Tadi pagi abis sarapan di Pecel Kawi Malang¬†terus mau piknik kemana yaa… Kira-kira kalo jalan-jalan yang gak biasa di Malang apa ya? Gue denger sih, di Malang ada wisata unik yang memadukan keseruan mainan air di air bersejarah dan bertuah gitu. Lokasinya di Taman Wisata Wendit.

Agak ngeri-ngeri gimana gitu gak mbak bro… Mainan air, kok air bertuah… Tapi ya gini ini serunya Taman Wisata Wendit Malang.

Mungkin biar afdol, gue kasih cerita soal sejarah tempat ini dulu aja ya… dari sisi legenda sama dari sisi sejarah yang gue denger.

Dari legenda setempat ada cerita kalo dulunya Taman Wisata Wendit ini berawal dari sumber air Wendit atau Wendito yang punya sejarah dengan sumber air Widodaren di kawasan Bromo. Jadi di masa lalu entah karena apa gunung Widodaren di kawasan Bromo bergeser. Akibatnya, masyarakat setempat yang pada masa itu masih beragama Hindu kehilangan sumber air suci mereka.

Para pendito alias pendeta di masa itu kemudian cari sumber air baru. Dari proses pertapaan para pendito ini mereka dapet wangsit kalo sumber air baru ini letaknya di gunung Mangliawan yang konon adalah kerajaan Kera. Konon mata air di sini adalah percikan dari mata air di gunung Widodaren.

Makanya, terus sumber air di sini disebut Wendit yang artinya datang dari Pendito. Dan dianggap bertuah sama baiknya dengan air suci di gunung Widodaren yang sampe sekarang masih disucikan sam bangsa Tengger.

taman wisata wendit tiket masukKerajaan Kera yang dimaksud dalam legenda juga masih ada, setidaknya di kawasan Taman Wisata Wendit ini emang ada kawanan kera jinak yang berlalu lalang sekitar kawasan taman air. Bahkan bisa loe ajak berinteraksi, loe kasih makan dan loe ajak main. (Gak diajak ngobrol ya bro…gak bisa…)

Di masa kejayaan Majapahit, kawasan Wendit ini disulap jadi pemandian keraton. Dulunya raja Hayam Wuruk suka beristirahat di sini. Jadi kayak ada kedathon kecil di kawasan ini. truss di era kolonial taun 20an, dibangun kawasan wisata alam termasuk vila, pemandian sampe lapangan tenis dan hutan buatan.

taman wisata wendit pemandian malang

Menurut pandangan penduduk setempat, air di Taman Wisata Wendit Malang ini sama berkhasiatnya dengan air suci Widodaren di Bromo. Air di sana dipercaya berkhasiat buat kesehatan, kecantikan, awet muda juga buat kebugaran. Makanya Raja Hayam Wuruk bikin pemandian di sini, biar sang raja awet muda ceritanya.

Kawasan pemandian Wendit ini sempet rusak dan terbengkalai di masa kemerdekaan, sampe di tahun 1975 kawasan ini dikelola modern dan dipugar ulang. Kawasan pemandian lama tetep dipertahankan, sebagai petilasan raja Hayam Wuruk. Ditambah dengan pemandian umum yang modern selayaknya water park.

taman wisata wendit malang

Makanya jadilah Taman Wisata Wendit yang sekarang gue liat ini. Kawasan ini unik, pintu masuknya berupa arca besar berbentuk serupa buto. Mulut buto menganga dan jadi pintu masuk kita ke dalam area taman.

Arca raksasa ini jadi ikon banget identitas dari Wisata Wendit . Di dalam area wisata ini , loe juga masih bisa liat beberapa arca kuno yang dipercaya bagian dari petilasan pemandian lama.

taman wisata wendit wisata malangPiknik ke Taman Wisata Wendit ini bakal seru banget. Selain soal mandi dan mainan dengan air bertuah, loe bisa jajal banyak petualangan seru di kawasan taman air. ada telaga buatan dimana elo bisa mainan air dan jajal naik perahu di atasnya.

Ada beragam wahana permainan air termasuk beberapa jenis seluncuran aneka ukuran. Selain itu juga ada wahana macam berkuda dan interaktif sama kera-kera ekor panjang yang jadi penghuni tetap kawasan Wendit ini.

Di sini juga ada mata air lain yang lokasinya lebih tinggi. Ada makam gak jauh dari mata air milik seseorang tokoh yang dihormati penduduk. Untuk masuk ke dalam kawasan makam dan ambil sumber airnya perlu bayar Rp500 ribu.

Buat loe yang pengen sekedar kongkow, tepat wisata satu ini bisa jadi pilihan pass. Ada deretan kursi-kursi taman di sepanjang kawasan yang rindang ini. juga tersedia beberapa pilihan resto yang siap manjain lidah pengunjung.

taman wisata wendit waterpark main airBuat permainan, kawasan wisata alam ini juga lumayan lengkap. mulai dari flying box, waterboom, caroussel, bombom car sampe perahu angsa dan masih banyak lagi. Jadi disini gak meluu soal mainan air.

Menarik kan kawasan Taman Wisata Wendit ini? Ada keseruan main air buat si kecil, juga ada kawasan wisata yang lebih beraroma sejarah juga di sini.  Dan loe cukup bayar dengan tarif tiket 10 ribu untuk dewasa dan 5 ribu buat anak-anak.

Kalo pengen nyicipin mainan air bertuah di Wendit Malang ini loe bisa menempuh jalur 8 km dari pusat kota Malang dengan kendaraan pribadi. Atau mo coba naik angkot buat jajal rasana naik angkot di Malang. Loe bisa naik angkot dari terminal angkot Arjosari. Angkutan bakal anterin sampe kawasan Pakis, tempat Taman Wisata Wendit berada.

gambar dr berbagai sumber

Main Air Bertuah Di Taman Wisata Wendit , Dan Ada Apalagi?

Main Air Bertuah Di Taman Wisata Wendit , Dan Ada Apalagi?