pantai tanjung aan

Banyak dari kita gak kenal sama pantai Tanjung Aan, sampe tau-tau nama pantai ini udah bertengger aja di daftar 10 pantai terbaik tahun 2015 versi TripAdvisor. Kok bisa ada disana? Gak tanggung-tanggung lho, ni pantai nangkring di urutan ke 4. Padahal peringkat dari TripAdvisor ini hasil voting. Truss… sapa yang vote pantai ini?

Ok…kita boleh kaget sama hasil voting ini. Boleh juga bingung sama namanya yang gak semua tau. Kalau buat para surfer, adventurer, turis asing yang hobi backpackeran, pantai Tanjung Aan ternyata emang beken. Namanya diem-diem udah mendunia. Gak kalah cakep ama Pantai Kuta Lombok yang kemarin Piknikman sambangin.

Dan tambah beken lagi sejak tahun 2017 presiden Jokowi sempet kan share beberapakali kawasan pantai Mandalika. Jadi deh nama kawasan garis pantai sepanjang 7, 2 km ini beken seantero Indonesia. Penasaran kan sama kawasan Mandalika ini? Apalagi sama pantai Tanjung Aan. Apanya gitu lho yang bikin ni pantai masuk daftarnya TripAdvisor?

Sebenernya yang dimaksud sama presiden sama kawasan Mandalika itu tu desa Kuta, Lombok Tengah. Di sini ada garis pantai panjang sejauh 7, 2 km dengan sebuah bukit yang menjorok kelaut, namanya Mandalika.

Sibukit ini legenda banget di Lombok, gara-gara dikaitkan sama penduduk Sasak ama legenda putri Mandalika yang konon bunuh diri di bukit ini gara-gara dipaksa nikah sama pangeran yang gak dia suka. Dari sosok putri ini lahir nama Mandalika.

Ada banyak pantai di daerah Kuta Lombok ini, dan salah satu yang sukses mendunia namanya pantai Tanjung Aan. Coba aja sekali-sekali main ke pantai ini, loe bakal nemu banyak banget bule di sini. Unik emang, ni pantai gak terlalu beken di Indonesia. Tapi kok ya tau-taunya bule-bule itu sama pantai yang satu ini. buktinya mereka bisa dateng dari berbagai penjuru dunia demi bisa sampe di pantai Tanjung Aan ini.

pantai tanjung aan

Gak heran juga sebenernya, pantai ini aslinya gampang banget dicapai. Lokasinya paling cuman skitar 40 menitan lah dari bandara Lombok International Airport (LIA). Dan cuman sekitar 1,5 jam dari Mataram.

Cukup sewa mobil di persewaan mobil lokal, cari yang udah ada drivernya ya boss, daripada nyasar. Atau kalo gak mo ribet pake taksi argo aja dari bandara, sekitar 100 ribuan lah sampe kawasan Mandalika ini.

pantai tanjung aan wisata lombok

Gak cuman gara-gara gampang dicapai, ni pantai jadi beken. Pantai ini juga mantap banget pemandangannya. Pantai ini gak terlalu mirip pantai, tapi mirip kayak danau gara-gara dikepung sama bukit-bukit hijau di sekelilingnya. Pemandangannya jadi beda banget memang.

Pantainya juga panjang, hampir 2 km. Jadi loe bisa puas-puas buat main di sana dengan sederet pilihan yang lengkap. Mo surfing jelas boleh, di sini salah satu destinasi wajib para surfer kalo dah menginjakan kaki di bumi Lombok. Bukan yang terbaik, tapi ombak di sini Ok banget buat ditantang.

pantai tanjung aan lombokGa bisa surfing, ya gak papa juga. Kan masih bisa sekedar mainan di pantainya. Kurang apa coba pantai sepanjang 2 km, loe jelajahin ujung sampe ujung juga udah gempor itu kempol, hehehe….

Ok…sekedar jalan-jalan doank sih gak seru ya…? Di beberapa titik juga ada area dengan ombak yang jinak. Jadi aman buat mainan air, anak-anak juga boleh tapi asal ortunya gak lengah aja.  Jajal main ke kawasan karangnya juga gak papa kok. Ada beberapa titik di sisi kanan tu ada karang-karangnya. Beberapa ngebentuk ceruk-ceruk yang bisa dipake buat mainan juga.

pantai tanjung aan panjat tebing

Ada area lain dari pantai yang juga  bisa dipake buat snorkeling. Masih di kawasan deket karang-karang ini. Lumayan kok taman bawah airnya. Biotanya juga lumayan lengkap. malah kalo mo coba lebih jauh nyelam ada beberapa taman laut ya ng lebih keren lagi. Yups…di sini juga ada spot divingnya. Keren kan???

Ada lagi yang bisa loe jajal kalo loe main ke pantau Tanjung Aan ini. Coba deh mendaki ke dua bukit yang lokasinya masih dalam kompleks pantai. Yang satu, bukit Merese lokasinya cuman di sisi kanan pantai. Naik sekitar 30 menit dan loe bakal sampe di puncaknya. Di puncak berumput ini loe bakal bisa liat panorama Lautan Mandalika yang beken ini dari atas.

pantai tanjung aan batu payungMasih ada satu lagi bukit yang bisa loe jelajahin. Tapi khusus yang satu ini gak sesimpel naik ke bukit Merese. Loe kudu naik kapal nelayan dulu, bayar sekitar 250 – 300 ribuan dulu buat bisa sampe di kaki bukit. Lokasinya emang di lepas pantai.

Dari sana loe kudu naik sekitar 20 menit sebelum sampe di puncak bukit. Dan kali ini pemandangannya beda, loe bisa liat pantai-pantai di Kawasan Kuta ini berjajar dari kejauhan. Cuman anginnya agak kenceng bro di sini, jadi ya mending jangan pake baju super tipis yaaa…

Pantai Tanjung Aan emang bisa disebut surga kecil di tanah Lombok. Gak heran emang kalo pantai Tanjung Aan bisa beken di banyak turis manca. Tempat sekeren ini, masih sepi dan alami. siapa yang gak jatuh cinta?

gambar pantai tanjung aan dr berbagai sumber

Pantai Tanjung Aan Yang Populer Dari Kawasan Mandalika

Pantai Tanjung Aan Yang Populer Dari Kawasan Mandalika