Wisata Goa Pindul Jogja Goa Vertikal

Gak bakal ada habisnya deh kalo dah bahas soal wisata Gunung Kidul. Termasuk Bakmi Jawa Mbah Mo yang semalam kita santap konon juga berasal dari Gunungkidul. Emang, Gunungkidul sama Tuhan udah dikasih berkah bentang alam yang super unik dan ngebuat kawasan ini punya banyak goa, sungai bawah tanah dan pantai-pantai super unik. Untuk kali ini yang mo gue bahas kawasan wisata Goa Pindul Jogja.

Konon, kawasan Gunung Kidul ini dahulu kalanya adalah kawasan bawah laut. Karena efek pergerakan tektonik bertahun-tahun, daratan ini naik dan ngebentuk perbukitan berlipat. Karena sebagian tanahnya rapuh dulunya, akhirnya banyak rongga yang kebentuk di bawah tanah, jadilah deretan goa yang kita kenal sekarang.

Dan salah satu yang sejak beberapa tahun ini fenomenal adalah kawasan Goa Pindul Jogja. Yang satu ini emang sempet bikin pengunjung kota Jogja kepincut abiss. Dan efeknya kalo liburan, Goa Pindul yang eksotis ini berubah jadi lautan manusia. Kalo lawakannya orang Jogja bilangnya “wes koyo cendol” ngerti kan maksudnya? Saking rapetnya orang…mirip cendol.

Tapi kayaknya gak papa deh kita coba bahas lagi kawasan wisata goa Pindul Jogja ini. gak ada habis juga buat dibahas pesonanya yang keren itu. Asal loe dateng di waktu yang tepat, pesona dari goa Pindul Jogja masih bisa banget loe nikmatin.

Ni goa lokasinya di daerah Bejiharjo, Karang Mojo, selatan Wonosari. Kalo mo kesana dari arah kota Jogja butuh waktu  sekitar 2 jam. Disaranin sih pake kendaraan sendiri ya soalnya lokasinya agak susah dijangkau. Kayaknya emang kebanyakan kawasan wisata di Gunung Kidul terkendala masalah akses yang gak gampang.

Nah… Satu info lagi, kalo loe mo kesini emang enaknya ada rombongan, soalnya biasanya buat jalan tubing di sini loe kudu serombongan yang dikawal sama safe guider. Kalo gak ya kudu nunggu ketemu sama wisatawan lain. Cuman loe gak usah khawatir, kalo loe dateng di weekend loe gak susah kok cari temen rombongan.

Wisata Goa Pindul Jogja Tubing

Dan loe bisa mulai buat perjalanan ngambang di air sungai berarus lumayan deras di  atas sebuah ban gede. Enaknya sih loe dateng ke sini pass musim hujan, tapi bukan pass musim lagi deres-deresnya. Atau pas lagi musim penghabisan musim hujan aja sekalian. Kalo pass kemarau arusnya kadang jadi kurang asik dan kurang nantang. Tapi kalo kena hujan mulu arus di sini lumayan beresiko.

Soalnya di sini loe pasrah sama arus air sungai. Over all sih aman kok gaes. Loe juga pake perangkat keamanan yang bakal lindungin loe dari resiko.  Perjalanan ini bakal bawa loe menyusuri sungai kuno dari kawasan Gunung Kidul yang akhirnya bakal nganterin loe masuk ke sebuah lorong gua vertikal.

Wisata Goa Pindul Jogja Wisata Wonosari GunungkidulGua ini gak punya dasar, karena bagian dasarnya direndam air. air yang loe sekarang pake buat buat tubing ini. Sejujurnya ini pengalaman yang bakal bikin loe kagum abis. Soalnya penampakan dalem dari goa Pindul Jogja tu emang keren banget. Ada stalaktit dan stalakmit yang bentuk formasi-formasi keren. Kadang beberapa atap goa berlubang dan bikin efek pendaran cahaya yang dramatis.

Loe bakal nyusurin bagian dalam goa dengan kedalaman air sekitar 10 sampe 12 meter. Beberapa kawasan bakal ngebentuk mirip hall dengan arus tenang. Loe bakal jalan lambat ngikutin aliran sungai yang tenang ini.

Wisata Goa Pindul Jogja Pintu Masuk GoaKadang agak bikin merinding juga menyusuri Goa Pindul Jogja, soalnya ada beberapa area gelap yang muncul. Untung loe bakal dibekalin pake helm yang udah dipasang headlightnya. Beberapa efek pendaran cahaya dan tiang-tiang dalam goa suka ngebentuk formasi aneh yang

freaky. Beberapa bisa gede banget, konon katanya sih ada tiang formasi yang gedenya no 4 di dunia.

Wisata Goa Pindul Jogja GunungkidulSetelah 60 menit di dalam goa, loe bakal ngelewatin lorong dengan arus agak kenceng. Untuk ini loe harus lewatin lorong ini satu persatu. Terus masuk lagi ke area sungai dan alur goa yang kecil. Sampe loe bakal bermuara di satu telaga di ujung perjalanan.

Telaga ini gak kalah cantiknya bro. Ada dinding karst yang eksotis berlekuk kaya kertas kaku yang dilipat. Airnya bisa berwarna kebiruan karena efek pendaran cahaya matahari yang ngenain dinding karst kasih efek kebiruan di air. loe bisa kok sebentar berenang di sini. Tapi tetep ati-ati ya bro…dinding karstnya beresiko bikin loe benjut…hehehe…

Wisata Goa Pindul Jogja Goa Vertikal

Masih ada area tubing lain yang bisa loe jelajahin di sini, yakni ngelewatin jalur sungai Oyo. Jalur sungainya ngelewatin jalur tebing-tebing karst yang eksotis. Atau mo coba jelajahin kawasan sejarah yang gak jauh dari goa Pindul Jogja, namanya goa Jelantik yang jadi lokasi gerilya Jenderal Soedirman. Di sini juga ada situs purbakala era megalitikum Sokoliman.

Sebenernya sih menurut gue masih mantul banget kalo loe jajal jelajahin wisata Goa Pindul Jogja ini. asal loe plih waktu yang tepat loe tetep bisa enjoy liburan dan nikmatin keseruan tubing nyusurin sungai Pindul ini.

gambar wisata goa pindul jogja dari berbagai sumber

Menyusuri Sungai Bawah Tanah Purba Di Wisata Goa Pindul Jogja

Menyusuri Sungai Bawah Tanah Purba Di Wisata Goa Pindul Jogja