Sate Rembiga Ibu Sinnaseh Kuliner Legendaris Lombok

Hampir lupa waktu menikmati indahnya Pantai Senggigi, tapi perut ini memanggil manggil gak mau diajak kompromi… Tadi sempet ngobrol sama orang, dia rekomendasiin kuliner sate rembiga Ibu Sinnaseh. Lanjut browsing browsing, kayaknya patut dicoba juga tuh rekomendasinya.

Gak afdol kan kalo loe nyambangin satu daerah dan gak coba icip-icip makanan khas di daerah itu. Jadi kalo kali ini kita lagi bahas soal piknik kita menyusuri deretan Wisata Pantai di Lombok. Udah pasti dunk gaes kudu cari-cari kuliner lombok khas apa yang kudu kita jajal.

Jujur ini pertama kali denger namanya dan gue gak kebayang sama sekali yang namanya sate rembiga itu apa. So… buat jawab rasa penasaran gue, akhirnya gue cari cari info lagi, dimana gue bisa jajal sate rembiga yang paling legend di Lombok.

Dan pilihan gue jatuh pada sate Rembiga ibu Sinnaseh. Info yang gue dapat warung makan ini udah berdiri dari tahu 1988 dan konon masih jadi maestronya sajian daging-dagingan khas kuliner Lombok.  Ok…asumsi ya boss… usaha kuliner apa aja yang sanggup bertahan lebih dari 10 tahun dan masih aja rame gak tergerus sama perkembangan jaman, mestinya sih emang enak . Bener kan??? iya dong, kalau gak enak udah pasti ditinggal konsumen jauh-jauh hari…

Setelah gue usut lebih jauh, ternyata yang namanya sate Rembiga itu sate sapi. Dan kata rembiga ditambahkan berkat lokasi dari warung makan ini letaknya di jalan Wahidin sekitaran daerah Rembiga.

Wkwkwk… tepok jidat deh gue sangkain sate apa gitu… sangkain rembiga tu apaan, taunya nama daerah.  Tapi Ok…setidaknya aman… kita cuman mo makan sapi di sini bukan makan daging-daging aneh kan bro…

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh Wisata Kuliner LombokTempatnya sebenernya gampang loe kenalin. Plang Sate Rembiga Ibu Sinnaseh ini lumayan keliatan kok. Cuman ternyata lokasinya tuh kecil dan daya tampungnya gak banyak. Parkiran aja kayaknya gak bakal sampe 10 mobil. Jadi beneran terbatas banget, mengingat warung makan ini termasuk yang melegenda di Lombok.

Tapi its ok… loe kan ke sini mo makan bro, jadi yang penting rasa bener kan? Setelah gue cari tau ternyata di sini emang beneran bukan cuman jualan sate. Tapi aneka kuliner Lombok serba daging sapi. Gue juga nemu ada menu khas kuliner Lombok lain yang juga ada di sini, namanya sop babalungan.

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh Kuliner Legendaris Lombok

Sop babalungan ini semacam sop iga dengan bumbu rempah yang kuat. Yang loe bakal suka dari sop babalungan ini rasanya yang gurih, gak kerasa berlemak, rempahnya yang  kerasa ringan dan terlalu lekat. Dan yang pasti dagingnya asli empuuuk banget. Kalo loe baca di Google, ini termasuk tempat buat makan bebalungan yang di kasih skor tinggi sama netizen.

Dan padahal, bukan sop bebalungan jargon utama dari tempat makan ini, tapi sate sapinya. Di sini ada dua sate sapi, satu sate yang bentuk dagingnya irisan kayak biasa, sama sate dari lilitan daging sapi giling yang udah dicampur bumbu yang kaya banget. Kalo di warung makan ini disebut dengan sate pusut.

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh Kuliner LombokDan dua-duanya rekomendasi banget, rasanya gurih, bumbunya dapet banget dengan unsur gurih manis yang pass. Tapi loe kudu sedikit siap-siap, kedua jenis sate ini udah dibumbu pedes, bahkan sebelum loe cocol sambel. Dan kalo loe tambahin cocolan sambel lagi asli ini bikin loe kebakar.

Biasanya, sajian sate rembiga atau sate pusut ini disajiin sama lontong unik. Orang Lombok nyebut lontong ini dengan bulayak. Lontongnya dibuat dari beras biasa, yang beda, cuman pembungkusnya yang berasal dari daun aren. Dengan bentuk memanjang mirip sama lontong biasa.

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh Kuliner Khas LombokSelain dengan bulayan, sate rembiga Ibu Sinnaseh juga suka disajiin sama kangkung atau kacang panjang plecing. Bumbu sambel plecing sendiri tuh semacam bumbu pedas yang komposisi rawitnya gak nanggung-nanggung. Ini kadang masih ditambahin lagi sama sambel beberuk. Ini semacam sambel terong mentah dan kacang panjang yang diiris tipis. Sambelnya juga sadis pedesnya.

Dan menurut pandangan gue, emang sesuai sama nama tempatnya, Lombok tu surganya makanan pedes. Kayak sate rembiga Ibu Sinnaseh ini, mo yang sate rembiga biasa or sate pusut, rasanya sama-sama nendang pedesnya. Tapi menurut gue sih biar pedesnya gini, ternyata nagih.

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh Menu dan Harga

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh ini harganya juga termasuk murah gaess… Harganya cuman 20 ribu ajah per porsi. Satu porsi isinya 10 tusuk sate, belum sama nasi ya gaess. Ya sekitar 30 ribuan lah kalo dah sama minum segala. Minuman di sini juga lumayan lengkap, termasuk yang jadi favorit pengunjung, es kelapa muda.

Kalo loe udah menginjakan kaki piknik di kota Mataram, loe gak boleh luput buat jajal nyicipin kuliner Lombok khas yang satu ini. Sate Rembiga Ibu Sinnaseh ini buka dari 13.30 sampai jam 21.30 WITA.  Jamnya emang cocok banget buat loe yang lagi cari makan malem. Cuman kalo pas beneran jam makan malem, kuliner lombok satu ini bakal kebanjiran pengunjung. Dateng sedikit lebih awal atau justru sedikit menjelang tutup bisa jadi solusi.

gambar sate rembiga Ibu Sinnaseh dari berbagai sumber

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh Nikmat Murah. Ini Daging Apa Yaa?

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh Nikmat Murah. Ini Daging Apa Yaa?