Telaga Warna Puncak Bogor Batang Pohon

Kalo buat masyarakat Jakarta, wisata Bogor emang masih jadi favorit. Lokasinya gak jauh dan mudah banget dijangkau. Biar gitu, ada banyak kawasan wisata yang kasih loe nuansa beda dari hingar bingar Jakarta. Seperti yang satu ini, telaga warna puncak Bogor.

Telaga warna ini tu sebuah danau kecil yang lokasinya masih di seputaran Bogor. Telaga warna puncak Bogor terletak di tengahnya kawasan Cagar Alam Gunung Mega Mendung sama Gunung Hambalang. Berada di tengah hutan, kawasan danau kecil ini berasa asri dan tenang banget.

Biar terkesan sangat alami dan tenang, sebenarnya lokasi telaga warna puncak Bogor ini ga susah kok. Letaknya malah gak jauh dari puncak Pass. Tepatnya di Jl Desa Tugu, Cisarua, Bogor. Cuman sektar 15 menitan dari Puncak Pass. Makanya biasanya mereka yang dateng ke Puncak dan nginep bakal nyelain waktu main ke sini.

Yang bikin danau kecil ini beda dan istimewa tu airnya yang unik. Air di dalamnya mengandung lumut tinggi, ditambah tanaman hijau di sekitar danau. Kalo lagi kena pancaran sinar matahari, air berlumut sama dedaunan ditepi ini bikin efek pantulan yang unik. Setiap musim efek pantulannya bisa beda-beda.

Jadi secara periodik air danau di telaga warna puncak Bogor ini jadi berubah-ubah warna. Bakal jadi sangat unik soalnya kadang perubahan warna bisa beda-beda di beberapa titik. Bikin efek gradasi yang cantik banget dimata. Dijamin loe bakal terkagum-kagum deh.

Ini nih yang akhirnya bikin danau kecil ini dikasih nama telaga warna. Kalo loe berkunjung ke sini.  Loe biasa duduk di tepian danau dan coba menyimak kecantikan gradasi warna dari pantulan air di telaga ini. Udah pasti unik banget!

Telaga Warna Puncak Bogor Dari Atas

Apalagi danau kecil ini letaknya ditengah kawasan perbukitan dengan tanaman yang lumayan rapet. Jadi berasa lagi di danau tengah hutan.  Tanaman di hutan juga beberapa lumayan tinggi, kesannya jadi lebih dramatis aja. Cantik banget pas loe paduin sama nuansa alami danau yang tampil dalam warna berbeda-beda.

Disini ada macem-macem tanaman yang sudah jarang bisa loe temuin di sembarang tempat. Dan di sini juga jadi ekosistem tempat hidup hewan-hewan hutan khas tanah Sunda macam lutung, kera abu-abu, burung tekukur, kadanca dan masih banyak lagi. Kadang kalo lagi beruntung loe bisa berinteraksi sama hewan hewan ini termasuk sama kera-kerja tadi.

Telaga Warna Puncak Bogor Batang Pohon

Kalau masih belum puas, coba deh sewa rakit yang biasa bertengger di tepian sungai. Kita bisa lho pergi bekeliling mengaruhi kawasan danau kecil ini. selain rakit juga tersedia perahu yang lebih nyaman dikendarai.

Di telaga warna puncak Bogor juga ada kawasan buat outbond sama flying fox. Jongging track dan masih banyak lagi. Bakal seru kan kalau loe ikutin permainan alam kayak gitu di tempat dengan alam yang emang cantik beneran.

Telaga Warna Puncak Bogor Saung

Di balik keindahan sama panoramanya yang bakal bikin loe terbius. Sebenernya ada juga legenda yang muncul di masyarakat soal penyebab warna warni yang muncul dari air telaga warna puncak Bogor ini.

Konon di jaman dulu ada sebuah kerajaan besar yang bertempat di kawasan Mega Mendung ini. namanya kerajaan Kutatanggeuhan. Kerajaan ini hidup dengan damai dan sejahtera. Rajanya sang Prabu Swarnalaya juga seorang raja yang baik banget memimpin negerinya.

Telaga Warna Puncak Bogor Hotel

Cuman satu yang sayang banget dari kerajaan ini, si raja ini belum punya anak. Udah banyak usaha yang dilakuin permaisuri tapi gak ada yang buahi hasil. Sampe satu hari sang raja ceritanya bertapa dan mendapatkan wangsit katanya sang permaisuri bakal punya anak.

Ternyata wangsit ini bener, sang pemaisuri beneran hamil dan akhirnya melahirkan bayi yang dikasih nama Nyi Mas Gilang Rukmini. Putri raja ini ceritanya hidup dimanja banget, apa aja keturutan.  Apalagi rakyat yang sayang sama rajanya juga ikutan manjain, saking senengnya raja mereka bahagia.

Sampe ketika si anak udah gede dia pernah minta biar rambutnya tiap helai dikasih hiasan emas. Rakyat yang juga ama putri malah kumpulin emas mereka untuk nyumbang putri. Cuman aja raja gak suka, jadi semua emas tadi gak jadi dipake buat kepentingan putri, melainkan malah buat kepentingan umum. putri ganti dihadiahin kalung yang bagus.

Cuman pas giliran kalungnya dikasih ke putri, putrinya nolak. Bukan nolak biasa, tetapi nolak dengan kasar sampi kalungnya putus dan terburai kemana-mana. Permaisuri liat anaknya kasar gitu dia nangis sejadi-jadinya.  Diikutin juga sama semua perempuan di kerajaan itu.

Walhasil semua air mata yang kumpul ini berubah jadi telaga. Warna yang muncul dari telaga warna secara legenda dianggap dateng dari pancaran biji kalung yang udah tersebar di dalam air.

Kebenaran legenda memang jelas sulit dibuktikan. Tetapi ada satu yang loe bisa buktiin. Pesona dari kawasan wisata telaga warna puncak Bogor ini. wisata yang dijamin bakal jadi oase pikiran dan hati loe dari pusingnya hiruk pikuk perkotaan.

gambar telaga warna puncak bogor dari berbagai sumber

Cantiknya Telaga Warna Puncak Bogor Bikin Adem Otak Dan Ati

Cantiknya Telaga Warna Puncak Bogor Bikin Adem Otak Dan Ati