Pantai Senggigi Wisata Lombok Nusa Tenggara Barat

Kalau pergi ke Denpasar, udah pasti gak  boleh lupa buat mampir ke pantai Kuta. Nahh…kalau datang ke Lombok, Pantai Senggigi yang harus…kudu…wajib jadi tujuan pertama. Gak sempurna deh liburan loe di Lombok kalo belum sempetin nginjekin kaki di pasir pantai Senggigi.

Pantai satu ini adalah pantai paling populer di kota Lombok. Lokasinya juga lumayan deket dari pusat kota jadi gampang banget buat dijangkau. Itu yang bikin pantai ini paling rame kalo dibandingin bentangan pantai lain di kawasan Lombok.

Untuk bisa sampe ke pantai Senggigi ini kita bisa naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang ditempuh dari kota Mataram. Butuh waktu sekitar 1 jam lah buat loe bisa sampe di tepian pantai Senggigi.

Perjalanan menuju pantai ini juga sama sekali gak susah. Ada banyak banget plang petunjuk jalan yang bisa loe buat acuan. Dari pusat kota loe kudu masuk ke jalur jalan Senggigi. Ikutin aja jalur utama dari Jalan by pass bandara, terus masuk ke jalan Lingkar Selatan. Dilanjut belok ke kanan masuk ke jalan Arya Banjar Getas.  Lantas masuk ke jalan Meninting terus masuk ke jalan Senggigi.

Kalo loe udah sampe di kawasan tepi pantai Senggigi, loe bakal liat sendiri gimana cantiknya pantai satu ini. Kesannya emang bersahaja, gak banyak karang kayak di pantai Tanjung Aan yang eksotis. Juga gak berpasir putih kayak pantai di Gili Trawangan.

Yups bener banget pantai Senggigi bukan pantai berkarang. Jadi di sini pantainya lebih bersih dan bebas dari gugusan karang. Pantainya luas menghampar bersih dari karang. Sebenernya pantai Senggigi ini ada di dalam area teluk, tapi ada ujung tanjung kecil di bagian sudut. Bentang alam yang aneh gini nih yang bikin pantai Senggigi beda dari kebanyakan pantai.

Pantai Senggigi Wisata Lombok Nusa Tenggara Barat

Ombak di bagian sisi tenggara ada yang lumayan jinak. Jadi cocok buat yang suka main air atau sekedar berenang. Tapi di sisi lain ada bagian yang ombaknya lumayan galak. Tapi ombak besarnya mulus, jadi suka dipake buat selancar.

Di daerah tanjung pas di sisi selatan, garis pantainya langsung berhadapan sama samudra Hindia. Nah ombak dari arah selatan masuk menghujam pantai tanpa halangan. Jadi ngebentuk ombak mulus yang enak buat yang hobi selancar.

Pantai Senggigi Lombok Nusa Tenggara Barat

Pantai bebas karang memang bakal punya ombak yang lebih gede, padat dan mulus. Ombak tidak akan pecah karena biasanya pecahnya ombak terjadi gara-gara dihempas duluan sama karang di tengah laut.

Malah katanya sih pantai Senggigi termasuk kawasan yang disukain sama peselancar. Ada masa-masa tertentu yang ngebuat ombak di sini jadi bagus banget buat berselancar.  Di sini juga ada spot yang dianggap paling cocok  buat yang lagi belajar selancar.

Pantai Senggigi Diving

Di salah satu lokasi ada area dermaga kecil yang jadi tempat bersandar feri-feri arah Gili Trawangan. Dermaga ini dibuat dengan desain unik. Dari atas, dek dermaga keliatan kayak seekor cicak. Makanya sama kalangan lokal dermaganya juga disebut dermaga cecak.

Kalo loe gak suka selancar ya masih bisa banget buat nikmatin waktu di sini. Ada area lain dari pantai yang bisa dipake buat snorkeling.  Gak banyak gugusan karang gak bikin area lautan dangkal sepi flora dan fauna. Di sini juga ada banyak jasa persewaan dan pendampingan snorkeling dan diving. Jadi dijamin gak repot juga aman, bahkan kalo loe masih amatir.

Pantai Senggigi Sunset Couple Berdua

Gimana dengan pengunjung yang gak punya cukup keberanian buat snorkeling apalagi selancar? Tenang aja…sekedar mainan air dan jalan-jalan di pantai juga seru kok. Ada jalur trek buat yang pengen sedikit bakar kalori di sepanjang pantai.

Pantai Senggigi termasuk pantai yang kondusif buat kebutuhan komersial. Ada banyak tempat makan, tempat kongkow-kongkow sekedar ngupi cantik apa minum es kelapa di banyak sudut. Enak banget sore-sore nongkrong di pantai sambil nikmatin suasana.

Mo yang lebih elit dikit juga ada. Kawasan Senggigi ini emang salah satu yang udah dikomersialkan sejak lama. Jadi sekitara Senggigi banyak resto, cottage, cafe sampe hotel-hotel yang bisa loe pilih sesuai isi kocek.

Atau yang pengen sedikit menantang, coba deh tempuh jalur menanjak di bukit sisi senggigi. Di puncak bukti loe bakal liat gimana cantiknya pantai Senggigi dari atas. Beberapa orang sih bilang kalo pesona Senggigi bakal lebih keliatan kalo loe liat dari atas.

Airnya jernih banget, ngebentang sepanjang teluk dengan bentuk ngelengkung. Ada sabuk hijau di tepi yang disusun dari deretan pohon nyiur yang bikin pantai ini makin keliatan cantik.  Kalo dari bawah susah buat liat pemandangan ini sejelas ini.

Pantai Senggigi adalah pantai bersahaja. Gak ada karang yang bikin kesan misterius, gak ada juga pasir putih terang yang bikin pantai terkesan elegan. Tapi ini jadi pantai yang paling disukai gara-gara lengkapnya faslitas dan fitur yang bikin loe bakal lupa waktu kalo ada di pantai Sengigi. Gak hanya lupa waktu, loe juga bakal lupa mantan!

gambar dari berbagai sumber

Pantai Senggigi Bikin Lupa Waktu Lupa Mantan

Pantai Senggigi Bikin Lupa Waktu Lupa Mantan