pantai tanah lot sunset

Ada banyak pantai di kawasan Bali, kemarin Piknikman udah nyicip Romantisnya Pantai Legian Bali. Dan kawasan pantai Tanah Lot boleh jadi adalah ikon paling beken dari pulau ini. Siapa yang gak kenal karang di tengah laut dengan pura di atasnya. Biasanya sih didramatisir dengan sunset yang gak kalah fenomenal.

Masak iya loe cuman mo puas nikmati pantai Tanah Lot dari gambar doank? Jajal dunk sekali-sekali beneran sambangin pantainya dari deket. Liat dari dekat gimana kerennya karang khas Tanah Lot dan pura kerennya.

Gak susah kok bro kalo loe pengen jajal maen ke pantai fenomenal ini. Hehehe… gimana ga fenomenal, Obama aja dah mampir ke sini. Masih banyak lagi tokoh dunia dan selebriti manca yang udah nginjekin kaki di pura Tanah Lot ini. masak iya kita yang orang Indonesia asli baru liat di foto doang…

Padahal lokasinya gampang dicapai, cuman sekitar 30 sampe 40 menitan aja dari Denpasar. Dari kota Denpasar, kita cukup lewat jalan raya Cangu, sampe ketemu jalan By pass Tanah Lot. Sampe di perempatan Tanah Lot belok kiri masuk jalan raya Tanah lot. Ikutin aja jalur ini buat sampe di kawasan pantai Tanah Lot.

Lokasi pantai ini tepatnya di Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan. Merupakan kawasan pantai berkarang dengan yang warnanya agak gelap. Jadi bukan pasir putih ya gaes. Jangan khawatir biar pasirnya gelap gak bikin pantai ini kehilangan pesona kok. Justru pasir gelapnya ini yang bikin pantai ini makin keren.

Soalnya pasirnya seolah menyatu sama bentangan karangnya. Kalo lagi surut, pantai ini bakal sepenuhnya nyatu sama bukit karang yang jadi tempat pura Tanah Lot berdiri. Jadi loe bisa nyebrang dengan gampang ke pulau karang ini. kalo lagi pasang kita bakal susah buat mencapai pulau karang ini, soalnya jalurnya bakal ketutup sama air.

Pantai Tanah Lot Bali

Menurut legenda, pulau karang di tanah Lot ini dibentuk dari kesaktian seorang resi Brahmana Hindu asal Jawa. Tokoh bernama Danghyang Niratha ini katanya salah seorang yang menguatkan ajaran Hindu di Bali. Beliau ini dikenal banyak pengikutnya, dan bikin iri banyak resi lokal, termasuk Bendesa Beraban. Bendesa sering ngusik aktivitas pertapaan sang Danghyang ini.

Gara-agar itulah beliau bikin pertapaan khusus di tengah laut dengan cara ngelempar batu raksasa ke tengah laut. Jadilah pulau karang Tanah Lot. Oleh beliau juga dibangun pura yang konon ditunggu sama ular laut berbisa jenis poleng atau hitam putih. Ular laut ini unik lho, biar aslinya berbisa ternyata ularnya bisa jinak selama kita gak ada niat jahat.

pantai tanah lot sunset

Dan sampe sekarang pura berikut ular poleng dan pulau karangnya masih berdiri dengan lestari. Ya yang kita kenal dengan pura luhur Tanah Lot ini. Dalam bahasa lokal, tanah lot artinya tanah yang mengapung.

Ularnya juga masih bisa kita temuin sampe sekarang. Di dalam pulau karang ada dua goa kecil yang bisa kita masukin. Goa pertama ular suci yang ditinggalin sama ular poleng. Loe bisa jajal buat pegang ular polengnya, ada pawang yang siap nungguin loe disana. Di seberangnya ada goa air suci tempat air bertuah. Katanya sih, airnya baik buat kesehatan dan kesuburan. Bisa diminum tapi seringnya sih sekedar buat cuci kaki dan tangan aja.

pura tanah lotKalo loe punya niat buat ke daerah pantai Tanah Lot ini baiknya loe dateng dari pagi. Tapi jangan langsung nyambangin pantai Tanah Lot gitu aja. Tapi sambangin dulu jajaran pura di kawasan ini. Ada seenggaknya 7 pura lain selain pura Tanah Lot di kawasan ini.

Sebut aja Pura Penataran di utara Tanah Lot, pura Penyawang yang tepat di barat Tanah Lot, Pura Pekedungan, Pura Beji, Pura Enjung Galuh dan Pura Jero Kandang. Dua pura terakhir biasa dipake buat peribadatan meminta keberhasilan usaha ternak dan pertanian.  Trus ada lagi pura Karang Bolong. Yang terakhir ini letaknya di atas bukit karang dengan bolongan di bawahnya. Ini juga gak kalah keren lho. Wajib juga loe kunjungin kalo loe ke Tanah Lot, karena letaknya cuman persis di barat pantai.

wisata pantai tanah lot ular suci

Kalo loe lagi beruntung loe bisa liat upacara keagamaan Hindu di pura-pura ini. Salah satu yang paling gede tu namanya upacara Piodalan. Bisa disebut ini semacam upacara ulang tahun pura. Diadainnya pas 4 hari habis perayaan Kuningan. Kalo lagi ada upacara gini, loe bakal liat cewek-cewek cantik khas Bali yang pake kebaya eksotis dengan sesajen di kepala. Keren yang jelas…

Ok…balik ke Pantai Tanah Lot.

Udah kan nih..jalan-jalan ke pura-pura di Tanah Lot, pass sore jalan ke pulau karang Tanah Lotnya. Giliran kalo sore loe cari spot paling Ok, dan nikmatin sunset yang konon paling cantik se Bali. Ada banyak kok petunjuk buat loe nemu titik terbaik liat sunset. Bisa di sisi timur pantai Tanah Lot juga bisa di kawasan Karang Bolong.

Sempurna kan perjalanan loe menikmati kawasan pantai Tanah Lot? Dan tuntasin perjalanan loe buat nonton pertunjukan Kecak di Taman Budaya Surya Mandala. Ini letaknya di pantai Melasti, persis di sebelah barat Karang Bolong.

gambar berbagai sumber

Wisata Pantai Tanah Lot Selalu Memikat Apalagi Saat Sunset

Wisata Pantai Tanah Lot Selalu Memikat Apalagi Saat Sunset