Taman Mini Indonesia Indah Wisata Jakarta

Siapa yang gak kenal sama Taman Mini Indonesia Indah alias TMII, tempat wisata yang udah beken dari jaman tahun 80an ini bisa dibilang destinasi wajib kalo loe lagi jalan-jalan ke Jakarta. Dan itu sebabnya kali ini gue pengen jajal  habisin hari minggu ini di lokasi wisata bilangan Jakarta Timur ini. Kayak kemarin Piknikman nemu sesuatu di wisata monas alias monumen nasional, di TMII ini gue bisa nemuin banyak hal. Terutama memori masa kecil gue!

Aslinya gue dah lama banget gak pernah ngerambah Taman Mini Indonesia Indah. Seinget gue terakhir ya jaman gue SD dan abis itu gak pernah lagi. Ada satu pandangan kalo cuman anak SD yang suka jalan-jalan ke tempat ini. Tapi kalo loe beneran udah sambangin tempat ini, gue jamin loe gak akan sepaham ama pandangan ini.

Mana lokasinya juga gak susah lagi dicapai, arahnya menuju daerah Pondok Gede atau Cikunir. Kalo dari Jakarta cukup masuk tol jagorawi dan keluar di pintu TMII. Dari sana gak jauh dah keliatan pintu gerbang masuknya yang berukir khas itu.

Tempat ini gokiel man…apa aja ada…mo edukasi mo seseruan…mo belanja…mo romantis aja bisa…mo buat jalan sama konco-konco jadi, mo buat jalan sama anak-anak juga seru. Beneran serba ada…

Gak heran sih, ternyata setelah gue cari-cari info lokasi ini emang luas banget. Total sekitar 150 hektar luasnya. Kebayang kan loe gak bakal kuat nyusurin taman mini sehari jadi. Bukan gempor doank…waktunya juga mustahil sih menurut gue.

Dengan luas segitu gedenya, loe bisa nemu banyak banget wahana di dalamnya. Menurut catatan yang gue baca nih, di dalemnya ada 33 anjungan daerah, yaitu kawasan khusus yang dibuat sebagai ruang pamer budaya dan tradisi dari tiap daerah. Di sini ada rumah adat, makanan tradisional sampe  pakaian, tradisi dan hal-hal berbau budaya lokal daerah bersangkutan.  Loe bahkan bisa belanja souvenir asli di sini.

Taman Mini Indonesia Indah istana kastil merahDi sini juga ada rumah ibadah untuk semua agama di Indonesia. Beneran rumah ibadah aktif yang dipake buat aktivitas peribadatan. Dari masjid, katedral kecil sampe pura dan klenteng ada semua di sini.  Lengkap dengan ornamen khas dari agama masing-masing.

Museum juga salah satu wahana wisata yang paling banyak ditemuin di Taman Mini Indonesia Indah ini. ada 15 museum dengan beragam koleksi, mulai dari museum keprajuritan, museum transportasi, museum olahraga, museum telekomunikasi yang pamerin semua perangkat komunikasi di seluruh dunia dari masa ke masa, juga ada museum perangko dan masih banyak lagi.

Taman Mini Indonesia Indah Wisata JakartaAda beberapa museum binatang khusus di sini, kayak museum reptil dengan logo komodo raksasa di depannya. Juga museum kupu-kupu  yang pamerin awetan segala jenis hewan serangga di dunia.

Apalagi yang ada di sana? Ini nih yang menarik…tempat ini punya banyak banget wahana hiburan dan rekreasi yang lengkap banget. Loe yang ngerasabutuh liburan sambil edukasi bisa jajal beberapa wahana satwa di sini, mulai dari taman burung, taman kupu-kupu , taman anggrek, taman bekisar juga  wahana akuarium air tawar raksasa.

Taman Mini Indonesia Indah Kereta Gantung TMIIYang butuh senang-senang sambil ajak si kecil main bisa coba ke wahana paling ikonik dan klasik dari taman mini. Istana anak-anak Indonesia. Bangunan kastil unik berwarna merah ini dari dulu udah jadi lambang dari Taman Mini Indonesia Indah. Bentuknya klasik udah kayak istananya para princess disney. Gue pikir ini ide cemerlang buat kasih fasilitas ke anak-anak yang masih mimpi pengen bisa liat istana khas disney.

Dan didalemnya emang beneran surga anak-anak. Ada area permainan anak yang luas banget dan cuman butuh retrbusi 10 ribu. Gue sih gak masuk ke dalam, soalnya kayaknya rada malu sama umur kalo gue masuk.

Taman Mini Indonesia Indah Anjungan BaliDanau Indonesia jadi salah satu ikon lain dari taman mini. Di sini loe bakal nemuin sebuah danau gede banget yang seolah ditengahnya ada pulau-pulau. Kalo loe liat dari atas bakal jelas keliatan itu adalah replika dari jajaran kepulauan Indonesia. Dan emang disini ada fasilitas kereta  gantung yang ngelilingin kawasan Taman Mini Indonesia Indah, termasuk lewat tepat di atas danau buat liat formasi pulau ini.

Di danaunya sendiri loe bisa duduk piknik-piknik, nikmatin angin sepoy-sepoy sambil sekedar jajan.  Tapi kalo gue penasaran sama perahu angsa yang bisa loe pake bakal ngarungin danau ini sampe tengah. Berasa jadi pelaut deh kalo naik perahu di sini, soalnya kita bisa mendekat ke pulau-pulau replika ini.

Taman Mini Indonesia Indah TMIIDan ini belum berakhir…

Masih ada teater keong mas yang nayangin film-film edukasi dengan layar unik super gede berteknologi IMAX. Layar gede ini bikin loe seolah lagi ada di dalam cerita di film ini. gak cuman teater keong mas aja.

Di sini juga ada teater tanah airku yang jadi semacam teater pertunjukan paling ikonik di Indonesia. Mantap abiss buat pertunjukan teater atau opera lengkap dengan teknologi pertunjukan terbaik.  Juga ada teater 4 dimensi yang punya layar raksasa jadi efek 4 dimensinya lebih nendang dari layar 4 dimensi biasa.

Terakhir…kalo loe masih pengen cari wahana liburan yang seru dan edukatif di sini, ada dua wahana terakhir yang fenomenal gak kalah keren dari yang lain. pertama snowbay, semacam waterpark yang luas banget dan wahana skyworld. Ini tu semacam wahana wisata antariksa lengkap dengan planetorium dan miniatur perjalanan astronomi. Keren banget yang pasti.

Dan akhirnya saya cuman mendarat di danau archipelago Indonesia, menikmati Indonesia kecil lengkap dengan semua wahana yang tersebar di sekitarnya. Gue bingung bro mo kemana, ni tempat kenapa banyak bener sih wahananya…

Next gue bakal coba rencanain lebih baik wahana apa yang bakal gue samperin satu persatu di taman mini ini…jujur  gue kepo…dan kayaknya gak bisa deh gue tuntasin dalam satu hari. Atau kalo loe yang dari luar kota, mending nginep sekalian bro. Di sini ada 2 penginapan Graha Wisata dan Desa Wisata. Dan loe bisa puas-puas masukin satu persatu wahana Taman Mini Indonesia Indah ini.

gambar taman mini indonesia indah berbagai sumber

Mengenal Wajah Indonesia Di Taman Mini Indonesia Indah

Mengenal Wajah Indonesia Di Taman Mini Indonesia Indah