di Jogja Perjuangan

Kota Jogja emang selalu jadi destinasi wisata favorit. Jangan-jangan loe termasuk yang hobi mondar mandir ke Jogja tiap liburan dateng. Gak papa, kota Jogja itu jelajahable banget…hihihi… Mulai dari wisata alamnya, macam wisata Goa Pindul Jogja, wisata kuliner, hingga wisata sejarah. Nah kali ini kita coba yuk jajal nyisirin 10 museum di Jogja yang sarat nilai sejarah.

Ada banyak museum di kota Jogja. Sayangnya gak ke ekspos sebagaimana kawasan Mangunan dan Dlinggo atau kawasan keraton yang udah banyak dikenal. Padahal lagi, gak bisa loh lepasin kota Jogja dari sejarahnya. Jadi sayang deh kalo ke Jogja gak mampir jelajah museum.

Ada beberapa museum sebenernya di kota Jogja, tapi kayaknya gue pilihin 10 museum di Jogja yang paling keren dari yang lain aja ya… sekedar buat rekomendasi.

10 Museum Di Jogja Yang Keren Dan Sarat Nilai Sejarah

1. Museum Sonobudoyo

Lokasi museum ini ada di sisi utara persis dari alun-alun utara Jogja. Heran juga sih kok seringnya sepi, padahal lokasi dah strategis ya. Di sini sebenernya tempat penyimpanan kekayaan aset sejarah keraton. Ada beberapa malah koleksi keraton dari jaman Mataram sampe jaman Majapahit, bahkan dari masa-masa prasejarah. Bisa dibilang ni museum paket lengkap deh, buat yang suka sama pernik-pernik lama era dulu.

2. Museum Kereta Keraton

Kalo dah dateng ke museum Sonobudoyo, nanggung sekalian aja dateng ke museum ini. tempatnya gampang kok, cuman serong dikit dari keraton Jogja. Tepatnya di sisi barat dari keraton. Museum sejarah Jogja satu ini gak gede. Cuman koleksinya lumayan lengkap, berisi semua koleksi kereta kencana punya keraton. Kalo buat gue ini malah lebih mirip  lahan parkir kereta keraton. Beberapa kereta disakralkan, biasanya sih karena dibuat untuk keperluan khusus, kayak buat angkat jenazah sultan, buat perkawinan dan buat perhelatan resmi.Museum Di Jogja Ullen Sentalu

3. Museum Ullen Sentalu

Udah ke dua museum sejarah Jogja yang berkaitan ama sejarah keraton, coba dunks tambah lagi pemahaman loe dengan dateng ke utara Jogja. Di kawasan kaliurang ada museum unik namanya Ullen Sentalu. Museum milik swasta ini dibuat untuk menjadi replika rumah pingit putri-putri keraton Jogja dan Solo di masa lalu. Bakal ada banyak koleksi lukisan asli, koleksi gamelan sampai surat cinta para putri ini.

4. Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg di masa lalu dibuat untuk memudahkan Belanda ngawasin aktivitas di keraton. Sekarang sih dah gak ada Belanda, jadi benteng ini dialihfungsikan jadi ruang edukasi. Di sini ada 4 gedung yang memuat diorama Jogja dari masa ke masa. Beneran dari jaman pertama kali Jogja berdiri sampe sekarang deh.

Museum Di Jogja Benteng Vredeburg

5. Museum Jogja Kembali

Jogja juga punya peran gede pas masa perang kemerdekaan. Jogja jadi ibu kota Indonesia di satu masa, dan menjadi tempat perang 1 maret 1949 yang bertujuan ngerebut Jogja lagi dari belanda yang nongol lagi ke Indonesia.  Nah di museum Jogja Kembali ini semua cerita soal perang dan proses-prosesnya dibuat jadi diorama gede yang keren banget.

6. Museum Wayang Kekayon

Aslinya tu di Indonesia ada banyak banget model wayang. Sekarang paling yang dikenal cuman wayang golek sama wayang kulit. Aslinya ada masih banyak lagi model wayang yang udah seharusnya kita lestariin. Nah kalo dateng ke jalan Wonosari km7, loe bakal nemu museum sejarah Jogja bernama museum Wayang Kekayon. Ada ribuan koleksi wayang, termasuk yang paling unik dan langka di Indonesia.

Museum Di Jogja Afandi

7. Museum Affandi

Kota Jogja kan emang juga dikenal sebgaai kota budaya dan seni. Ada banyak banget seniman yang lahir di kota ini. Salah satu yang bisa dibilang legendanya Indonesia ya Affandi ini. pelukis beraliran abstrak ini meninggalkan sederet karya yang terus dipamerkan di museum Affandi di jalan Solo. Lokasinya masih tengah kota, tepatnya utara dari kawasan kampus UIN Jogja di Timoho.

8. Museum Perjuangan Yogyakarta

Lokasinya lebih selatan, tepatnya di jalan Kolonel sugiono. Kalo bingung inget aja lokasinya gak jauh dari purawisata, dan deket juga dari perempatan jalan Paris yang deket pojok beteng itu. Gak susah kan? Museum sejarah Jogja ini asli keren banget bentuk bangunannya. Mirip-candi yang melayang gitu. Di dalemnya ada koleksi barang pribadi tokoh nasional, kendaraan-kendaraan, senjata dan masih banyak lagi.

Museum Di Jogja Perjuangan

9. Museum Pendidikan

Di daerah Kulonprogo, berdiri museum sejarah Jogja yang juga kudu loe sambangin. Itung-itung jalan sampe Kulonprogo menikmati alam khas perbukitan Menoreh sambil jadi tambah pinter. Museum ini adalah ruang pamer semua perjalanan dunia pendidikan di Indonesia. Mulai dari perangkat yang dipake dari masa ke masa sampe perubahan-perubahan yang muncul.

10. Museum Gunung Merapi

Bicara soal Jogja ya gak mungkin lepas dari Merapi. Dan museum sejarah Jogja ini menjadi pusat penyimpanan informasi seputar aktivitas Merapi dari masa ke masa. Ada banyak dokumentasi seputat peristiwa letusan dan waktu ke waktu, Ada replika adegan semburan awan panas yang jadi salah satu adegan paling populer di sini.

Sebenernya sih masih ada banyak banget museum sejarah Jogja yang juga kasih kita jutaan informasi lain soal kota kesayangan ini. jadi kalo masih juga penasaran, gak papa kalo masih pengen jelajahin lebih dari 10 museum di atas.

gambar museum di jogja dr berbagai sumber

10 Museum Di Jogja Yang Sarat Nilai Sejarah Yang Wajib Loe Jelajahi

10 Museum Di Jogja Yang Sarat Nilai Sejarah Yang Wajib Loe Jelajahi