Pantai 3 Warna Malang Selatan

Kalo loe pikir wisata di Malang cuman soal kawasan Batu, loe kudu sekali-kali jalan-jalan ke kawasan Malang Selatan. Kawasan yang punya garis pantai eksotis ini kaya sama deretan pantai-pantai berkarang yang keren. Dan salah satunya adalah Pantai 3 Warna.

Kawasan wisata Pantai 3 Warna ini memang gak terlalu beken dibandingin sama pantai populer bangsanya Pantai Sendang Biru dan Pantai Balekambang. Tapi kalo loe dah bisa nginjekin kaki di pantai satu ini, loe bakal tau kenapa pantai ini digilai sama banyak orang. Pantes banget deh buat direkomendasiin buat liburan loe besok kalo jalan-jalan ke Malang.

Malang gak cuman soal kawasan Selecta yang super dingin atau wisata taman Jatim Park yang fenomenal dan cetar membahana itu. Malang juga kaya sama bentang pantai yang keren dan eksotis. Dengan deretan karang, pasir putih dan lautan yang warnanya cantik.

Seperti yang bakal loe temuin di Pantai 3 Warna. Di sini loe bakal nemu pantai dengan karang unik seolah jadi bingkai dari kawasan pantainya. Ada sabuk hijau dari tanaman laut di puncak bukit yang bikin kesan asri pantai ini. Dan yang jelas memperkaya susunan warna pada pantai.

Bingkai karang kelabu dengan selubung tanaman hijau, haduuhh bahasa gue berat banget… Tapi sumpah ini yang kepikir pas liat kawasan ini.

Pasirnya juga warna unik, kuning sedikit kemerahan. Gak sampe ke level pantai pink sih sodara-sodara. Cuman yah lumayan kerasa efek pinknya dan biasanya emang efek pink ini kentara banget kalo lagi cahaya matahari terik-teriknya. Dan ini bakal berpadu cantik banget sama lautnya yang pendarin dua warna, hijau dan biru.

Pantai Tiga Warna Malang

Jadi secara umum ada 3 warna, kuning kemerahan, hijau dan biru.  Ini belom kalo kita juga bahas soal karang yang warnanya putih kelabu sama warna hijau daun di puncak bukti karang. Udah deh lengkap susunan warnanya.

Susunan warna di Pantai 3 Warna ini ada penyebabnya. Kalo menurut info sih, di kawasan pantainya emang ada sedikit komposisi kerang merah. Jumlahnya gak banyak, dan gak sepadat di kawasan pantai pink. Jadi ya cuman keliatan dikit aja. Di daerah karang deket sama tepi pantai, ada banyak ganggang ijo yang nempel di karangnya. Jadi kalo diliat seolah air yang dekat sama pantai kehijauan gitu. Dan warna air laut yang di tengah lebih biru, juga karena lebih dalam.

Pantai 3 Warna Malang Selatan

Kalo loe bertandang ke sini, loe gak cuman bakal dimanjain sama panorama alam pantainya yang masih super virgin. Tapi juga sama panorama bawah lautnya yang gak kalah keren. Ada banyak titik snorkeling yang bisa loe jelajahin. Dan asyiknya ini tuh masih virgin banget.

Kok bisa virgin? Kan ini dikomersialkan?

Pantai 3 Warna Wisata MalangOk ini dia masalahnya, lokasi wisata Pantai 3 Warna satu ini berada di kawasan konservasi. Jadi…sekalipun dikomersialkan sebenernya dalam batasan tertentu aja. Bahkan kalo loe mo kesini kudu booking dulu. Kalo dah fully booked, loe dah sampe sana juga gak bakal boleh masuk gan…

Jadi sebenernya, lokasi Pantai 3 Warna ini ada di daerah Tambakrejo, Sumber Manjing Wetan, Malang Selatan. Masih satu kompleks sama Sendang Biru, Air terjun Telaga Warna juga Laut Dampit. Secara resmi dibawah kawasan pengelolaan Bhakti Alam.

Pantai 3 Warna MalangKarena di bawah kawasan konservasi itulah untuk masuk ke dalam area pantai perlu daftar dulu dan reservasi dulu. Quota harian untuk pengunjung cuman 100 orang dan sama sekali gak bisa ditawar. Aturannya juga cukup ketat, mulai dari soal barang bawaan, larangan kemah sampe urusan sampah dan keharusan buat pake jasa guide.

Ini sebenernya baik lho… soalnya buat sampe ke dalam area Pantai 3 Warna loe kudu masuk-masuk ke jalur trek yang gak gampang. Namanya juga jalur konservasi, dan dari pada loe nyasar pake jasa guide kan lebih aman. Selain si guide ini ditugaskan buat ngawasin kelakuan kita di pantai. Nah untuk masuk kedalam area pantai loe bakal bayar cuman 6 ribu aja, tapi jasa tour guidenya bayar 75 ribu untuk satu rombongan.

BTW saran dari gue,  loe kudu berangkat awal, lokasi kawasan konservasi ini lumayan jauh dari kota, sekitar 2, 5 jam dari kota. Dari Malang kudu menempuh jalur arah Gandang Turen, terus lanjut ke arah Sendang Biru, tapi setelah persimpangan loe ikutin jalur menuu Goa Cina.

Dari sana loe ikutin jalur sampe ketemu Tempat Pelelangan Ikan, ntar loe bakal masuk kawasan perkampungan sebelum akhirnya ketemu tanda bertulis Clungup Mangrove Conservation. Nah di sini ini loe  bisa ketemu pos penjagaan depan menuju Pantai 3 Warna.

Ini masih pake prosedur pendaftaran dan perjalanan lagi 1 jam untuk sampe di pantai. Jadi kalo loe jalan siang ada loe gak puas dan kepanasan di jalan. Kalo loe mau juga ada jalur full track buat nyusurin seenggaknya  5 pantai sekaligus, termasuk juga Pantai 3 Warna dengan jasa guide jadi 100 ribu.

Jadi gimana gaes? Loe penasaran kan? Buat liat sendiri panorama keren dari Pantai 3 Warna?

gambar berbagai sumber

Pantai 3 Warna Perpaduan Warna Yang Eksotis, Recommended!

Pantai 3 Warna Perpaduan Warna Yang Eksotis, Recommended!