Taman Air Tirta Gangga

Apa yang bakal kelintas dipikiran loe kalo udah bahas soal daerah Karangasem di Bali? Mungkin gunung Agung? Apa pantai Karangasem yang keren itu? Tau gak di sana juga ada petilasan kerajaan Karangasem yang gak kalah cantik dengan petilasan kerajaan lain di Jawa? Namanya taman air tirta gangga.

Ceritanya kita bahas sejarah dulu ya…boleh dari baca sana sini ini. Taman air tirta gangga ini yang bangun tu raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem pas tahun 1948. Taman air yang dibangun aslinya ada dua, satu di atas bukit di kaki gunung Agung yang satunya deket sama pantai. Nah yang sekarang kita bahas soal Taman air Tirta Gangga dulu ya. Yang soal taman air satunya kita bahas berikutnya. Ok gaes…

Dari info yang gue baca, nama taman air Tirta Gangga ini diambil dari nama Gangga, sungai suci dalam kisah sejarah Hindu India. Kayaknya sih si raja emang kepengen air dari taman air Tirta Gangga ini bakal bawa efek mensucikan layaknya sungai Gangga.

Pertama gue bakal bahas dulu cara sampenya ke taman air tirta gangga ini. Lokasinya tu sebenarnya gak susah dicapai kok. Cuman 6 km ke utara dari pusat kotanya Karangasem, atau Amlapura. Kalo dari daerah Denpasar ya sekitar 1,5 jam lah. Biaya masuknya juga murah aja, cuman 10 ribu buat penduduk lokal sama 20 ribu buat turis asing.

Kalo loe masuk ke dalam area taman, loe bakal ketemu sama dua buah kolam gede yang jadi pusat dari bangunan taman air. Kolam utama berukuran lebih gede dengan dinding batu. Letaknya di sisi kanan dari area kolam.

Kolam ini keliatan beda soalnya ada patung-patung dewa dewi ukuran manusia yang jadi penghias kolam. Ada jalan setapak bundar-bundar bercorak hepeng mata uang Cina yang bisa loe injak buat nyebrangin kolam. Boleh juga kalo loe pengen foto selfie sama patung-patung yang bentuknya realis, jadi mirip banget sama bentuk manusia.

Taman Air Tirta Gangga Menara Utama

Di sisi kirinya ada kolam lain yang gak keliatan lebih polos. Di kolam ini keliatannya air lebih dalem jadi keliatan ada banyak ikan yang berenang di dalamnya. Di atas kolam ada jembatan yang bentuknya penuh ukiran berbentuk dua naga gitu. Ada perpaduan antara tradisi ukiran Eropa, Cina dan Bali. Juga ada ukiran bunga sama patung kerbau disekitaran jembatan. Entah juga sih apa maksudnya ada ukiran kerbau di sana.

Yang pasti, kesannya emang mahal banget ni kawasan taman air. penuh ukiran dan karya seni mahal. ¬†Berjalan di dalam area kolam bikin loe kerasa kayak anggota kerajaan gitu kali ya…hehehe.

Taman Air Tirta Gangga Patung Realis

Soalnya, kalo kita terusin penjelajahan loe bakal nemu lagi kolam kolam dengan ukiran yang beda-beda. Kayak sebuah kolam membulat kecil dengan sebuah menara beratap berundak khas Bali. Menara ini aslinya tuh air mancur.

Masih ada beberapa patung, tanaman hias sampe area duduk-duduk buat pengunjung santai-santai di area sekitar kolam. Asik banget yang pasti, kalo loe duduk-duduk di sini. Loe bisa coba cemplungin kaki loe ke kolam. Ya…tapi asli di sini dingin. Kan emang letaknya di dataran tinggi, bukit Gunung Abang, kakinya gunung Agung. Gak cuman airnya yang dingin, udaranya juga asli bisa banget bikin loe merinding, dingin banget.

Taman Air Tirta Gangga Berjalan Di Air

Nah kawasan Taman air Tirta gangga ini gak cuman segini. Jadi di bagian dalemnya masih ada lagi area padusan alias kolam pemandian. Dulunya sih pemandian ini buat raja-raja. Tapi sekarang orang umum dah boleh ikutan mandi di sini.  Di dalamnya juga ada kolam modern yang dibuat belakangan sama pengelola dari kerajaan buat berenang pengunjung.

Sekarang kawasan wisata ini jadi tempat wisata yang modern yang dikelola profesional. Mulai dari dibangunnya restoran sampe cafe sama hotel-hotel. Lokasinya tepat di depan area taman air, jadi sebelum pintu gerbang taman air Tirta Gangga ini.

Taman Air Tirta Gangga Pancuran Padusan Pemandian

Loe bisa banget nginep di hotel yang langsung berhadapan sama area taman air. Gak ada duanya tuh pagi-pagi, dingin dingin masih berkabut buka jendela langsung nemu area taman air yang keren ini. berasa kita jadi raja beneran gak sih?

Taman Air Tirta Gangga

Atau kalo gak niat nginep ya coba deh sekedar nyicipin hidangan lokal plus kopi khas Nusantara yang jadi signature di sini. Rasanya pasti gimana gitu kan…secangkir kopi dan panorama yang menawan..

Wagelaseh…!!

Cuman ada rahasianya yang perlu loe tau, makan di sini agak mahal. Soalnya emang yang dijadikan incaran konsumennya tuh turis-turis Bule. Jadi kalo ngerasa agak tongpes, coba aja cari lokasi makan di luar resto utama, ada beberapa tempat kuliner lain yang masih gak jahat-jahat banget sama kantong.

Sip lah…kapan booss mo main ke Bali? Jangan cuman di Denpasar ama Kuta aja…Karangasem menantimu…hehehe jajal dunk liat-liat juga di taman air Tirta Gangga ini.

Mandi Bak Raja Di Taman Air Tirta Gangga Karangasem Bali

Mandi Bak Raja Di Taman Air Tirta Gangga Karangasem Bali