Teras Cihampelas

Gak Bandung namanya kalo gak ngehits. Dan gak ke Bandung juga namanya kalo belum sampe ke tempat-tempat paling hitsnya kota ini. Kayak yang satu ini nih, Teras Cihampelas biasa disebut Cihampelas Walk atau Skywalk Cihampelas. Tongkrongan baru buat loe yang lagi jalan di kawasan jalan Cihampelas Bandung.

Diresmiin sekitar tahun 2017 sekarang teras ini jadi satu ikon baru gaya gaul anak Bandung. Dari kawasan jalan Cihampelas yang udah beken dari puluhan taun lalu sebagai pusat belanja baju dan jeans yang legendaris banget, sekarang pemerintahan Bandung masa itu, kang Emil sengaja nambahin teras unik tepat di atas jalan raya untuk mengakomodasi kebutuhan pedestrian dan pelaku usaha PKL.

Konsep ini asli sebenernya unik banget, dan karena keunikannya inilah kawasan ini makin dicari orang. Tadinya kawasan jalan Cihampelas yang emang dari dulu dikenal jadi surga belanjanya Bandung selalu dipadatin sama penjaja kaki lima. Kebanyakan sih jualan jajanan khas jalanan macam batagor, siomay, cimol, seblak, colenak, sampe aneka minuman dingin.

Padatnya kawasan ini sama penjaja kaki lima gak cuman di siang hari, pokoknya dari matahari terbit sampe malem buta kawasan sini selalu rame. Rame tapi semrawut, gitulah intinya. Keluhan ini nih yang coba diatasin sama pemerintahan lokal. Dengan ngebangun teras Cihampelas yang berkonsep skywalk.

Jadi tepat di atas jalan Cihampelas ini dibangun semacam jembatan layang. Gak dibuat full beton, karena sebagian besar material lantainya dibuat dari kayu. Alih-alih buat jalur kendaraan umum, jembatan layang ini justru buat lewat pejalan kaki alias pedestrian.

Yang seru, di beberapa titik jembatan layang ini dibiarkan berlubang untuk pepohonan hijau muncul di sela-selanya. Jadi kawasan ini tetep kerasa asri dan hijau. Beberapa tanaman pot juga ditambahin bikin tempat ini makin terasa cantik.

Skywalk CihampelasGak cuman itu upaya untuk bikin skywalk Cihampelas ini makin cantik. Di beberapa area lantai kayu di sini dicat dalam aneka warna jadi terkesan cerita  dan ngehits. Dengan susunan warna ini loe bakal liat gimana area ini semakin instagramable.

Ukuran tempatnya juga lumayan luas, memanjang 450 meter dengan ukuran lebar jalan sampe 7, 6 meter dan ketinggian sampe 4,6 meter. Konon sih katanya ini skywalk pertama di Indonesia, meski belakangan ada beberapa pemerintah daerah yang juga mulai mencoba ide skywalk Cihampelas untuk tata kota mereka.

Cihampelas Walk

Dan tempat ini gak melulu cuman buat pejalan kaki. Karena sebagaimana diawal skywalk Cihampelas direncanain, untuk mengurai kekacauan yang terbentuk selama ini di kawasan jalan Cihampelas. Jadi di sinilah pemerintah sengaja menyediakan penampungan PKL atau pedagang kaki lima.

Ada deretan kedai kaki lima yang lumayan padat terisi, mulai dari penjaja jajanan, minuman sampe penjaja jeans. Makanan oleh-oleh dan souvenir khas Bandung. Menurut data yang gue baca ada sekitar 192 kios dan kedai PKL di area teras Cihampelas ini. setidaknya dari angka itu ada 52 kios kuliner dan sisanya kios untuk pakaian dan oleh-oleh.

Teras Cihampelas WalkBuat loe yang pengen jajan, ada beberapa area duduk yang sengaja ditambahin buat mengakomodasi kebutuhan pengunjung untuk duduk santai di kawasan skywalk Cihampelas. Gue sendiri nemuin area duduk yang seru gak jauh dari area gedung-gedung rumah sakit Advent.

Tempat ini rasanya nyaman banget karena loe bisa duduk-duduk di tengah kota, nikmatin cantiknya pemandangan tengah kota Bandung dengan angin semilir dan jauh dari kata padatnya lalu lintas. Gue hampir lupa di bawah gue adalah salah satu jalan paling muacet se Bandung.

Teras CihampelasDitambah dengan area hijau yang bertebaran di sepanjang kawasan teras Cihampelas ini. beberapa berasal dari tanaman besar yang ada di jalan Cihampelas. Dan beberapa berupa kumpulan tanaman pot yang sengaja di pajang di sana dan sini. Buat gue Ok lah menghidupkan kesan skywalk Cihampelas adalah taman mengambang di atas jalan raya.

Area teras Cihampelas ini juga punya desain unik. Berundak dengan 12 teras berlapis. Ada tiga tangga buat naik dan turun dari skywalk Cihampelas, pertama di depan rumah sakit Advent, truss di depan hotel Serela sama satu lag di depan hotel Promenade. Ada juga satu lift khusus difabel di depan hotel Fave.

Gak cuman fasilitas itu aja yang tersedia di atas skywalk Cihampelas. Karena  ternyata gue nemu juga area toilet dan mushola. Menurut gue toiletnya juga lumayan terurus, karena gue sempet ngintip dikit ke sini.

Mungkin sedikit keluhan buat gue adalah fasilitas parkir. Agak susah ya kayaknya cari tempat parkir di sekitaran jalan Cihampelas. Karena dasarnya daerah ini emang udah padat dari dulu, dan keberadaan teras Cihampelas ningkatin excitement penduduk lokal dan wisatawan buat dateng ke kawasan Cihampelas. Kayaknya kalo gue dateng pas weekend tempat ini pasti rame dan parkiran bakal cukup berdesakan.

Mungkin ini aja yang menurut gue kurang pass. Selebihnya jelas teras Cihampelas udah lebih dari pass buat jadi tempat hits barunya Bandung.

gambar teras cihampelas walk berbagai sumber

Teras Cihampelas Berjalan Diatas Kemacetan Menikmati Cantiknya Bandung

Teras Cihampelas Berjalan Diatas Kemacetan Menikmati Cantiknya Bandung