Taman Buah Mekarsari Bogor

Ok gaes gue lagi-lagi mo coba piknik di kawasan Bogor. Agak bingung juga mo jalan-jalan kemana. Tapi akhirnya pilihan gue jatoh ke Taman Buah Mekarsari. Gue pernah ke sini sekitar tahun akhir 90an dan katanya, sekarang tempat ini udah jauh banget lebih bagus. Gue kayaknya penasaran…

Simak juga perjalanan seru Piknikman kemarin di Telaga Warna Puncak Bogor dan kemudian lanjut wisata kuliner di Asinan Bogor Ny Yenny yang balancing banget.

Lanjut ke Taman Buah Mekarsari… Sekedar sejarah aja, dari info yang gue baca dari laman resminya, Taman Buah Mekarsari ini dibangun sejak tahun 1990 dan dibuka resmi di tahun 1995. Tempat ini dibangun oleh prakarsa ibu Tien Seoharto.

Pada awalnya tempat ini dibangun buat pusat budidaya aneka buah, termasuk buah hibrida atau hasil rekayasa genetik. Tapi belakangan gak cuman buah yang dikembangin di sini, ada tanaman bebungaan, sayuran sampe tanaman hias dan rempah-rempah. Jadi tahun 2004 tempat yang awalnya bernama taman buah Mekarsari berubah jadi Taman Wisata Mekarsari.

Dan buat dukung konsep taman wisata, tempat ini dilengkapin dengan beragam wahana tambahan. Jadi bisa menyempurnakan perjalanan wisata pengunjung. Jadi lahan seluas 264 hektar ini gak melulu soal tanaman.

Tapi walaupun sudah berubah nama jadi Taman Wisata Mekarsari, orang-orang tetap saja menyebutnya Taman Buah Mekarsari. Jadi gue ikut sebutan umum aja dengan menyebut Taman Buah, bukan Taman Wisata. Karena emang andalan dari tempat ini adalah tanaman buah beraneka macam. Mulai dari buah yang biasa kita temui di pasaran sampai buah “aneh-aneh” yang jarang ditemui.

Taman Buah Mekarsari Wisata Bogor

Kalo beruntung kita bisa dateng dan ikutan panen tanaman atau buah-buah unggulan di sini. Termasuk juga ikutan belanja buah yang dijamin rasanya gak biasa. Seru kan gaess… sambil piknik loe bisa sambil menambah asupan vitamin C yang dikandung oleh buah-buahan itu… hehehe…

Hari itu gue coba kesana lagi di hari minggu. Banyak kegiatan sengaja dibuat hanya untuk akhir pekan dan kalo gue dateng ke sini dari hari weekday kayaknya tempat ini bakal lebih sepi. Tiket masuk ke tempat ini menurut gue murah banget, cukup 30 ribu aja.

Taman Buah Mekarsari

Memasuki kawasan Taman Buah Mekarsari, loe bisa coba cari tau kegiatan apa yang available hari itu. Tempat seluas itu gak memungkinkan buat loe jelajahin semua. Kadang loe kudu milih beberapa tempat aja atau coba jelajahin selintas  pake kereta keliling yang juga disediain di sini.

Gue dapet info soal pertunjukan pongo show yang bisa loe liat sehari dua kali. Atau loe bisa dateng ke kebun khusus jeruk jari budha yang lagi jadwal panen. Juga bisa mulai ke beberapa wahana permainan yang juga ada di sini. Atau mo santai-santai di danau buatan?

Taman Buah Mekarsari BogorDi danau buatan ini juga ada aneka permainan yang bisa loe jajal, kayak floating donat, mini aqua boat, water bike, banana boat dan masih banyak lagi. tapi di sini masih ada lagi wahana seru buat yang suka banget mainan air.

