pantai sendang biru wisata malang

Kayaknya di setiap kawasan garis pantai selalu ya ada kawasan wisata pantai yang jadiin kuliner sebagai wahana utamanya. Dan kalo di Malang Selatan, pantai Sendang Biru salah satunya. Di sini loe bisa belanja ikan segar hasil tangkapan dengan harga miring. Atau cicipin kuliner seafood sambil nikmatin pemandangan cantik khas Pantai Malang Selatan. Jadi abis dari Pantai Balekambang, Piknikman langsung meluncur…

Pantai Sendang Biru termasuk salah satu pantai yang udah banyak dikenal orang. Jadi boleh dibilang setara lah sama pantai beken macam pantai Balekambang. Di sini pantainya juga dipake buat bersandarnya kapal-kapal ikan. Soalnya ada pasar ikan gede di sini. Loe bisa liat aktivitas nelayan dan aktivitas pelelangan ikan pass lagi beruntung.

Tapi kalo gak beruntung juga gak papa kok. Yang penting masih bisa belanja aneka seafood di sini juga udah mantap kan? Soalnya harga produk laut di sini lumayan miring dibandingin kalo loe belanja di Malang kotanya.

Pantainya sih tenang banget, soalnya secara umum bentuknya emang kayak teluk gitu. Ada pula di depan Pantai Sendang Biru, namanya pulau Sempu. Keberadaan pulau ini sama bentuk bentang pantai yang berupa teluk bikin ombak di sini jinak banget. Mungkin ini juga alasan kenapa para nelayan suka nyandarin kapalnya di sini. Dan akhirnya dibangun TPI (tempat pelelangan ikan) secara komersial di sini sekalian.

Sayang loe kayaknya bakal gak begitu nyaman berenang di sini. Pantainya kurang kondusif, karena hiruk pikuk pasar ikan dan lalu lalang kapal. Makanya, biasanya pengunjung milih nyebrang ke pulau Sempu. Ada jasa layanan penyebrangan  dari penduduk lokal yang bisa loe pake. Cukup bayar sekitar 150 ribu aja.

Di pulau Sempu yang dari jauh keliatan ijo itu, ada kawasan hutan tropis ringan yang keren banget. Lokasinya sangat dekat sebenernya, cuman 4 km aja. Jadi bakal sekitar 10 menit aja dah sampe nyebrang menuju pulau Sempu ini. Kawasan pulau juga kerasa lebih sejuk dan cantik. Di dalam pulau Sempu ini ada 3 telaga kecil, namanya Telaga Anakan, Telaga Lele sama Telaga Sat.

pantai sendang biru wisata malang

Telaga-telaga ini tersembunyi dibalik jalur trek dan kawasan hutan tropis. Yang unik ada telaga lele yang berair tawar dan dipenuhin sama ikan lele. Aneh kan padahal kan pulau ini ditengah laut. Ada juga telaga sat yang suka kosong airnya kalo lagi kemarau. Makanya namanya sat yang artinya kering atau kosong.

Gak jauh dari area pulau Sempu ada kawasan yang dengan terumbu karang dan kawasan taman air yang lumayan oke. Kawasan ini bisa loe jadiin buat wahana snorkeling. Beruntung banget lokasi snorkelingnya gak langsung ketemu sama lautan Hindia, tapi tersembunyi di antara Pantai Sendang Biru sama pulau Sempu. Jadi aman banget snorkeling di sini, karena ombak dan arusnya enteng banget.

pantai sendang biru wisata malang

Kalo loe udah puas mainan di kawasan pulau Sempu loe bisa coba hubungin nelayan yang anter loe lagi buat bisa balik ke daratan utama lagi. Dan setelahnya loe bisa mulai jajalin kuliner khas kawasan Pantai Sendang Biru. Oh ya…tipsnya sih emang kalo bisa loe minta no kontak pemilik kapal buat loe bisa balik ke daratan utama lagi. Jadi kalo dah puas main loe bisa hubungin  mereka lagi.

pantai sendang biru wisata di malangKuliner di kawasan pantai Sendang Biru adalah salah satu aset berharga buat jadi daya pikat pantai. Ada banyak deretan kedai yang siap melayani pesanan loe buat sajian aneka seafood. Kebanyakan berdiri lumayan deket sama pantai, jadi loe bisa makan sambil nikmatin pemandangan.

pantai sendang biru telaga

Soal pilihan makanan hidangan lautnya juga beragam kok. Ada Tuna, lobster, udang, cumi, sotong, teripang sampe aneka jenis ikan. Ada banyak juga produk ikan awetan macam ikan asin dan petis yang dijajakan di sini. Loe bisa beli produk ini buat oleh-oleh kan?

Nah sekarang pertanyaannya gimana cara buat sampe ke Pantai Sendang Biru ini?

pantai sendang biru tempat pelelangan ikan malangPantai asri ini lokasinya masih di Malang Selatan. Tepatnya di Tambakrejo, Sumber Manjing Wetan, Malang Selatan. Gak jauh dari kawasan konservasi alam. Kurang lebih sih kalo ditempuh dari kota Malang ya sekitar 2, 5 jam lah.

Yang jadi masalah loe kudu pake kendaraan pribadi kalo mo ke sini. Soalnya emang Malang belum begitu baik layanan angkutan umumnya, gak menjangkau kawasan terpencil macam Malang Selatan gini.

Dari kota Malang, jalurnya juga sebenernya gak susah kok. Loe kudu jalan ke arah Gadang, truss aja ikutin jalur lurus ini lalu belok kiri buat ketemu pabrik gula Krebet. Masih lurus nih sampe ketemu lagi pabrik Pindad truss belok kiri di jalan nikung gitu. Dari sini loe bakal masuk ke aspal desa, tinggal 15 km lagi loe dah ketemu sama pantai Sendang Biru.

Gimana gak susah kan? Loe juga lebih gampang buat cari kawasan wisata ini. soalnya ada banyak plang petunjuk yang bisa loe pake buat mencari arah menuju pantai Sendang Biru ini.  jadi gak baal nyasar kan?

gambar pantai sendang biru dr berbagai sumber

Pantai Sendang Biru Dan Telaga Dibalik Hutan Tropis

Pantai Sendang Biru Dan Telaga Dibalik Hutan Tropis