pantai balekambang lanskap

Kalo loe kira kota Malang cuman soal kawasan dingin di perbukitan, loe kudu tau dulu soal pantai Balekambang ini. Karena di Malang juga ada deretan pantai berkarang super keren yang bakal bikin loe gak bosen-bosen sambangin.

Pantai Balekambang ini malah sekarang lagi happening banget. Ini gara-gara menyebarnya banyak foto tentang landscape pantai ini yang bakal bikin loe keinget sama Tanah Lot ala Bali. Makanya dibilang pantai ini Tanah Lot versi Malang.

Apalagi lokasi pantai ini gak susah dicapai. Tiket masuk Pantai Balekambang juga murah meriahan aja, cuman 10 ribu. Murah bingit lah kalo inget lokasi wisata Malang ini bakal manjain loe sama keindahan panorama alam yang super. Plus plus lagi, ada kuliner laut yang mak nyuss, area ibadah, penginapan, toko oleh-oleh sampe bungalow bakal istirahat. Sekarang juga udah dibangun joglo sama area perkemahan.

Jadi loe gak usah bingung soal penginapan di Pantai Balekambang. Kalau loe gak mau yang model penginapan, cari aja hotel dekat Pantai Balekambang, pasti banyak. Secara Malang kota wisata gaes…

Kalo pengen nyambangin pantai yang keren ini, loe kudu menempuh perjalanan pake kendaraan sekitar 60 km atau kurang lebih ya 1 jam dari pusat kota Malang. Jalurnya lumayan menantang ya, soalnya naikin bukit karang dulu baru sampe ke pantainya. Lokasinya tepat di Dusun Sumber Jambe di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kota Malang.

Untuk sampe ke lokasi, kita bisa ngelewatin jalur Malang Bululawang. Jalurnya lewat kawasan Gadang, Kondanglegi, Pagelaran, Bantur, Srigonco terus sampe deh di kawasan gerbang pantai Balekambang. Atau lewat jalur Malang Kepanjen. Jalur ini lebih pendek cuman sedikit lebih menantang.

pantai balekambangNah setiba loe di kawasan pantai, yang pertama bakal loe liat tu hamparan pasirnya putih dengan deburan ombak yang relatif tenang. Meski di laut selatan, ombak di sini lumayan jinak. Yang pasti loe bakal tergoda buat mainan air. Kalo loe pengen cari yang teduh, ditepian pantai berderet tanaman yang bisa jadi tempat loe nongkrong cantik di tepi pantai.

Masih ada lagi yang gak boleh loe lewatin kalo dah jalan ke Balekambang. Itu tu beberapa pulau karang di lepas pantai. Masyarakat setempat kasih nama tu pulau dengan pulau Anoman, Wisanggeni sama Ismoyo. Buat sampe sana loe kudu nyebrangin jembatan kayu yang eksotis. Asal gak lagi pasang gede. Jembatan yang kesannya reyot ini dijamin aman buat dilewatin.

pantai balekambang tanah lot

Konon aslinya dulu banget kawasan pantai Balekambang ini tu dibungkus sama hutan belantara. Hutan lebat ini membentuk sabuk di pantai sampe orang gak ngenalin kalo ada pantai super keren  ini di balik hutan.

Tapi di satu masa di jaman dulu, ada seorang ulama asal Jogja namanya Syaikh Abdul Jalil, beliaulah yang pertama kali ngebuka jalur masuk ke dalam area pantai. Beliau kali juga langsung naksir sama panorama pantainya yang keren dari dulu.

pantai balekambang lanskap

Beliau kemudian wafat di Malang dan akhirnya dimakamin cuman sekitar 1 km dari kawasan pantai. Kalo lagi malam 1 suro, pemakaman ini rame banget disamperin orang. Makam Syaikh Abdul Jalil juga dibuat sakral sama masyarakat lokal.

Lokasi pantai ini juga biasa digunakan untuk upacara keagamaan umat Hindu. Itu karena di pantai Balekambang ada berdiri pura. Pura nya sendiri berdiri di pulau Ismoyo dan konon menjadi salah satu alasan kuat pantai ini mirip sama tanah Lot Bali.

pantai balekambang umat hinduKalo loe dateng pas Nyepi, disana ada iring-iringin umat Hindu yang datang dan berkumpul dan mengadakan upacara khusus di sana. Loe bisa liat dari deket kok, juga bisa liat langsung berlansungnya acara di dalam pulau Ismoyo. Asal gak ganggu  acara berlangsung.

Tips Wisata Ke Pantai Balekambang

Sebelum mutusin buat wisata ke pantai eksotis ini, ada beberapa tips yang bisa bantu loe lebih nyaman selama di pantai. Juga bikin loe lebih puas wisata di sana.

  • Lokasi ini punya spot sunrise yang super keren. Jadi kalau niat, dateng subuh atau malah sebelum fajar. Pemandangan matahari terbit di sini bakal bikin hati loe syahdu dan damai.
  • Kalo dateng siang kayaknya kudu siap sun block sama payung or topi. Soalnya di sini seringnya super panas.
  • Pada musim ketiga alias peralihan cuaca gak disaranin sama sekali berenang. Meski keliatan tenang, kadang muncul ombak gede yang dateng tiba-tiba. Banyak memakan korban nih kalo ombak model gini.
  • Ga usah rempong bawa tiker dan bekal, disana ada banyak tempat kuliner, penjaga es kelapa dan persewaan tiker jadi loe bisa duduk-duduk di pantai tanpa harus ribet bekal ini itu dulu. Tapi kalo pengen nikmati bekal masakan sendiri juga ga ada yang larang sih.
  • Batere kamera or Hape kudu full ya, sayang kan di sana taunya malah mati. Padahal belum puas foto-fotonya.

Itu dia semua info lengkap soal Balekambang. Pantai eksotis yang jadi ikon baru Malang ini siap memanjakan loe semua dengan panorama dan keseruan. Jadi kalo ke Malang pastiin pantai Balekambang masuk dalam daftar loe ya.

foto dari berbagai sumber

Pantai Balekambang Betah Dari Sunrise Sampe Sunset Plus Kulineran

Pantai Balekambang Betah Dari Sunrise Sampe Sunset Plus Kulineran