Wisata Kawah Putih Ciwidey Alam Bandung

Ajak pacar loe ke wisata Kawah Putih Ciwidey! Kalau main wisata ke Bandung jangan distro-distro mulu. Jebol dompet loe dikuras pacar loe… Hehe… Just kiding ya gaess… Kaum cowok ikhlas kok jajanin kamu di distro dan kafe Bandung, itu kan sebagai bentuk kasih sayang…

Wisata Bandung emang bisa dibilang identik dengan factory outlet, distro Bandung, dan aneka kuliner kekinian juga kekunoan yang semuanya endess. Tapi pernah gak jajal menjelajah wisata alam di Bandung? Alam Bandung juga gak kalah ok loh… Kemarin Piknikman udah jajal rasanya menyusuri Forest Walk babakan Siliwangi yang merupakan wisata alam Bandung yang terletak di tengah kota.

Sekarang Piknikman geser ke Bandung Selatan, lokasi wisata yang bakal bikin loe serasa berada di negeri antah berantah, yaitu, wisata kawah putih Ciwidey. Ada yang sudah pernah main ke tempat wisata satu ini?

Wisata kawah putih Ciwidey lumayan beken kok kalau di Bandung. Gak cuman Bandung malah, sudah berapa kali ni tempat dijadiin tempat pembuatan video klip gitu sama artis-artis ibukota. Dan lumayan sering juga ini kawasan wisata muncul dan diulas di televisi.

Yah… gak heran juga sih. Tempat yang satu itu emang keren banget. Kesannya agak-agak dramatis, mistis dan cantik gitu. Seolah sedang berasa di negeri antah berantah atau seakan sedang berada di planet lain.

Lokasinya saja sudah bikin penasaran sekali. Di daerah Rancabali, Bandung Selatan. Daerah Bandung Selatan itu memang sudah terkenal sebagai daerah perbukitan. Tingginya bisa mencapai kisaran 2400 meter di atas permukaan laut.

Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan

Lumayan tinggi kan? Jangan kaget kalau kadang udara di tempat wisata ini jadi dingin  banget. Kalau beruntung (atau sial ya?) nafas kita bisa ngebul kayak nafas naga. Kadang jalan menuju daerah kawah juga berkabut tebal.

Kawahnya sendiri itu letaknya tersembunyi gitu, nyempil di tengah-tengah bukit tinggi gitu. Bukitnya keliatan sedikit kering dan sepi gitu. Dan di tengah-tengahnya ternyata da kawahnya. Kawah putih ini sendiri terbentuk dari letusan gunung Patuha. Ni gunung sudah hilang sekarang sudah hancur gara-gara letusan yang berketerusan. Terakhir meletus sekitar abad 10. Dan sisanya ya itu sebuah kolam kawah lengkap dengan air berwarna hijau dan landscape dalam warna rona putih.

Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah berair biru kehijauan itu sebenarnya terbentuk gara-gara air di dalam kolam kawah ini tercampur dengan zat belerang. Belerang membiaskan cahaya matahari dan memberi kesan air warnanya biru kehijauan.

Belerang yang tinggi ini juga yang bikin seakan akan kolam hijau tadi dibingkai sama perbukitan berwarna putih. Ini nih yang gak habis-habis bikin orang naksir sama kawasan wisata kawah putih Ciwidey ini. Susah lagi nemu tempat dengan efek warna putih alami gini.

Wisata Kawah Putih Ciwidey Alam BandungEfeknya pas air danau dan pasir putihnya kena sinar matahari itu tuh yang aduhai banget. Kesannya seolah tempatnya bersinar.  Dijamin dramatis banget deh. Gara-gara terkesan dramatis ini jadinya suka dipake buat pembuatan video klip.

Konon, gara-gara kandungan belerangnya yang tinggi ini makanya sulit buat lihat hewan terbang di atas danau kawah. Aroma khas dari kawah justru jadi racun buat burung-burung. Dan membuat burung memilih tidak terbang atau terbang di kawasan aman.

Wisata Kawah Putih Ciwidey Alam

Ketika kita sudah menginjakan kaki di kawasan wisata satu ini, kita akan dimanjakan dengan panorama yang super keran dan gak ada duanya.  Aroma belerang lama-lama mulai tersamarkan gara-gara sudah biasa.

Jangan cuman terpaku di satu titik aja. Coba dong uji sedikit keberanian menyelusuri area tepian kawah yang kontur tanahya beragam. Jangan ragu untuk menikmati waktu buat berfoto ria, selfie, dan bersenda gurau antara pekerja.

Wisata Kawah Putih Ciwidey Wisata Alam BandungTempatnya beneran seru buat dijelajahin. Kawasan kawah ini dibingkai sama area perbukitan rendah gitu. Unik, soalnya semua bukit-bukit pendek ini kayak ditaburin sama bedak gitu. Ini putih-putih ini sebenarnya semacam bubuk belerang.  Tapi tentu saja gak semua tempat bisa disambangi beberapa ya jelas susah karena terlalu curam.

Penasaran kan gimana caranya kalau pengen bisa cicip-cicip udara dingin  khas daerah Bandung Selatan di wisata kawah putih Ciwidey? Atau malah pengen coba jajal berselfie-selfie ria buat instagram kamu?

Gampang banget sebenarnya, soalnya lokasinya gak sulit dijangkau. Pertama dari Bandung ke areah tol Koppo dulu. Terus ke arah Sayati habis tu ke arah Soreang. Masuk daerah ini kita sudah bisa merasakan udara dingin . pokoknya pastikan gak boleh lupa berbekal jaket yang lumayan tebal.

Nah dari Soreang inilah kita bisa ke daerah Ciwidey. Perjalanan dengan kendaraan mendekat ke arah bukit dimana kawah berada akan bikin kita sedikit merinding. Unik banget, sebuah bukit berkelok gitu ada asap-asapnya membumbung.

Gak heran ya kalau konon kata penduduk lokal  burung aja pada mati kalau lewat di atasnya. Pasalnya, asap dari penguapan belerang di danau kawah ini bisa lumayan tebal. Hasilnya udara yang kita cium baunya sangat belerang.Makin mendekat makin kelihatan asap tipisnya, sampai tiba di muka kawah baru deh kita dibuat terpesona.  Terpesona sama panorama cantiknya yang pasti.

Jadi kalau kamu sempat menjajal wisata Bandung lagi, coba sekali-sekali jajal wisata alamnya. Jangan cuma kulineran aja. Seperti dengan berwisata ke kawah cantik khas Bandung ini, kawasan wisata kawah putih Ciwidey.

gambar wisata kawah putih ciwidey dr berbagai sumber

Wisata Kawah Putih Ciwidey, Negeri Dongeng Berbingkai Perbukitan

Wisata Kawah Putih Ciwidey, Negeri Dongeng Berbingkai Perbukitan