wisata monas malam hari

Kalo di tayangan TV udah mulai bahas soal kota Jakarta, kayaknya mesti monas yang dimunculin. Saking ikon banget kan nih monumen, sampe rasanya seluruh dunia juga taunya yang namanya Jakarta tu tandanya ya Monas. Jadi kalo loe lagi cari ide wisata apa yang Jakarta banget, ya loe kudu jajal wisata Monas.

Wisata Monas tu unik, soalnya tempat ini hidup 24 jam. Loe bisa sambangin tempat ini pagi-pagi buta buat olahraga di pekarangannya yang gede itu. Atau loe bisa kongkow-kongkow ma temen-temen tongkrongan sepanjang malem di kawasan ini sambil cicipin kerak telor atau kuliner lain di food court Lenggang Jakarta.

Monumen yang berdiri tahun 1961 ini emang dibangun sama Presiden Soekarno bakal jadi identitas kota Jakarta.  Kayak NewYork dengan Patung Liberty atau kayak menara Eiffel di Perancis gitu. Bangunan ini emang tinggi banget sampe 132 meter, jadi emang dibuat menjulang dan mencolok di seluruh kawasan Jakarta. Dan dari puncaknya juga loe bisa liat seluruh penjuru Jakarta.

Di puncaknya ada bentuk unik kayak kobaran api yang dibentuk dari perunggu setinggi 14 meter dan diameter 6 meter. Berat perunggunya sendiri sampe sekitar 14,5 ton. Nah untuk bikin efek berkilau perunggu ini dilapisin lembaran emas sebanyak 50 kg. Katanya sih dulunya cuman 32 kg, tapi digenapin jadi 50 kg sama pemerintah pas HUT RI ke 50.

Dan jadilah puncak keren ini jadi semacam logo dari kota Jakarta. Kita gak bisa sih sampe ke puncak emasnya ini. tapi kaki dari api emas ini bisa kita sambangin. Kaki dari api emas ini jadi semacam pelataran luas yang bisa kita pake buat liat seluruh penjuru Jakarta. Di sini ada semacam teropong yang bisa loe pake buat liat Jakarta lebih deket.

Dari sini loe bisa liat laut kalo udara lagi cerah lho. Ini salah satu tempat yang paling dijadiin favorit dari wisata Monas. Dan loe sipnya, cuman butuh bayar 10 ribu aja. Murah lah yaah…itung-itung kita ikutan lah patungan buat bantuin biaya perawatan bangunan penting Indonesia ini.

wisata monas minggu pagiPengalaman wisata monas gak cuman di puncaknya aja. Di dalam bangunan yang bentuknya mirip mangkok atau cawan itu juga ada yang boleh loe jelajahin. Di sini tu dibuat jadi semacam museum gitu. Ada koleksi peninggalan sejarah Indonesia dari masa ke masa. Yang keren juga ada diorama tentang sejarah Indonesia dari jaman pra sejarah sampe era orde baru.

Menurut gue sih harusnya itu diorama diperbarui sih…paling gak ditambahin lagi biar lebih update sama perkembangan sekarang kan…Kira-kira masih ada tempat gak ya???

wisata monas liburan murah meriah

Ok balik ke bawah ya bro…di sini juga gak kalah seru sama yang di dalem. Kalo di dalem loe bakal nemu wisata edukasi sejarah. Diluar ada wisata lain yang gak kalah ok buat loe jajal. Seperti gue bilang wisata monas ini selalu hidup 24 jam.

Dari pagi, kawasan ini udah rame sama yang mo sekedar jogging di keliling monas. Atau yang tertarik olahraga lebih serius ada beberapa lapangan olahraga di sini. Mulai dari lapangan basket, lapangan futsal sampe lapangan voli. Kalo mo pake juga gak susah, cukup daftar aja sama pengelola. Sekedar biar gak rebutan kali ya…

wisata monas malam hariBuat yang cari makanan di sini juga banyak penjaja kaki lima yang jual aneka makanan mulai dari sarapan sampe camilan termasuk kerak telor yang udah langka itu. Tapi kalo mo cari yang lebih lengkap, gak jauh dari kawasan wisata monas ada yang namanya Lenggang Jakarta.

Di sini tuh semacam food court yang bakal muasin hasrat loe buat kulineran. Kapan-kapan deh gue bakal bahas soal menu yang ada di Lenggang Jakarta. Sekalian gue wakilin loe semua icip-icip ya boss. Ntar gue ceritain rasanya…hehehe…

wisata monas monumen nasional

Deket lenggang jakarta kalo malem juga suka ada pasar malem gitu. Gue sih belum pernah sampe pasar malemnya. Soalnya isinya macam mainan anak-anak gitu. Tau lah…kayak komedi putar, odong-odong dan kawan-kawannya gitu…ya kali gue naik odong-odong…

Kalo gue lebih penasaran sama Monas malam. Di kawasan wisata monas ada pertunjukan keren kalo malam. Itu tu pertunjukan air terjun menari. Pertunjukannya cuman pass sabtu dan minggu malem aja. Terbagi jadi dua sesi, jam 19.30 sama jam 20.30. menurut gue sih ini lumayan keren mengingat loe bisa nonton free gaes…yang free-free mah sekeren gini juga udah cukup…

wisata monas teropong di puncak monumen nasional

Sip kan kawasan wisata Monas? Super lengkap bro..buat olahraga Ok…tongkrongan Ok…mo romantis juga jadi…mo yang lebih edukatif pun bisa…Gak afdol deh kalo loe ke Jakarta gak sempetin maen ke Monas ini. Bentar aja cuman buat nyari kerak telor juga gak papa. Apaan sih bahas kerak telor mulu…hahaha…ngidam gue kali…

gambar wisata monas berbagai sumber

Wisata Monas Murah Meriah, Liat Apa Yang Piknikman Temuin!

Wisata Monas Murah Meriah, Liat Apa Yang Piknikman Temuin!