snorkeling pantai sadranan jogja wisata gunungkidul

Abis sarapan Gudeg Bu Amad, enaknya kemana ya? Apa ke kawasan Gunung Kidul aja ya? Disana kan surganya wisata alam, ada banyak garis pantai keren yang patut loe sambangin. Denger-denger ada satu pantai yang bisa buat snorkeling, yaitu Pantai Sadranan Jogja.

Udah beken sejak tahun 90an lho pantai satu ini. Cuman karena jaman itu orang masih suka males liburan ke Gunung Kidul yang gersang, jadi emang belum sepopuler pantai Bantul macam pantai Parangtritis dan pantai Parangkusumo.

Beda sama sekarang, siapa sih gak kenal wisata Gunungkidul. Ada ribuan meter bentang pantai di kawasan Gunungkidul yang bisa sebenernya dikembangin lebih profesional. Dan salah satu yang punya banyak potensi ya pantai Sadranan Jogja. Meski emang namanya tenggelam dibalik popularitas pantai-pantai baru kayak Indrayanti apa pantai Wedhi ombo.

Padahal di sini ada wahana yang bisa dibilang unik untuk loe lakuin di kawasan laut selatan. Dan itu adalah snorkeling. Gimana gak, laut selatan itu berhadapan langsung sama lautan Hindia yang berarti berhadapan sama salah sau samudra di dunia. Dan itu bakal bikin secara garis besar pantai di Gunungkidul punya ombak yang lumayan sadis. Apalagi di beberapa titik lautan selatan Jogja punya isu palung yang bikin bahaya buat direnangi.

Snorkeling kayaknya  mustahil bisa loe lakuin kawasan pantai selatan Jawa. Tapi gaes, di pantai Sadranan , ternyata ada pengecualian. Dan itu sebabnya loe kudu coba buat jajakin kaki loe dan nyobain serunya snorkeling di pantai Sadranan Jogja ini.

Snorkeling Pantai Sadranan Jogja ini emang istimewa. Hehehe… udah kayak slogan kota Jogja aja bro… Tapi beneran, emang ni pantai beda dari kebanyakan pantai di daerah Gunung Kidul. Pantai ini seolah kayak two face.  Kalo loe liat by google map loe bakal ngerti sama yang gue maksud.

pantai sadranan jogja gunungkidul

Di sisi barat pantai tu ada semacam dermaga. Loe bisa nemu area pantai yang dibuat sandaran banyak banget kapal plus tempat pelelangan ikan. Nah di sisi ini pantainya malah bersih dan gak ada karangnya. Efek sampingnya gak ada benteng pemecah karang yang bisa melunakan ombak. Ombak di daerah terbuka ini rasa garang emang.

Tepat di sisi tengah pantai, loe bakal nemu sebuah area pantai yang menjorok dengan sebuah bukit karang hijau di ujungnya. Bukit ini lumayan besar jadi bisa gak beneran bisa mecah ombak dan bikin ombak di area lain pantai jadi lebih kalem.

pantai sadranan jogja wisata gunungkidul

Jadi pas sisi timur pantai yang loe bakal temuin adalah area pantai putih landai yang nyaman buat loe maen air. ombaknya tenang dan bersahabat banget. Berkat dua tanggul bukit karang gede yang ada di sisi kanan sama kiri area pantai ini.

Nah… area antara dua bukit karang ini nih yang bisa loe jelajahin buat main snorkeling Pantai Sadranan. Kalo loe amatin, ada jalur petilasan sungai di deket karang yang di tengah tadi. Katanya sih ini sungai purba yang udah ilang sekarang.

pantai sadranan jogjaDaerah petilasan ini ngebentuk pola hitam di pantai putih sampe ke arah laut dan jadi jalur juga biota laut tumbuh. Mungkin jalur sungai purba ini nyisain semacam mineral dan nutrisi daratan yang bagus buat biota laut, jadi biota laut bisa hidup subur di sini.

Dan gak perlu nyelam jauh-jauh, cukup 1,5 meter aja loe dah nemu taman laut keren di kawasan ini. Ada terumbu karang yang lumayan subur di sini dengan aneka ikan dan landak laut. Ikan-ikan di sini emang gak gede-gede tapi udah lumayan cantik dan bikin loe kagum.

snorkeling pantai sadranan jogja wisata pantai gunungkidulDi sini ada jasa persewaan snorkeling yang bisa loe pakai. Mereka tau kapan waktu yang tepat buat snorkeling di pantai Sadranan Jogja. Ati-ati juga soalnya bro, kalo lagi pasang ombaknya tetep aja ngeri dan bisa bikin loe malah resiko nambrak karang.

Kalo pass loe dateng ombak lagi pasang, loe bisa coba dulu sambangin bukit karang yang ditengah pantai ini. gak susah kok, sekalipun lagi pasang, ombaknya gak bahaya buat loe lewatin, terimakasih sama karang gede ini yang sukses mecah ombak. Loe juga  gak repot manjat tebingnya, soalnya sama pengelola udah disediain tangga beton yang kuat buat loe tanjakin.

snorkeling pantai sadranan jogja wisata gunungkidul

Dan sampe di puncak bukit karang ini loe bakal disuguhin keajaiban lain dari pantai Sadranan Jogja. Di atas bukit karang ternyata hijau banget dan lumayan rimbun di beberapa titik. Tenang gak bakal ada ular, soalnya justru di puncaknya ini banyak tanaman anti ular bernama pohon Drini. Dari sana pulau ini dapet nama.

Ok…sekarang waktunya naik ke bagian ujung dari bukit. Dari sini loe bisa puas puas liat panorama dari pantai Sadranan dari berbagai sudut. Area yang dipadatin sama kapal-kapal bersandar…petilasan sungai sampe daerah yang mirip laguna itu. Semua keliatan dan keren banget.

Loe juga bisa nikmatin sunset di kala musim-musim sekitar bulan november dari titik ini. Soalnya matahari sedikit keselatan jadi titik jatuh matahari keliatan jelas banget dari sini. Yang pasti kalo gak mendung gaes.

Kalo mo snorkeling pantai Sadranan Jogja ini gimana caranya? Gampang…jaraknya dari kota jogja sekitar 1,5 jam. Itu melalui jalur jalan Ahmad Yani, masuk ke jalan Wonosari Piyungan, jalan Nasional, jalan Playen, lanjut ke arah jalan pantai Jawa sampe loe masuk daerah Banjarrejo, Tanjungsari, Gunungkidul.

Kawasan pantai Sadranan Jogja ini cukup populer kok di Gunung Kidul. Lokasinya masih berurutan dengan pantai Sepanjang, Pantai Drini, dan pantai Watu Kodok, tepat di sisi timur dari pantai Watu Kodok. Jadi gak susah buat loe cari.

gambar snorkeling pantai sadranan jogja dr berbagai sumber

Snorkeling Pantai Sadranan Jogja Serunya Bersahabat Dengan Ombak Laut Selatan

Snorkeling Pantai Sadranan Jogja Serunya Bersahabat Dengan Ombak Laut Selatan