Namanya Water Kingdom Mekarsari. Ini semacam waterpark yang menurut info ternyata termasuk salah satu yang terluas di Asia tenggara. Kawasan ini punya lazy river atau sungai buatan berarus yang panjangnya sampe 600 meter. Ada pula boomerang slide yang paling gede, menaranya sampe setinggi 16 meter plus papan seluncur yang panjangnya sampe 118 meter.

Taman Buah Mekarsari Jeruk Jari Budha

Di sini juga ada arena permainan anak dan arena outbond yang dibilang termasuk arena terbesar di Jawa. Keren kan? Gue rasa sih gak heran dengan ukuran lahan segede ini emang muat banget kalo dibuat jadi wahana wisata yang serba gede dan luas.

Tapi menurut gue, gak afdol kalo loe dateng ke sini dan gak liat pesona khusus dari Taman Buah Mekarsari ini. So gue mutusin buat liat aneka tanaman di sini. Dan pilihan pertama adalah menjawab kekepoan gue soal buah jeruk jari budha. Dari namanya gue dah kepo buah macam apa itu.

Taman Buah Mekarsari Bogor DurianDengan naik kereta keliling dan bayar tiket 10 ribu gue bisa nebeng sampe ke area perkebunan jeruk jari budha ini. Ada deretan buah jeruk jari budha yang bisa loe ikutan cicipin, beberapa udah diolah jadi semacam manisan.

Mungkin loe perlu google sendiri kayak apa buah satu ini. Ini buah teraneh yang pernah gue liat, bayangan gue kayak buah jeruk gagal tumbuh. Kulitnya mirip jeruk, bagian tengah buah terbuka dan ngebentuk seperti jari-jari, jadi gak kayak buah jeruk yang bunder dan ada bulir jeruknya. Buah ini sebagian besar adalah kulit yang bisa dimakan, tapi rasanya sepet.

Puas kepoin buah aneh ini. gue coba kepoin area tanaman lain. Beruntung gue sempet ketemu rombongan yang punya seorang guide khusus buat nerang-nerangin. Kayaknya ini jadi semacam kebiasaan buat gue ngikutin rombongan buat nebeng guide.

Tapi lama-lama gue capek juga jalan-jalan di area perkebunan ini. dari arah lain gue liat ada kawasan danau yang lokasinya gak jauh dari tempat gue berdiri. So… gua pikir gak ada salahnya nyantai dulu di sana.

Rame banget di danau ini, dan ada banyak orang jualan jajanan di sini. Jadi gue mutusin buat nongkrong-nongkrong di sini dan liat keseruan pengunjung. Dari sini gue sempet ngobrol sama pengunjung yang ternyata udah nginep di kawasan Mekarsari ini 2 hari. taman wisata ini punya beberapa kawasan penginepan, tapi yang unik tu peginapan rumah pohon dengan vila kecil dengan artifisial pohon sebagai ornamen.

Kayaknya itu ide bagus deh, coba kalo loe lain kali berencanaa liburan ke sini, skalian aja nginep di sini. Di sini ada penginapan model mobil trailer yang harga sewanya 600ribuan untuk 4 orang, rumah pohon seharga 900 ribuan untuk 4 orang atau juga beberapa hotel yang tersebar di kawasan ini.

Loe bisa puas untuk puterin seluruh kawasan taman wisata Mekarsari sama keluarga or sohib-sohib loe kan? Apalagi lokasinya gak jauh dari Jakarta. Letaknya cuman di jalan raya Cileungsi – Jonggol km 3. Dari tol Jagorawi, keluar di pintu Cibubur, terus menuju jalur Cileungsi. Perjalanan sekitar 30 menit dari sini dan loe dah sampe ke Taman Buah Mekarsari.

gambar taman buah mekarsari dr berbagai sumber

Piknik Di Taman Buah Mekarsari Bogor Sambil Makan Buah “Aneh-Aneh”

Piknik Di Taman Buah Mekarsari Bogor Sambil Makan Buah “Aneh-Aneh”