Toko You Kuliner Legendaris Bandung

Gak cuman terkenal sama jajanannya yang mak nyus, bandung juga terkenal sama beberapa resto klasik yang umurnya lebih dari 50 tahun. Bertahan segitu lamanya, jelas gak mungkin ecek-ecek kan? Nih salah satu yang wajib loe sambangin, namanya Toko You.

Toko you ini berdiri sejak tahun 1947, artinya sampe sekarang umurnya malah udah lebih dari 60 tahun. Gimana gak dibilang resto legendaris bandung kan? Dan yang bagusnya lagi, ni tempat emang pengen banget mengemas konsep Bandung Tempo Doeloe di dalam restonya.

Ambiance yang dibangun di dalam Toko You sengaja diberi kesan lagi ada di jaman dahulu gitu. Kayaknya kalo orang tua kita bakal seneng nih sama ni resto, soalnya berasa lagi nostalgia kan? Kalo kita-kita sih gak nostalgia, tapi nyicipin rasanya ada di Bandung tempo Doeloe.

Lokasinya di Jl. Hasanudin no. 12, persis di jalan yang ada di samping RS Borromeus, Bandung. Lokasinya masih di dalam kota, jadi gak susah buat mencapainya. Tapi inget ya gaes, ni resto legendaris bandung gak punya plang di depannya. Jadi yang buat tanda malah pintu masuknya yang ala-ala ukiran Jawa kuno gitu.

Sekilas resto ini gak bakal keliatan kayak restoran. Malah lebih mirip rumah peninggalan keluarga. Desain dasarnya masih kerasa banget nuansa artdeco era tahun 40an. Ditambah dengan taman di sekitar bangunan utama yang hijau banget. Beneran bikin resto ini samar dan sulit dikenali sih menurut gue. Mungkin emang sengaja dibuat gini biar kerasa homy.

Dari luar tempat ini kesannya sempit. Tapi rupanya, dalemnya gede juga gaes.. Dan daya tampungnya lumayan menurut gue. Mengingat tamu-tamunya lebih ke rombongan-rombongan keluarga. Jadi sekali ada tamu dateng aja butuh ruang besar buat nampung.

Toko You Kuliner BandungDi bagian depan dari Toko You, loe langsung bisa liat etalase buat kue-kue dan roti-roti jadul.  Sedang di bagian dalem ada semacam joglo yang udah dimodifikasi artistik gitu yang bikin kesan resto ini semi terbuka. Di dalam nuansanya emang kerasa banget agak jadul gitu. Ada beberapa ornamen dan furniture yang emang diangkat dari era art deco di tahun 40an.

Jadi ternyata ceritanya, dahulu kala pass awal-awal ni resto buka, sebenernya emang bukan sebagai resto, tapi sebagai bakery. Jaman itu kan pas era pendudukan Belanda pasca kemerdekaan, Belanda suka banget tinggal di Bandung dan banyak toko-toko yang jual aneka makanan kecil khas kuliner Belanda.

Toko You Kuliner Legendaris Bandung

Nah ini yang juga masih dipertahankan sampe sekarang. Loe bisa cari kue-kue dan roti-roti khas peninggalan era 40an yang banyak terpengaruh sama gaya kuliner belanda. Kayaknya emang ada beberapa bakery tua Bandung yang masih bisa bertahan kaya toko You ini sampe sekarang. Mungkin masyarakat Bandung lumayan gemar sama makanan ala-ala Belanda ini.

Lama-lama pengelolaan emang beralih ke keturunan cina yang juga masukin hidangan khas tionghoa dalam daftar menu. Jadilah loe bakal nemu beberapa hidangan macam mie yamin, dimsum, ayam lapis, sajian tumisan berbahan ikan, ayam sampe sapi dan yang agak nyeleneh mungkin, swike. Tau swike kan? Itu tu makanan yang dibuat dari daging katak.

Toko You EksteriorSekarang sih olahan menunya gak cuman hidangan belanda sama Cina aja. Loe juga bisa nemu hidangan Nusantara modern kayak model Rawon panggang dan bistik jawa.  Ada juga olahan jajanan khas Indonesia macam mie bakso  yang rasanya juga gak kalah enak.

Agak susah buat nentuin menu andalan di sini. Kayaknya sesuai selera aja kali ya gaes. Banyak yang bilang andalan di sini mie yamin. Mienya emang kenyal, ukuran gede dan rasanya pas banget. Kuahnya juga dibumbuin dengan tepat, jadi rasanya dapet banget.

Cuman, rupanya gak cuman ini yang banyak direkomendasikan orang. Gue juga nemu beberapa rekomendasi lain mulai dari rawon panggangnya yang rasanya unik, soalnya dagingnya ada aroma asapnya. Sampe mie bakso dan fuyunghainya yang juga dapet banyak pujian.

Minuman di sini juga banyak direkomendasikan orang. Tapi yang banyak dipuji itu karena di tempat ini ada jamu buatan sendiri yang rasanya enak. Ada jamu klasik macam beras kencur dan kunyit asem. Tapi juga ada beberapa jamu olahan khusus khas dari resto legendaris bandung ini.

Selain itu di sini juga ada depot khusus yang sedia kopi nusantara. Loe bisa pilih deh mo dibuatin kopi brew dari jenis kopi apa. Ada barista yang siap layanin semua selera loe.  Ada kopi khas dengan aroma khusus yang juga disediain di sini, namanya kopi aroma dan jadi salah satu primadona di resto legendaris Bandung ini.

Ok…itu dia cerita gue soal toko You, resto legendaris Bandung yang wajib loe sambangin kalo loe lagi piknik ke kota kembang ini. siapin dana lebih lah ya…soalnya menu di sini harganya di kisaran 20 ribu sampe 70 ribuan.

Toko You Kuliner Legendaris Bandung Dengan Menu Tiga Negara

Toko You Kuliner Legendaris Bandung Dengan Menu Tiga Negara