wisata gunung tangkuban perahu

Menikmati indahnya gunung bukan berarti loe harus jalan jauh dan mendaki dengan ransel penuh beban nangkring di punggung. Dengan Wisata Tangkuban Perahu ini loe bisa nikmatin indahnya gunung dengan gampang. Kayak yang kemarin Piknikman sambangin Wisata Kawah Putih Ciwidey, namun Tangkuban Perahu menawarkan sesuatu yang berbeda.

Siapa sih yang gak kenal sama yang  namanya Gunung Tangkuban Perahu? Gunung yang berkaitan dengan legenda Sangkuriang, salah satu cerita rakyat yang paling populer asli Jawa Barat. Nah kali ini kita bakal coba menjajaki wisata Bandung satu ini.

Saking bekennya nama Gunung Tangkuban Perahu ini, gunung satu ini jadi salah satu andalan wisatanya urang Bandung. Apalagi kalo loe berdiri tepat di atas gedung Sate, itu tuh gedung gubernur yang di pusat kota, loe bakal liat gunung satu ini dengan jelas banget.

Bentuknya emang mirip banget sama perahu tengkurep, makanya disebut dengan tangkuban perahu.  Kalo dalam bahasa Sunda, tangkuban perahu tu artinya perahu yang tengkurep.  Sesuai banget kan sama legendanya?

Pernah denger donk pasti legenda Sangkuriang, itu tuh yang jadi legenda asal muasal gunung Tangkuban Perahu.  Ceritanya soal seorang anak yang naksir ibunya sendiri. Saking bingungnya tu si ibu, akhirnya si ibu ngakalin si anak. Dia taruhan sama anaknya, kalau anaknya bisa bikin danau plus perahu dalam satu malam dia mau jadi istrinya.

Bukan ngakalin dunk kalo gak cari cara biar anaknya gagal. Jadi si ibu bikin suara dengan mukul-mukulin alu, semacam alat buat giling padi jaman dulu. Suara khasnya konon kalo orang dulu bilang bikin ayam berkokok.  Dianggepnya kalo ayam udah berkokok ya artinya udah pagi.

wisata tangkuban perahu lembang

Saking marahnya si anak berasa ketipu ibunya sendiri, dia tendang itu perahu setengah jadi buatan dia dan jatuh tengkurep di daerah yang agak tinggi. dan by magic…berubah jadi Gunung. Ceritanya sih emang si Sangkuriang ini sakti mandra guna, makanya bisa bikin perahu melayang sekali tendang.

Sebagaimana udah dibilang, gunung ini emang beneran unik bentuknya. Kalo di mata gue sih lebih mirip gunung yang dipotong puncaknya. Jadi, aslinya gunung ini tu gunung berapi yang sampe sekarang masih aktif. Dulunya lumayan sering meletus, ada lah sekitar 7 kali letusan dalam 100 tahun.

wisata tangkuban perahu lembang bandung

Dan saking seringnya meletus inilah sedikit sedikit material gunung terlontar sampe ni gunung tersisa separo aja. Dulunya katanya sih kemungkinan Gunung ini lumayan tinggi. Sampe sekarang sisa ketinggian 2.048 mdpl doank.

Dan sisa dari letusan yang berentet ini juga muncul banyak kawah di puncak gunung. Ada kawah ratu, kawah Upas, kawah Domas, kawah Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman ama Paguyuban Badak.  Kawah Ratu yang paling besar . Terus ada beberapa malah gak boleh dikunjungi soalnya suka ngelepas gas beracun gitu keudara.

wisata gunung tangkuban perahu lembang bandungNah…keunikan gunung berbentuk gunung tengkurep sama deretan kawah-kawahnya ini ni yang akhirnya bikin gunung ini sering jadi tujuan plesiran orang. Apalagi lokasinya kan di daerah Lembang. Wisata Gunung Tangkuban Perahu ini merupakan puncaknya Lembang.

Jangan tanya kan pemandangannya kayak apa? Lembang terkenal sama udaranya yang dingin sejuk gitu. Sama pemandangan yang super cantik. Banyak deretan pinus yang bikin suasana terkesan cantik sekaligus mistis gitu. Udah kayak lagi jadi pemain di film twilight lah…

wisata tangkuban perahu bandung

Pemandangan di puncak Gunung juga gak Cuma soal panorama khas Lembang doank. Loe bisa juga menikmati panorama dari deretan kawah di puncak gunung. Ada kawah ratu yang paling gede. Ukurannya katanya sampe 8 hektar. Bentuknya udah kayak mangkok raksasa yang tengahnya berasap terus.

Di sini masih ada aroma belerang gitu ya, jadi kayaknya yang gak suka baunya lebih baik persiapan bawa masker deh. Ada area terbuka di sini yang datar dan lapang. Buat sampe ke sini juga gak susah naiknya gak jauh dari parkiran.  Karena paling rame, di sini banyak banget orang jualan makanan, sampe orang nawarin jalan-jalan naik kuda.

wisata gunung tangkuban perahu

Gak jauh dari kawah Ratu ada lagi kawah Upas. Posisinya kan bersisian gitu jadi gak susah buat nyamperin.  Cuman treknya  berupa jalan setapak yang bisa sampe 1 km gitu kalo dijabanin beneran. Kalo ada waktu, coba buat dateng ke kawah yang ini sebelum fajar. Pemandangan terbit matahari di sini syahdu dan super keren. Gak nyesel deh bangun awal buat dateng ke sini.

Masih ada lagi satu kawah yang suka disamperin pengunjung, namanya kawah Domas. Tapi lokasinya agak jauh dan disana dah ga begitu aktif lagi kawahnya. Lokasinya yang agak jauh bikin kawah ini jadi gak serame dua kawah sebelumnya.

Jadi pengen beneran menginjakan kaki di wisata Tangkuban Perahu kan? Lokasinya gampang kok. Dari tol Pasteur, ke jalan Junjungan, terus ke arah jalan Setia Budi sampe masuk ke jalur jalan Lembang. Jalur ini mentoknya ya pintu gerbang dari kawasan wisata Tangkuban Perahu ini.

Naik angkot juga bisa sih, walau gak rekomendasi sebenarnya. Agak ribet soalnya. Naiknya dari terminal Leuwi Panjang naik arah Subang. Nah tengah jalan perbatasan Bandung Barat sama Subang ini bakal ketemu sama pertigaan gerbang ke arah Gunung Tangkuban Perahu.

Simpel dan gampang kan? Jadi kapan mo wisata ke Gunung Tangkuban Perahu?

gambar wisata tangkuban perahu berbagai sumber

Jajaki Wisata Bandung Sarat Legenda, Wisata Tangkuban Perahu

Jajaki Wisata Bandung Sarat Legenda, Wisata Tangkuban Perahu