Soto Betawi H Ma’ruf Wisata Kuliner Jakarta

Kalo lagi cari kuliner Jakarta yang khas banget enaknya cicipin apa ya? Hmm… jawwabnya pasti soto betawi H Ma’ruf. Ini jelas khas banget dari betawi dan konon gue pernah denger kalo ga asli betawi rasanya gak bakal orisinal. Apalagi abis ngintip sejarah plus liat penjara bawah tanah yang serem di Museum Fatahilah, menikmati soto betawi rasanya pasti nyus di lidah, nyus di tenggorokan, nyus di perut…

Faktanya… gak gampang cari rasa orisinal dari soto betawi di Jakarta. Kedai penjaja soto betawi sih bertebaran di seantero Jakarta, banyak juga yang rame. Tapi hanya sedikit saja yang bisa menyajikan rasa orisinal soto betawi. Karena itu daripada spekulasi, gue pengin langsung ke biangnya ajah…

Dan akhirnya setelah cari tau sana sini, pilihan gue jatuh ke soto betawi H Ma’ruf. Menurut info yang gue baca, ni warung makan udah buka dari tahun 1940. Jadi udah buka dari jaman penjajahan, alias jaman kompeni. Saat ini kuliner jakarta melegenda ini dikelola sama generasi ketiga.

Soto betawi H Ma’ruf ini bisa loe temuin di kawasan Cikini, tepatnya di daerah deket Taman Ismail Marzuki. Gue share alamat lengkapnya sekalian ya bro, lokasinya tepat di Jalan Cikini no 73 Jakarta Pusat.  Tapi gak susah sih nemu tempatnya, soalnya loe cukup patokan sama TIM aja. Lokasinya di dalam kompleks TIM ini.

Tempatnya juga mudah dikenalin, jadi si resto emang bikin penampakan bangunan mirip banget sama rumah tradisional Betawi. Dari luar keliatan sempit sih, tapi di dalam gak juga bisa lah nampung sekitar 60 orang.

Kalo gue pernah denger sih, dulunya malah si empunya soto, bapak Haji Ma’rufnya sendiri ngawalin usaha jualan sotonya dengan jualan keliling pake pikul. Truss buka kedai dengan pindah-pindah. Dari kawasan Gambir, truss pindah di daerah Gondangdia Menteng.

Soto Betawi H Ma’ruf Kuliner Legenda Jakarta

Jadi salah satu tempat makan beken di Gondangdia era 60an, sampe akhirnya pada kisaran awal tahun 70an lagi-lagi kena gusur dan pindah ke daerah pasar Cikini dan terakhir  sekitar tahun 80an dikasih tempat di dalam area TIM.

Dari websitenya di https://sotobetawimaruf.com/, ternyata warung kedai soto betawi H Ma’ruf ini juga punya cabang lain di kawasan Jl. RP Soeroso no 36, Menteng sama di Vanila Café, Gedung MNC TV, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Soto Betawi H Ma’ruf Kuliner Legendaris

Khusus yang di kawasan menteng, kuliner Jakarta ini juga jadi menu favorit di kawasan Gondangdia. Kayaknya yang di sini lebih populer sih, dan lebih rame. Mungkin karena dulunya soto ini kan sempet jadi legenda di kawasan Gondangdia. Kayaknya next time gue kudu coba jajal soto betawi H Ma’ruf yang di daerah Gondangdia ini.

Sebenernya kedai Haji Ma’ruf ini juga jualan sate kambing, laksa betawi dan hidangan lainnya. Kayaknya emang kepengen ngangkat aneka menu istimewa kuliner jakarta sih. Tapi soto betawi jadi hidangan khas di tempat ini, kayaknya hampir semua pengunjung di sini emang nyarinya soto betawi.

Soto Betawi H Ma’ruf Kuliner Khas JakartaAnalisa abal-abal gue mengartikan kalo soto betawi di sini pasti enak banget sampe bisa dicari orang. Apalagi sampe bisa bertahan lebih dari 1/2 abad, berpindah-pindah pula. Kalo gak enak kan gak mungkin.

Dan ternyata analisa abal-abal untuk kuliner Jakarta satu ini bukan isapan jempol.  Begitu mangkoknya muncul aja loe bakal liat soto dengan kuah kekuningan pucat, keliatan kental yang aromanya kerasa banget. Ada irisan daging tebal yang sebelumnya digoreng  dulu. Lengkap dengan beragam jerohan kayak usus, paru, ati yang juga udah digoreng garing dulu.

Soto Betawi H Ma’ruf Wisata Kuliner JakartaRasa kuahnya menurut gue pas, gak eneg dan gak kebangetan lekat. Santannya gak terlalu kental, mungkin ada tambahan susu di dalamnya. Kuahnya kerasa gurih santan, bumbunya juga lumayan nendang. Ditambah taburan daun bawang, bawang goreng sama emping rasanya jadi makin nendang. Menurut yang gue denger denger sih emang kalo makan soto betawi tuh kudu sama emping goreng. Semacam jodoh lah keduanya…

Harga seporsi soto betawi H Ma’ruf hanya 40 ribu, kalo loe mo icip-icip laksa sama sate kambing juga dibandrol dengan harga yang sama. menurut mas yang jadi pelayan loe juga bisa coba paduin soto betawi di sini sama sate, baik itu sate kambing, sate sapi apa mo pilih yang gak kebangeten blenger macam sate ayam. Katanya sih paduan ini juga dapet banget rasanya.

Soto Betawi H Ma’ruf Daftar Menu dan HargaMenurut pengakuan yang punya, soto betawi di sini digemarin sama kalangan pejabat. Dari era Cendana, keluarga Gusdur, beberapa lembaga kedubes dari berbagai negara sampe sempet jadi ruang pertemuan tim kemenangan Jokowi sama Jk di masa pemilu tahun 2014 kemaren.

Cuman sayangnya, kalo loe ke tempat satu ini bukan di jam makan dan bukan di waktu weekend, kadang beberapa menu yang sedia. Beberapa sajian tambahan kayak perkedel jadi gak tersedia. Mungkin ini pilihan yang terpaksa harus diambil, biar menu tetep seger dan gak harus dipanasin mulu. Cuman sekedar dugaan aja.

Tapi menurut gue, kuliner Jakarta satu ini masih rekomendasi sih. Rasanya cukup nendang dengan kuah yang gak kebangeten lekat tapi isian lumayan banyak. Dan yang pasti dibandingin penjaja soto betawi lain, soto betawi H Ma’ruf ini jelas lebih ramah di kantong.

gambar soto betawi H Ma’ruf dari berbagai sumber

Soto Betawi H Ma’ruf Apa Benar Enak? Harganya Mahal Tidak?

Soto Betawi H Ma’ruf Apa Benar Enak? Harganya Mahal Tidak?